10 Cara Membuat Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas Nan Nyaman

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

Lebih dari delapan jam setiap hari pekerja kantoran menghabiskan waktunya di ruang kantor. Jenuh pasti dirasakan semua pekerja kantor. Apalagi kalau setiap hari yang ditatap hanyalah itu-itu saja di ruangan. Belum lagi persoalan ruang kantor yang begitu sempit. Tapi tenang saja, ruang kantor yang sempit sebenarnya bisa Anda siasati dengan beragam tips berikut ini agar tampak lebih luas.

1. Hilangkan Sekat Pembatas

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: Pinterest)

Ruang kantor bakal tampak lebih sempit bila Anda memberikan sekat atau pembatas atas ruangan lain. Sekat ini memang memberikan keindahan karena terkesan tersusun rapi dan baik. Tapi memberikan pembatas sama artinya dengan menghilangkan beberapa centimeter ruangan untuk meletakkan pembatas. Belum lagi persoalan tampilan, ruangan bakal terkesan sempit.

Lebih baik, buang pembatas. Selain akan mendapatkan beberapa centimeter tambahan ruangan bekas pembatas, ruang kantor juga bakal terlihat lebih luas. Yang penting, rapikan beberapa perabotan yang Anda tutupi dengan sekat-sekat pembatas tersebut.

2. Gunakan Pintu dan Jendela Besar

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: largeslidingdoor.com)

Menyiasati ruangan kantor agar terlihat nyaman dan luas adalah dengan memasang jendela dan pintu yang relatif besar. Jendela dan pintu ini memberikan pemandangan yang lebih luas ketika Anda duduk di ruangan. Pandangan ini juga melipat gandakan kenyamanan ruangan sehari-hari Anda.

Selain itu, jendela yang besar juga akan memastikan sirkulasi udara agar lancar. Cahaya yang masuk dalam ruangan pun akan sempurna sehingga ruang tampak lebih cerah dan lebih besar.

3. Pilih Warna Tembok dan Lantai yang Cerah

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: yvotube.com)

Untuk mensiasati agar ruang kantor Anda yang kecil terlihat nyaman dan besar salah satunya dengan memanfaatkan pilihan warna tembok dan lantai. Gunakan warna cat tembok yang terang, kalau perlu gunakan perpaduan warna agar tampak lebih cerah. Warna cerah pada tembok akan memberikan kesan yang menyegarkan.

Untuk lantai juga demikian. Gunakan warna lantai yang terang. Jangan gunakan lantai warna hitam karena terkesan tidak menarik dan tidak enak untuk dipandang. Kesan ruangan yang sempit juga akan muncul dari warna gelap. Lebih baik gunakan warna terang pada lantai dan tembok.

4. Rapatkan Furniture ke Dinding

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: homedee.com)

Cara selanjutnya untuk mengatur ruang kantor Anda jadi tampak lebih luas adalah dengan merapatkan furniture ke dinding. Cara ini terbilang mudah dan tidak mengeluarkan biaya.

Anda hanya perlu merapatkan semua peralatan atau perabotan ke dinding. Baik itu yang berukuran kecil maupun sedang. Memang menguras tenaga, namun Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal, kesan ruang kerja Anda akan tampak lebih luas.

(Baca Juga: Pengertian Desain Interior Dan 7 Contoh Desain Interior Kantor Terbaik Di Jakarta)

5. Hanya Taruh Barang yang Penting Saja

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: archilovers.com)

Pilah barang yang benar-benar Anda butuhkan. Singkirkan yang sekadar hiasan termasuk barang-barang yang tidak ada manfaatnya. Beberapa hiasan memang memiliki fungsi untuk meningkatkan mood kerja Anda, namun kalau sekadar hiasan semata, lebih baik singkirkan.

Kebanyakan ruang kerja dipenuhi dengan perabotan yang tidak terlalu diperlukan. Perabotan ini tidak menambah estetik ruangan, justru menambah kesan ruangan menjadi sempit dan tidak nyaman. Atur mana perabotan yang diperlukan dengan mana yang hiasan yang tidak perlu.

6. Cat Langit-langit Ruangan dengan Warna Cerah

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: thisforall.net)

Kebanyakan orang tidak begitu memperdulikan langit-langit ruangan. Terkesan membiarkan apa adanya. Padahal, justru dari langit-langit inilah Anda akan menemukan kenyamanan ruang kerja yang biasa menjadi luar biasa.

Caranya gunakan cat warna cerah untuk mewarnai langit-langit ruang kerja Anda. Warna ini secara tidak langsung juga akan menambah level kenyamanan di ruang kerja Anda. Selain itu juga akan menambah kecerahan ruangan.

7. Furnitur Multifungsi

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: inhabitat.com)

Terkadang ada beberapa ruangan yang terkesan tidak begitu nyaman, alasannya bisa timbul karena banyaknya furnitur yang menumpuk. Di berbagai sudut ruangan penuh dengan furniter berbagai jenis. Coba gunakan furniture yang multi fungsi, misalnya meja yang bisa dilipat di dinding atau meja dinding.

Dengan furniture yang multifungsi ini Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Keuntungan pertama mendapatkan meja yang bisa Anda gunakan sebagai tempat kerja. Kedua, ketika tidak terpakai Anda bisa melipatnya. Dengan begini ruang kerja akan semakin luas.

8. Pasang Gorden

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: Pinterest)

Bagi Anda yang menggunakan ruang kerja di rumah atau kantor, gorden untuk jendela memiliki peranan penting menjadikan ruangan Anda semakin nyaman nan luas. Mengapa demikian?

Gorden selain memberikan kesan estetik juga mampu membiaskan cahaya matahari di siang hari. Itulah mengapa ada baiknya Anda gunakan gorden yang mampu tembus sinar cahaya matahari.

Tembusnya sinar menjadikan rungan lebih terang, tetapi tidak terlalu panas. Jenis gorden juga harus diperhatikan. Carilah yang memiliki kombinasi warna. Satu warna saja akan membuat jenuh pemandangan.

9. Taruh Lukisan

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: moonwallstickers.com)

Cara selanjutnya menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas dan nyaman adalah dengan menambahkan lukisan. Ornamen yang menempel di dinding ini memberikan pemandangan yang berbeda ketika masuk dalam ruangan. Terlebih jika lukisan yang dapat meningkatkan motivasi, seperti lukisan typography atau gambar-gambar lainnya.

Lukisan pemandangan juga menarik untuk Anda pasang. Lukisan yang demikian akan menenangkan hati dan menambah kenyamanan Anda. Dijamin keberadaan lukisan ini membuat Anda betah berlama-lama di ruangan.

10. Gunakan Karpet

Ruang Kantor Kecil Terlihat Luas

(Image: netmarketsuccess.com)

Terakhir Anda bisa menambahkan karpet. Untuk karpet ini sebenarnya hanya alternatif saja bila Anda tidak ingin mewarnai lantai. Sebenarnya karpet akan membuat ruangan jadi sempit, tapi kesan yang ditimbulkan justru sebaliknya.

Terlebih karpet juga bisa menambah kenyamanan pada ruangan kecil Anda. Bisa juga gunakan karpet dengan warna yang cerah senada dengan warna dinding.

Sekilas apa yang Anda lakukan di atas tetap tidak mengubah luas ruang kantor yang Anda miliki. Tetapi kesan yang ditimbulkan membuat ruang kerja makin luas dan nyaman. Kalau tak percaya, coba buktikan sendiri dengan tips di atas. (Source: dekoruma.com)