10 Alasan Pentingnya Perusahaan Memberi Tunjangan untuk Karyawan

Karyawan dan perusahaan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Jika perusahaan memiliki karyawan dengan kapabilitas yang mumpuni dan penuh semangat dalam bekerja, hampir bisa dipastikan perusahaan akan mendapat untung besar atau cepat berkembang. Karena itu, banyak perusahaan menerapkan berbagai strategi untuk menarik pekerja handal. Salah satunya adalah iming-iming tunjangan besar. Lantas apa untungnya memberikan tunjangan? Apakah hanya menguntungkan pekerja saja?

Pentingnya Tunjangan Untuk Karyawan

Tunjangan adalah kompensasi yang diberikan oleh perusahaan selain gaji dan upah. Tunjangan ini juga berperan dalam menyejahterakan para pekerja yang bekerja di suatu perusahaan tersebut. Namun dengan seiring berkembangnya tunjangan perusahaan memiliki posisi yang strategis dalam membina hubungan perusahaan dan pekerja. Saking pentingnya tunjangan untuk karyawan, bekerja di gedung perkantoran bergengsi pun tak menjamin kesejahteraan jika perusahaan tersebut tak memperhatikan tunjangan untuk karyawan. Oleh karena itu, berikut beberapa alasan mengapa tunjangan perusahaan penting diberikan:

 

1. Demi meningkatkan produktivitas pekerja

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: Pixabay)

Tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas pekerja kecuali membuat mereka dalam posisi yang senang dan penuh semangat. Mendapatkan hasil kerja berupa uang upah atau gaji terkadang terasa kurang bagi pekerja yang memiliki kebutuhan lebih. Tunjangan sendiri membantu para pekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan berdampak pula pada hasil kinerja dalam perusahaan.

Gambarannya adalah seperti pekerja keras yang memiliki hasil kerja maksimal, nantinya akan mendapat tunjangan yang lebih banyak pula. Biasanya perusahaan ini menerapkan hal tersebut agar para pekerja tetap bertahan di perusahaan itu dan tidak berpindah pekerjaan.

2. Tunjangan sederhana pun dapat menguntungkan perusahaan

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: oldmilltoronto.com)

Tunjangan sendiri memiliki dampak yang menguntungkan bagi perusahaan. Lalu bagaimana mungkin mengeluarkan biaya tambahan tetapi malah menguntungkan? Inilah teori ekonomi modern dimana yang dikejar bukan lagi keuntungan sebesar-besarnya, melainkan membina hubungan dengan baik. Poin ini masih berkaitan dengan poin pertama. Seperti mesin yang membutuhkan bahan bakar, maka karyawan membutuhkan kebahagian dalam bekerja sebagai bahan bakarnya.

Dengan karyawan yang bahagia maka otomatis kinerja akan selalu baik. Pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan karena memenuhi ekspektasi semua pihak. Contoh tunjangan untuk karyawan yang sederhana, misalnya Anda berikan tunjangan ekstra makan siang gratis setiap hari Senin. Maka dengan cara ini para karyawan setidaknya akan semangat bekerja setelah hari Minggu libur.

3. Tunjangan memenuhi aspek kesehatan karyawan

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: madailylife.com)

Tunjangan terkait keselamatan kerja juga penting diberikan. Apalagi setiap pekerjaan mengandung resiko sendiri-sendiri. Sehingga untuk mengurangi resiko maka tak ada salahnya perusahaan Anda memiliki tunjangan kesehatan bagi para pekerjanya. Apabila saat bekerja terjadi kecelakaan kerja.

Bagi pekerja yang ingin bekerja di perusahan tentu tunjangan juga menjadi perhatian tersendiri. Terutama karena biaya kesehatan yang tidak sedikit. Tunjangan bagi pekerja dapat mengurangi beban dalam pengobatan yang dijalani bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menyejahterakan karyawan

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: tint.com)

Tak ada yang menyangkal lagi bahwa tunjangan yang diberikan perusahaan juga mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan atau para pekerja. Hal tersebut dapat terjadi karena pekerja memiliki kebutuhan pada hari tertentu dan kebutuhan yang kian hari semakin bertambah banyak.

Seperti pada saat Hari Raya Idul Fitri maka perusahaan bisa memberikan tunjangan THR kepada para pekerja. Beberapa perusahaan ada yang memilih memberikan parsel sebagai tunjangan untuk karyawan. Dari segi pandangan pekerja, tunjangan berupa uang juga tidak kalah menarik karena bisa digunakan lebih banyak untuk hal lain.

5. Mengurangi tuntutan karyawan atas upah kerja

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: freepik.com)

Pekerja terkadang merasa bahwa upah atau gaji yang didapatkannya tidak sesuai dengan pekerjaan yang selama ini karyawan lakukan. Hadirnya tunjangan mengurangi tingkat tuntutan pekerja atas upah kerja yang telah diberikan perusahaan.

Oleh sebab itu, perusahaan dapat terus melakukan aktivitas dengan nyaman tanpa ada keluhan gaji atau upah yang kurang bagi para pekerja. Maka penting bagi pelamar untuk memperhatikan tunjangan yang diberikan berdasarkan kontrak kerja yang telah disetujui.

6. Membuat pekerja loyal dan betah bekerja

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: cheatsheet.com)

Tunjangan membuat seseorang betah bekerja di perusahaan. Bagi para pekerja tentu memiliki pembagian tersendiri untuk membahas mengenai tunjangan dan upah yang diberikan. Adanya perbandingan tunjangan membuat seseorang lebih memilih perusahaan yang menawarkan banyak tunjangan.

Dengan begitu pekerja akan lebih merasa aman dan nyaman bekerja di perusahaan tersebut. Memberikan tunjangan untuk karyawan merupakan langkah perusahaan untuk memberikan fasilitas karyawannya

7. Memperkuat relasi dan hubungan kerja

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: cbfinancial.co.uk)

Tunjangan yang diberikan oleh masing – masing perusahaan juga merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan. Dikarenakan adanya tunjangan membuat para pekerja memiliki hubungan antar karyawan yang baik karena fasilitas yang mereka terima disini. Dengan begitu pekerja menjadi betah bekerja di perusahaan itu.

Bagi pekerja memperkuat relasi dan hubungan kerja juga dapat meningkatkan hasil kinerja karyawan yang berdampak pada kesuksesan serta kemakmuran perusahaan. Hubungan baik dengan atasan dan karyawan benar-benar penting.

8. Menarik perhatian pelamar kerja

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: thebalance.com)

Para calon karyawan sudah pasti mempertimbangkan tunjangan dalam memilih perusahaan. Beberapa perusahaan juga sadar betul akan hal ini dan memanfaatkan besarnya tunjangan sebagai salah satu cara mendapatkan tenaga kerja ahli yang kompeten.

Begitu perusahaan bisa menjelaskan detail tunjangan apa saja yang akan didapat, tentu pelamar kerja berkualitas akan tertarik dan berbondong-bondong melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

9. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental karyawan

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

(Image: hiconsumption.com)

Anda bisa gunakan tunjangan sebagai salah satu cara meningkatkan kesehatan fisik karyawan perusahaan Anda. Misalnya Anda berikan tunjangan berupa free gym membership.

Anda juga bisa berikan tunjangan berupa multivitamin kesehatan dengan harga grosir serta ongkir gratis. Pokoknya apapun yang bisa untuk meningkatkan kesehatan karyawan, Anda ubah dalam bentuk tunjangan.

10. Rekrutmen lebih mahal dari mempertahankan karyawan

Pentingnya Tunjangan Bagi Karyawan

Ketimbang perusahaan Anda membuang uang untuk rekrutment, lebih baik mempertahankan seluruh karyawan kompeten Anda dengan memberikan tunjangan yang baik. Hal ini lebih baik ketimbang memberikan kenaikan gaji tetapi porsinya hanya kecil. Biasanya kenaikan yang kecil hanya akan membuat karyawan melihat perusahaan lain yang lebih besar gajinya.

Kalau dihitung-hitung umumnya biaya perekrutan menghabiskan hingga 50% keseluruhan gaji karyawan tingkat awal, dan bahkan hingga 150% gaji karyawan tingkat menengah ke atas. Lebih baik mempertahankan yang sudah ada bukan?

 

Dengan begini, sudahkah perusahaan Anda memberikan tunjangan untuk karyawan? Mari pikirkan dengan baik demi kehidupan pegawai yang sejahtera. (Source: glints.com)