10 Aplikasi yang Dapat Memudahkan Pekerjaan Anda di Kantor

Di era teknologi sekarang ini, semuanya dituntut serba cepat dan efektif dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sudah bukan jamannya melakukan kegiatan yang terhambat oleh sesuatu. Kini yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeluarkan smartphone dan mengakses beberapa fitur untuk memudahkan semuanya. Teknologi ini juga berlaku untuk kehidupan Anda di dalam kantor. Di balik tumpukan pekerjaan yang tak kunjung usai, Anda dapat memanfaatkan aneka ragam aplikasi yang dapat dengan mudah Anda download di App Store ataupun Play Store. Beragam hasil kreasi dari pencipta aplikasi ini memang patut kita apresiasi berkat segala kemudahan yang diciptakan.

Mari simak pilihan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan Anda di kantor.

1. Evernote

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: DroidPoin)

Bagi Anda yang sering berkutat dengan pekerjaan mobile dan perlu mencatat berbagai hal penting, aplikasi ini patut ada dalam smartphone Anda. Evernote berfungsi sebagai notes untuk berbagai catatan serta memiliki serangkaian fitur lengkap di dalamnya. Fitur-fitur tersebut semakin menunjang kinerja Anda demi tampilan yang lebih baik, seperti mengubah format font, memberi poin, dan lain-lain. Menariknya lagi, Anda dapat merekan audio, video, hingga foto saat meeting ataupun berurusan dengan pekerjaan lainnya. Bahkan aplikasi ini dapat mencatat otomatis melalui ucapan Anda. Kemudian untuk mode penyimpanannya berbasis komputasi awan di mana Anda dapat mengakses semua catatan melalui perangkat apa saja, selama terhubung oleh akun Anda.

 

2. Slack

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Depositphotos)

Aplikasi chatting memang sangat diperlukan untuk menunjang komunikasi antar karyawan. Namun untuk itu, aplikasi chat biasa sepertinya kurang efektif jika digunakan untuk membicarakan urusan kantor. Slack hadir sebagai aplikasi dengan fitur yang efektif bagi para perusahaan. Melalui Slack, Anda dapat membuat saluran diskusi langsung dengan ragam pembahasan, lalu membuat group chat, berbagi dokumen, hingga dapat mengoperasikan segala data dengan baik berkat layanan yang terintegrasi oleh Trello, Dropbox, dan Google Hangouts.

 

3. Tiny Scanner

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Ntif.info)

Aplikasi satu ini sangat membantu Anda para pekerja mobile namun tetap harus berkutat dengan urusan kantor. Tiny Scanner memiliki fungsi utama yang dapat memindai data hard copy menjadi data soft copy (PDF) dalam perangkat Anda. Data hard copy tersebut dapat berupa apa saja, seperti dokumen, foto, laporan, dan lain-lain. Dengan begini perangkat Anda dapat menjadi alat scanner otomatis yang dapat digunakan di mana saja melalui kamera. Sebuah solusi canggih yang patut Anda miliki dalam smartphone Anda.

 

4. Trello

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Neowin)

Trello adalah aplikasi yang berperan sebagai manajemen proyek dalam segala bisnis Anda. Trello memiliki fitur yang sangat lengkap di mana segala kemudahan dapat Anda temukan dalam satu aplikasi ini. Anda tetap dapat berbagi pekerjaan atau pikiran pada tim tanpa harus bertemu secara langsung. Langkah yang perlu dilakukan adalah cukup membuat board berisi informasi kepada tim. Informasi tersebut biasa berupa pekerjaan, pembagian tugas, dan deadline tugas tersebut. Akan ada pula notifikasi langsung jika beberapa pekerjaan telah selesai dikerjakan oleh teman kerja lainnya.

 

5. Wunderlist

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: GoToMeeting)

Berkembangnya teknologi saat ini, Anda wajib menemukan aplikasi GoToMeeting yang ada pada Play Store dan App Store. Pasalnya, applikasi ini dapat memudahkan Anda dalam rentetan jadwal meeting yang dapat dilakukan dalam sehari. Kini Anda tak perlu bertemu secara langsung dengan klien untuk keperluan meeting, cukup menggunakan aplikasi berfitur kamera dan share data presentasi ini, semuanya dapat berjalan dengan mudah. Beberapa fitur yang penting untuk keperluan meeting lainnya juga terbenam dala aplikasi ini, sehingga Anda tak perlu khawatir akan kualitas meeting seperti ini.

 

6. Pandadoc

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Pandadoc)

Bagi para pekerja kelas supervisor atau jenis atasan lainnya, berbagi tanda tangan untuk pengesahan laporan tentu jadi kegiatan rutin setiap harinya. Kalau begitu, kini Anda semakin dimudahkan oleh hadirnya aplikasi Pandadoc ini. Anda dapat menerima dokumen secara langsung, kemudian memberi tanda tangan melalui kolom yang tersedia dan kemudian mengirimnya kembali. Terlebih lagi, aplikasi ini sangat membantu jika Anda sedang berada di luar namun tetap harus menandatangani dokumen yang ada pada kantor.

 

7. Forest

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Jalan Tikus)

Aplikasi satu ini mungkin bukan tentang fitur kemudahan pekerjaan Anda, namun lebih berfungsi sebagai pengingat di kala Anda kerap bermain smartphone saat bekerja. Kedengarannya mungkin sederhana, namun nyatanya aplikasi ini cukup banyak diunduh mengingat begitu banyak masyarakat yang adiktif terhadap smartphone saat ini. Cara kerjanya pun sangat mudah, yaitu dengan hanya menentukan waktu yang diinginkan untuk lepas dari smartphone kemudian selama itu Anda diwajibkan untuk tidak mengoperasikan smartphone sama sekali. Menariknya lagi, sistem yang digunakan yaitu berupa poin-poin untuk membeli jenis pohon hingga menjadi sebuah lahan pohon yang indah jika Anda benar-benar berhasil.

 

8. Microsoft Office

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: ZDNet)

Anda tentu tak asing lagi dengan software dan aplikasi satu ini bukan? Ms. Office wajib Anda miliki juga dalam smartphone sehingga dapat membantu Anda melakukan pekerjaan cukup melalui smartphone. Tampilan dan fiturnya tentu tak berbeda, sehingga tak perlu banyak adaptasi untuk mengoperasikannya.

 

9. Skype

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Skype)

Begitu pula dengan Skype, tentu saja aplikasi ini sudah sangat familiar bagi Anda. Tak hanya dijadikan ajang video call dengan teman atau keluarga, fitur-fitur canggih ini sangat berguna bagi para pekerja, di mana Anda dapat melakukan virtual meeting secara dadakan melalui skype. Bahkan Anda dapat melakukan group call secara langsung. Menarik, ya?

 

10. Mint

Aplikasi yang Memudahkan Pekerjaan

(Image: Phandroid)

Bicara soal kehidupan di kantor, tentu tak luput dari persoalan keuangan. Untuk itu diperlukan adanya alat yang dapat membantu kita merekan dan mengatur segala jenis alur keuangan yang kita miliki, salah satunya dalam bentuk aplikasi. Melalui smartphone, Anda dapat mengunduh Mint lewat App Store ataupun Play Store dengan sejumlah fitur kemudahannya. Anda dapat mengumpulkan informasi tagihan, investasi, pengeluaran, dan juga pemasukan dengan susunan yang teratur. Anda juga tak perlu khawatir karena tampilannya begitu friendly dan mudah dioperasikan. Selain itu tingkat keamanan data juga terjamin sepenuhnya.

(source: Qerja.com)