10 Bangunan Kaca di Dunia yang Begitu Menakjubkan

Bangunan Kaca di Dunia

Dunia menjadi tempat yang unik. Selain ciptaan unik hasil karya Tuhan, ada pula hasil karya cipta manusia yang membuat dunia menjadi begitu berwarna. Jika umumnya gedung bertingkat dibuat dari tumpukan beton yang begitu kokoh, justru 10 bangunan di bawah ini lebih memilih kaca. Seperti apa desain menawan dari kaca, ya? Simak ulasan lengkap kali ini.

1. Sears Tower Glass Balconies di Amerika

Bangunan Kaca di Dunia
Image: bestphotosite.net

Sear Tower, atau sekarang lebih dikenal sebagai Willis Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Amerika Serikat sejak tahun 1973. Gedung yang berada di Chicago, Illionis ini mempunyai satu balkon yang terbuat dari kaca.

Tidak tanggung-tanggung, balkon ini dibangun pada ketinggian 412 meter. Karena letaknya yang tinggi itu, seseorang bisa menikmati pemandangan indah Kota Chicago dari dalam balkon tersebut.

Gedung ini sendiri dibangun oleh kontraktor utama Morse Diesel International dengan arsitek datang dari Skidmore, Owings and Merrill, Fazlur Rahman Khan dan Bruce Graham.

2. Sports and Leisure Centre in Saint Cloud France di Perancis

Bangunan Kaca di Dunia
Image: archinect.com

Bangunan yang berlokasi di Saint Cloud, Perancis ini merupakan karya dari arsitek Koz Architecture/ Christophe Ouhayoun – Nicolas Ziesel. Dari segi konsep, bangunan ini dirancang dengan konsep kombinasi kaca dipadu dengan permainan warna yang cantik.

Konsep tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan, terlihat dari keindahan kilauan warna gedung tersebut. Gedung ini sangat cocok menjadi wahana rekreasi anak-anak dikarenakan keindahan gedungnya mampu membangkitkan kreativitas mereka.

3. La Estancia Glass Chapel di Meksiko

Bangunan Kaca di Dunia
Image: Archdaily.com

La Estancia Glass Chapel di Meksiko dibangun pada tahun 2008 oleh Bunker Architect. Gereja yang terbuat dari kaca ini terletak di La Estancia Gardens, Mexico.

Karena keindahannya, gereja ini menjadi tempat impian banyak orang untuk melangsungkan acara pernikahan. Bahkan gereja ini digadang-gadang menjadi bangunan kaca paling mengagumkan yang ada di Meksiko.

4. Hotel W di Barcelona, Spanyol

Bangunan Kaca di Dunia
Image: YouTube

Hotel W yang berada di garis pantai Barcelona ini merupakan rancangan dari Ricardo Bofill. Pembangunan hotel ini berhasil diselesaikan pada tahun 2009. Keunikannya terletak pada kaca yang menyelubungi bangunan. Kacanya bahkan mampu memancarkan cahaya alami.

Hotel ini mendapat julukan ‘Hotel Vela’ atau ‘Sail Hotel’, dikarenakan bentuknya yang mirp dengan kapal yang sedang berlayar. Maka tak heran jika hotel megah ini dinilai menjadi satu contoh ideal kemajuan arsitektur modern.

5. 30 St Mary Axe di London

Bangunan Kaca di Dunia
Image: flickr.com

30 St Mary Axe di London dikenal pula dengan nama ‘The Gherkin’. Bangunan kaca di dunia ini merupakan hasil rancangan Norman Foster yang pembangunannya berhasil diselesaikan pada tahun 2003.

Dibandingkan dengan struktur bangunan yang serupa, bangunan ini menggunakan lebih sedikit energi dalam pengoperasiannya. Gedung menggunakan stuktur bangunan yang ditutupi dengan panel kaca tebal sehingga mampu meningkatkan penggunaan cahaya alami dan suhu.

Yang membanggakan dari gedung ini adalah keberhasilan saat menyabet penghargaan Royal Institute of British Architects (RIBA) Strirling Prize pada tahun 2004.

6. Dancing House di Praha, Ceko

Bangunan Kaca di Dunia
Image: coloringwithoutborders.com

Bangunan yang berdiri di dengan sungai Vltava ini dirancang oleh arsitek Vlado Milunic dan Frank Gehry dan dibangun pada tahun 1996. Selain masuk sebagai bangunan kaca di dunia, keunikan lain gedung ini adalah bentuk bangunan yang menyerupai bentuk sepasang penari.

Bentuk tersebut merupakan suatu simbol penghormatan kepada Fred Astaire dan Ginger Rogers. Karena itu, gedung ini juga dikenal dengan nama Fred dan Ginger. Yang membanggakan dari gedung ini adalah pernah memenangkan penghargaan Design of The Year Majalah Time pada tahun 1996.

(Baca Juga: 10 Bangunan Terindah dalam World Architecture Festival 2018)

7. National Centre for Performing Arts di Beijing, China

Bangunan Kaca di Dunia
Image: lumiflonusa.com

National Centre juga dikenal debagai Teater Nasional, ia merupakan hasil rancangan dari arsitek Perancis Paul Andreu. Teater Nasional dibangun pada tahun 2007 dan merupakan bangunan kaca multi-fungsi yang terbuat dari titanium dan kaca.

Seluruh ruang konser dan teaternya menyediakan kursi untuk lebih dari 5.000 tamu. Karena bentuknya yang mirip telur raksasa, penduduk lokal juga menyebutnya dengan julukan ‘The Giant Egg’.

8. The Louvre Pyramid di Paris, Perancis

Bangunan Kaca di Dunia
Image: tadsaneya.wordpress.com

Berbeda dengan Piramida di Mesir, Piramida Louvre ini merupakan sebuah piramida yang terbuat dari besi dan kaca. Piramida ini berada di taman Museum Louvre di Paris, Perancis.

The Louvre Pyramid selesai dibangun pada tahun 1989 dan dirancang oleh arsitek asal China bernama I.M. Pei. Ketinggian gedung berbentuk piramida ini sekitar 21 meter serta dihiasi kaca dari atas hingga bawah dengan jumlah sebanyak 673 kaca.

9. The Botanical Garden of Curitiba di Brazil

Bangunan Kaca di Dunia
Image: Pinterest

Bangunan yang terletak di pusat Curitiba ini mulai dibuka pada tahun 1991. The Botanical Garden of Curitiba adalah sebuah rumah kaca yang terletak di kawasan Kebun Raya Curitiba atau The Botanical Garden of Curitiba.

Bangunan cantik ini terinspirasi oleh Crystal Palace, di London. Bangunan kaca di dunia satu ini mengusung gaya art nouveau dan mencakup lebih dari 450 meter persegi.

10. The Farnsworth House di Plano, Amerika Serikat

Bangunan Kaca di Dunia
Image: midcenturymodernremodel.com

Bangunan kaca di dunia terakhir dalam tulisan ini adalah The Farnsworth House yang terletak di Amerika Serikat. Bangunan selesai dibangun pada tahun 1951 hasil rancangan arsitek Ludwig Mies van der Rohe. Bangunan terletak di sepanjang Sungai Fox sehingga terlihat begitu menyatu dengan lingkungan sekitar.

Pada awalnya, The Farnsworh House merupakan suatu ruangan yang dibangun untuk Dr Edith Farnsworth. Namun pada tahun 2006 bangunan ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark dan menjadi museum sampai sekarang.

Itulah 10 bangunan kaca di dunia. Tidak hanya unik, bangunan-bangunan tersebut juga memiliki cita rasa seni yang tinggi. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?