10 Gedung Dengan Label Paling Aman di Dunia

Gedung Paling Aman di Dunia

Memiliki gedung dengan fasilitas mewah, lengkap dan keamanan super canggih bisa menjadi kebanggaan sendiri. Apalagi kalau gedung itu berhubungan dengan akses pemerintah, badan militer, lembaga keuangan dan lembaga vital lainya, tentu keamanan adalah yang nomor satu. Berbagai teknologi hingga akses penjagaan yang super ketat layak disematkan bak menjadi gedung paling aman di dunia.

Sistem keamanan yang canggih bertujuan untuk menjamin siapa saja dan apa yang yang ada di dalamnya terlindungi. Nah di dunia nyatanya ada gedung yang didesain dengan sistem keamanan sedemikian rupa. Sampai-sampai semut saja tidak bisa masuk. Lantas mana saja gedung tersebut? SewaKantorCBD.com punya daftarnya.

1. Gedung Putih, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: Louis Velazquez – Unsplash

Gedung putih atau disebut dengan white house yang ada di Amerika sana memiliki tingkat keamanan super ketat. Gedung yang menjadi pusat pemerintahan, tempat tinggal, tempat bertugas Presiden Amerika ini sangat aman karena difasilitasi dengan teknologi super canggih.

Tak cuma itu, gedung ini juga dilengkapi dengan petugas keamanan dari instansi intelejen, Secret Service serta kepolisian daerah setempat, dengan penjagaan ketat dan tersistem. Tidak sembarang orang bisa masuk terkecuali tamu negara dan tamu pentingnya lainnya.

2. Istana Buckingham, Inggris

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: homesandproperty.co.uk

Gedung dengan keamanan terbaik berikutnya ada di Inggris, yakni Istana Buckingham atau rumah kediaman bagi keluarga kerajaan Inggris. Istana yang sangat megah, mewah dan indah ini mempunyai sistem keamanan super canggih dan sangat ketat.

Sistem dan petugas penjaga didesain untuk menciptaan keamanan berlapis. Petugas jaga berada pada setiap pojok istana, di luar dan di dalam istana. Ada juga beberapa petugas kepolisian dan militer ikut dilibatkan demi keamanan keluarga orang nomor 1 di negara tersebut.

3. The Fed, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: Time Magazine

Gedung dengan nama lengkap The Federal Reserve Bank Of New York ini merupakan gedung keuangan lembaga bank regional terbesar di Amerika. Di mana banyak menyimpan uang dan aset berharga seperti emas, berlian, surat berharga yang memiliki nilai fantastis.

Di gedung tersebut ada sebuah brankas besar untuk menyimpan aset berharga yang dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dan petugas jaga dari polisi dan militer. Setiap jam petugas berjaga dan berpatroli secara rutin. Dengan tingkat keamanan tersebut, tidak mudah bagi siapapun untuk masuk apalagi membobol. Apalagi dilengkapi pula dengan sistem keamanan digital super canggih.

(Baca Juga: Mendesain Gedung Perkantoran dengan Sistem Keamanan yang Baik)

4. Jewel House, Inggris

Gedung Paling Aman di Dunia

Jewel House merupakan gedung untuk menyimpan beragam koleksi benda mahal nan mewah. Benda-benda peninggalan kerajaan Inggris seperti mahkota, kekayaan kerajaan dan sebagainya tersimpan di gedung ini. Tidak mengherankan bila gedung ini memiliki sistem keamanan ketat dan modern.

Petugas jaga dan sistem keamanan dibuat berlapis demi menjaga keamanan gedung. Bahkan setiap koleksi perhiasan memiliki satu petugas khusus. Jangan pernah berfikir untuk mencuri atau membobol salah satu koleksi di salah satu gedung paling aman di dunia ini.

5. The Pentagon, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: breakingnews.co.id

Gedung pentagon merupakan gedung paling aman di dunia berupa pertahanan milik negara Amerika. Di sana jajaran elit militer bermarkas. Jadi tak mengherankan bila gedung ini dipersenjatai dengan penjagaan, pengawasan, kontrol dengan sistem canggih dan super terjaga.

Di gedung inilah pusat rahasia negara Amerika tersimpan dan tidak bisa sembarang orang dapat masuk. Setiap pengunjung dengan keperluan yang jelas pun harus menembus lapisan pemeriksaan dan pengawasan tingkat tinggi dan modern. Sekecil apapun akses gedung dibobol maka dengan cepat sistem digital mampu menemukan kebobolan dan menangkap siapapun yang berusaha bertindak buruk di gedung Pentagon.

6. Fort Knox, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: Bloody Disgusting

Pantas saja jika tempat ini memiliki sistem keamanan ketat dan canggih, dikarenakan tempat ini dijadikan sebagai penyimpanan emas batangan miliki negara Amerika Serikat. Gedung ini menyimpan ribuan ton emas serta dokumen berharga, sehingga memang keamanan yang terjamin dan aman.

Hebatnya lagi, ada akses bawah tanah dan juga brankas besar khusus menyimpan emas dengan keamanan gedung dibuat secanggih mungkin. Penjagaan super ketat oleh kalangan militer dan intelegen. Belum lagi sistem digital modern memfasilitasi setiap sudut gedung, sehingga tidak akan bisa diakses oleh siapapun. Setiap brankas dan pintu akses memiliki kode rahasia tersendiri.

7. Area 51, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: thoseconspiracyguys.com

Siapa yang tak kenal Area 51? Sebuah area misteri dan rahasia yang sampai saat ini belum terungkap isi jelas dari gedung tersebut. Banyak yang mengatakan tempat tersebut merupakan tempat rahasia besar milik Amerika Serikat, yang masih berhubungan dengan dunia luar angkasa.

Siapapun yang dengan atau tanpa sengaja masuk wilayah ini maka tidak segan penjaga militer akan menembak mati, belum lagi teknologi sensor yang mengelilingi lokasi.

8. AT & T Building, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: cnet.com

Gedung modern dan tercanggih ini merupakan sebuah gedung yang menyimpan informasi telekomunikasi digital seluruh Amerika. Tidak heran apabila gedung paling aman di dunia ini memiliki penjagaan paling top. Uniknya, gedung ini juga memiliki bentuk bangunan yang ikonik.

Kehebatan gedung AT & T tercermin dari kemampuan gedung menahan ledakan. Ada banyak sistem penjagaan dan keamanan super canggih diterapkan di gedung ini.

9. Empire State, Amerika

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: Klook

Empire State menjadi gedung pusat perekonomian Amerika dan dunia yang memiliki sejumlah sistem penjagaan ketat. Di dalamnya ada sistem akses yang rumit, petugas jaga yang sangat terlatih dan sistem digital super canggih.

Gedung ini terbuat dari bahan anti ledakan dan kebakaran layak disebut sebagai gedung paling aman di dunia. Jika ingin masuk ke gedung, Anda harus melalui pemeriksaan scanning dan petugas yang sangat panjang dan ketat.

10. Doomsday Vault, Norwegia

Gedung Paling Aman di Dunia
Image: The Western Producer

Terakhir ada gedung Lemari Besi Kiamat atau dikenal Doomsday Vault yang terletak di Norwegia. Gedung ini menjadi pusat pengembangan sekaligus penyimpanan bibit tanaman dari seluruh dunia.

Hebatnya meski hanya sebagai tempat pengembangan dan penyimpanan bibit, tetapi gedung ini dibuat tahan terhadap ledakan, bencana alam, nuklir dan di desain dengan bentuk yang unik. Tujuannya adalah untuk melestarikan semua jenis tanaman jikalau kelak dunia mengalami kepunahan species tanaman akibat perang atau bencana alam.

Nah bagaimana dengan di Indonesia? Adakah gedung dengan sistem keamanan yang luar biasa canggihnya?