10 Gedung di Dunia yang Terkenal Apik untuk Selfie

Gedung untuk Selfie

Beberapa gedung di dunia nyatanya didesain dengan begitu apik. Saking apiknya gedung-gedung tersebut bisa menjadi latar foto yang begitu mengesankan. Padahal gedung-gedung tersebut umumnya dibangun bukan untuk taman hiburan. Melainkan digunakan sebagai residential, gedung perkantoran, dan lain-lain.

Namun tetap saja, tingkat kreatifitas masyarakat saat ini selalu saja menghadirkan pikiran-pikiran yang tak terpikirkan dapat terjadi, menjadi mungkin terjadi. Salah satunya kreasi spot gedung yang dijadikan spot berfoto ria oleh masyarakat. Berikut beberapa gedung di dunia yang sangat apik untuk swafoto atau selfie.

1. Big Ben, London

Gedung untuk Selfie
Image: inglesparahotelaria.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal Big Ben? Big Ben adalah menara jam terbesar di dunia. Big Ben menjadi ikon di kota London, Inggris. Menara setinggi 96,3 meter ini berada di kawasan Istana Westminster.

Hal unik dari menara jam ini adalah jam di puncak menara selalu berdetak dengan ketepatan waktu yang bisa diandalkan. Bahkan ketika Perang Dunia II, jam di Big Ben tetap berdetak.

Namun, menara jam ini dibangun di atas tanah yang tidak stabil. Tak heran bila menara ini sedikit miring ke arah barat laut sejauh 220 km akibat efek termal.

Terlepas dari itu, menara Big Ben tetap indah ketika pagi dan malam hari. Ketika pagi, menara ini terlihat jelas dari Sungai Thames. Sedangkan malam, tampak kelap-kelip lampu dari arah menara jam dan pantulan cahaya lampu ke sungai.

2. Bina Nusantara, Tangerang

Gedung untuk Selfie
Image: Wikimedia

Universitas Bina Nusantara (Binus) terletak di daerah Alam Sutera, Tangerang, Banten. Universitas ini memiliki gedung perkuliahan yang berciri khas ramah lingkungan dan hemat listrik. Pasalnya, gedung ini ditengarai menjadi salah satu gedung terindah di Indonesia karena desain gedung yang unik dan artistik.

Gedung perkuliahan Universitas Binus memiliki banyak jendela, memiliki sistem penampungan air hujan dan sistem sirkulasi udara. Banyaknya jendela berfungsi untuk memaksimalkan cahaya matahari masuk ke ruangan, mengurangi penggunaan lampu dan menghemat listrik.

Sedangkan sistem sirkulasi udara gedung berfungsi untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Selain itu, sistem penampungan air hujan bermanfaat untuk mendaur ulang air untuk menyiram taman dan menyediakan cadangan air di toilet.

Gedung ini juga tampak Instagramable karena susunan antar dinding seolah tidak simetris. Warna cat terdiri atas warna minimalis monokrom seperti abu-abu dan krem.

3. Colosseum, Roma

Gedung untuk Selfie
Image: wonderfulengineering.com

Colosseum atau Koloseum sejatinya adalah gedung pertunjukkan dan gladiator di Roma, Italia. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 70 Masehi, beralamatkan di Piazza del Colosseo, 1, 00184 Roma RM, Italia.

Gedung ini sangat luas, dapat menampung 50.000 penonton dan terdiri dari lantai atas dan bawah. Bahkan, sisa-sisa sejarah gedung ini dipakai sebagai gladiator masih ada dan terlihat jelas.

Meski gedung ini tua dan banyak puing, namun Koloseum masih tetap dijadikan gedung terbaik untuk berswafoto. Namun, tetap ingat situasi dan kondisi ya, karena gedung ini dikabarkan horor jika sembarang berfoto.

4. Disney World, Florida

Gedung untuk Selfie
Image: blog.coxandkings.com

Sebagai wahana bermain, Disney World sebenarnya memiliki banyak cabang, yaitu di Florida, Paris, Hongkong, Jepang, dan lain-lain. Arena permainan ini banyak dipotret untuk berswafoto saat berlibur.

Terletak di Orlando, Florida, Amerika Serikat, gedung ini memiliki gedung ikon seperti Magic Kingdom. Disney World berada di tanah pemerintah. Meskipun begitu, gedung ini tetap ramai dikunjungi, bahkan saat tidak musim liburan sekalipun. Sudah jelas gedung ini terbaik untuk swafoto ya!

5. Empire State Building, New York

Gedung untuk Selfie
Image: Wikimedia

Empire State Building adalah gedung ikon terkenal di kota New York, Amerika Serikat. Gedung ini kerap disorot dari berbagai sudut pandang untuk mendapatkan potret menarik. Keindahan gedung ini bisa dipotret melalui drone pada saat senja.

Gedung yang terdiri dari 102 lantai ini selesai dibangun pada tahun 1931. Pasca penyerangan oleh oknum pada 9 September 2001, gedung ini kembali dibuka.

6. London Bridge, London

Gedung untuk Selfie
Image: finehdwallpapers.blogspot.in

London Bridge atau biasa disebut Jembatan Menara (Tower Bridge) terletak di pusat kota London, Inggris. Jembatan ini berdekatan dengan kawasan Menara Big Ben, bahkan sering dilewati pejalan kaki tiap hari.

London Bridge sebenarnya dahulu adalah jembatan jungkat-jungkit dan jembatan dengan tiang suspensi. Ketika kapal besar datang, jembatan ini akan terangkat agar kapal bisa melintas.

Sebagai ikon kota London, jembatan ini tentu saja ramai untuk berswafoto. Selain bersejarah, juga Instagramable dan identik foto jalanan (street photo).

(Baca Juga: 10 Gedung Terindah di Indonesia dengan Arsitektur yang Menawan)

7. Menara Eiffel, Paris

Gedung untuk Selfie
Image: solosophie.com – Pinterest

Menara Eiffel, menara tertinggi di dunia ini terletak di Paris, Perancis. Menara ini identik dengan pengalaman romantis dari para pengunjung, juga kerap dipotret oleh seluruh pasangan di dunia.

Bagi Anda yang ingin foto pre-wed, menara ini direkomendasikan untuk berswafoto elegan dengan pasangan. Kapan lagi beromantis ria di gedung tertinggi dunia?

8. Menara Pinisi, Makassar

Bangunan untuk Selfie
Image: media.rooang.com

Gedung yang tampak seperti layar kapal pinisi ini adalah gedung Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan. Menara Pinisi merupakan Gedung Pusat Pelayanan Akademik (GPPA) yang terletak di Jalan A.P. Pettarani, Makassar.

Gedung ini merupakan gedung tertinggi pertama di Indonesia dengan sistem fasad Hiperbolic Paraboloid, yang merujuk pada ekspresi futuristik dari aplikasi kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. Gedung rancangan arsitek Yu Sing dan tim desainer dari Genesis, merupakan gedung hasil sayembara yang berhasil direalisasikan.

Gedung ini dikatakan Instagramable karena berwarna netral, memiliki banyak taman, interior ruangan yang didesain futuristik. Bahkan cocok jika difoto melalui drone.

9. The Breeze, Tangerang

Bangunan untuk Selfie
Image: Serpongku.com

The Breeze adalah pusat perbelanjaan dan gaya hidup di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang. Gedung mall ini berkonsep open air lifestyle dan berarsitektur batik yang dirancang oleh Jerde, arsitek asal Amerika ynag terkenal desain berkonsep luar ruang. Sehingga tak heran jika banyak orang berfoto ria saat berada dalam gedung ini berkat banyaknya spot foto menarik.

The Breeze dibuka pada tahun 2013. Gedung ini terdiri atas dua bagian, yaitu lake level dan sky level. Dilengkapi pedestrian yang lebar, jalur sepeda, taman tematik, water features, dan danau seluas 2,5 ha. Mal tanpa dinding ini diklaim ramah lingkungan karena menghadirkan unsur tanah, air, dan udara secara terbuka.

Gedung ini cocok untuk selfie di tengah keramaian yang berunsur alam. Jika Anda apik memotret momen, jadilah foto Instagramable.

10. The Crystal of Knowledge, Depok

Bangunan untuk Selfie
Image: Dokumentasi Perpustakaan UI

The Crystal of Knowledge merupakan gedung perpustakaan yang terletak di kompleks Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Gedung perpustakaan atau yang biasa disebut perpus ini berdekatan di pinggir danau dan Masjid Ukhuwah Islamiyah. Gedung ini bahkan menjadi landmark di kampus UI.

Desainnya hadir dengan letak plafon tinggi untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan memiliki banyak jendela untuk mengurangi penggunaan lampu.

Di luar gedung, terdapat taman melingkar yang dinaungi pohon besar. Taman ini seperti taman teater Yunani karena bertingkat-tingkat, sehingga memungkinkan pengunjung untuk bersantai dan menikmati udara segar.

The Crystal of Knowledge memiliki warna monokrom-minimalis, terdiri atas warna hitam, putih, coklat susu, dan abu-abu. Dapat dikatakan instagramable jika Anda bisa menangkap potretnya saat jelang senja dan malam hari.

Itulah 10 gedung terbaik untuk selfie atau swafoto. Mana kira-kira spot selfie favorit Anda?