10 Gedung Terindah di Indonesia dengan Arsitektur yang Menawan

Gedung Terindah di Indonesia

Sebuah gedung dibangun bukan hanya untuk tempat melakukan beragam jenis aktivitas semata. Terkadang, sebuah gedung dapat menyiratkan apa yang hendak dikemukakan seorang arsitek melalui rekayasa pemilihan bentuk dan bangunannya. Ada semacam nilai keindahan yang coba mereka tampilkan melalui sebuah gedung.

Jika sebelumnya telah kita bahas soal gedung tertinggi di Indonesia dan gedung tertinggi di Dunia, kali ini kita bahas gedung terindah di Indonesia. Tentu saja gedung-gedung dengan pola unik nan indah ini bakal membuat decak kagum mata yang melihatnya.

1. Menara Pinisi, Universitas Negeri Makasar, Makasar

Gedung Terindah di Indonesia
Image: uprint.id

Sebagai salah satu ikonik kota Angin Mamiri, Menara Pinisi diresmikan pada 2 Mei 2016 yang lalu. Didirikan oleh seorang arsitek bernama Yu Sing dengan mengusung kearifan lokal kota Daeng dengan paduan kontemporer modern.

Gedung yang mencerminkan simbol perahu pinisi sebagai ciri khas masyarakat Bugis ini disebut juga dengan Tellu Capa yang artinya tiga puncak. Kalau anda ke Makasar, rasanya tak elok bila tak menatapnya secara langsung.

2. The Crystal of Knowledge, Universitas Indonesia, Depok

Gedung Terindah di Indonesia
Image: blogunik.com

Perpustakaan yang yang merupakan karya perusahaan DMC Architect ini didirikan di pinggir danau dengan luas 2,5 hektar. Hanya memakan waktu 6 bulan sejak Juni 2009 sampai dengan finishingnya pada bulan Desember 2009, bangunan yang berbentuk kristal tidak beraturan ini mampu membuat mata segar kembali menikmati keindahan pesonanya.

3. Bakrie Tower, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: Pinterest

Gedung dengan tampilan yang asimetris dan “aneh” ini memiliki daya tarik tersendiri dengan pengaplikasian kaca-kaca berwarna biru di hampir seluruh dindingnya. Tinggi menjulang dengan ketinggian 210-meter ini dirancang seperti tubuh penari salsa yang meliuk-liuk mengiringi alunan musik samba. Berkat desain yang menawan ini, maka tak heran jika Bakrie Tower masuk dalam daftar gedung terindah di Indonesia.

4. Menara Palma, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: baminternational.com

Biasanya seorang arsitek berusaha semaksimal mungkin mendirikan sebuah bangunan yang memiliki kekokohan yang stabil dan seimbang. Semua ditarik garis lurus agar tercipta menjadi gedung yang tangguh setidaknya untuk sekian tahun ke depan.

Nah sedangkan gedung satu ini, terlihat sangat riskan dengan kimiringan yang membuat mata berkucek beberapa saat. Tak salah jika salah satu bangunannya bersandar ke bangunan lain? Ya, justru di situlah letak keindahan dan keunikan dari Menara Palma. Gedung berbentuk huruf ‘A’ ini merupakan buah karya arsitek dari perusahaan DMC.

5. Regatta Towers, Teluk Jakarta, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: investproperti.com

Menara cerminan dari kehidupan bahari di tepi Teluk Jakarta ini sukses meraih penghargaan ‘Prix d’Excellence’ pada tahun 2010 silam dari Federasi Real Esatate International FIABCI karena keunikan dan keindahannya.

Sepuluh buah menara berdiri tegak layaknya layar terkembang yang hendak menantang badai lautan ini adalah buah karya duo perusahaan terkemuka PT Intiland Development dan PT Global Ekabuana yang dibidani oleh seorang arsitek Inggris bernama Tom Wrights.

(Baca Juga: Tahukah Anda Bahwa Bangunan Ini Hasil Karya Arsitek Indonesia?)

6. Gama Tower, HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: Westin

Bangunan tertinggi di Indonesia saat ini – setidaknya sampai 2019 nanti – dengan ketinggian 288,6 meter ini mencerminkan sebuah kemegahan dan menjadi ikon tersendiri yang membuat Indonesia mampu dipandang di mata dunia.

Gama Tower merupakan gedung hasil karya Sekawan Design Inc ini memiliki 63 lantai yang dipergunakan untuk perkantoran, restaurant dan hotel mewah. Menduduki rangking ke 64 di Asia dan ke 124 di dunia.

7. Masjid Al-Irsyad, Parahyangan, Kota Baru, Bandung

Gedung Terindah di Indonesia
Image: akunadira.wordpress.com

Masjid berbentuk kubus tanpa kubah ini memang layak disebut tempat wisata religi. Selain bangunannya yang anti mainstream, setiap lekuk desainnya menunjukkan rasa syukur terhadap sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Bagaimana tidak, bahkan di setiap dindingnya yang berlubang memiliki fungsi tersembunyi sebagai ventilasi. Di samping itu, ternyata setiap lubang ini juga memiliki arti, yaitu membentuk dua kalimat syahadat.

8. New Media Tower, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang

Gedung Terindah di Indonesia
Image: hai.grid.id

Gedung dengan konsep ramah lingkungan ini telah berhasil meraih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional atau PEEN. Dengan pengaplikasian komponen-komponen yang mampu mereduksi panas dan meredam suara, gedung dengan 12 lantai ini dapat menghemat energi 53, 25 KWH per tahun per meter persegi.

Bentuknya yang mirip cangkang telur telah mampu menimbulkan decak kagum mata yang memandangnya dan menikmati sejuknya udara di dalam bangunan. Apalagi di setiap dindingnya memiliki diameter yang berbeda yang didesain khusus untuk memberikan udara alami yang segar.

9. Menara OUB Buana, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: arsitag.com

Menara UOB yang telah beroperasi sejak tahun 2009 ini memiliki konsep dasar yang terilhami dari pemasangan mainan lego anak-anak. Bangunan balok-balok yang disusun secara acak seolah imajinasi seorang anak saat menata bangun ruang ini. Hal itu menjadi bukti bahwa Menara OUB pantas disebut bangunan terunik yang ada di tengah-tengah bangunan mewah lainnya di sekitaran Bundaran HI.

10. Menara Karya, HR Rasuna Said, Jakarta

Gedung Terindah di Indonesia
Image: panoramio.com

Menara dengan 26 lantai ini berdiri sejak tahun 2006. Menara Karya memiliki bentuk seperti sebuah statue modern yang tampil apik di tengah kota Jakarta. Tak heran, gedung ini begitu ikonik dan berhasil menarik perhatian orang setiap melintasinya. Tonjolan-tonjolan bentuk yang tidak tertata rapih bak permainan uno stacko yang hampir roboh membuat orang makin terkesan dan tidak ingin ketinggalan mengabadikan gambarnya.

Itulah 10 gedung terindah di Indonesia yang merupakan hasil karya para arsitektur ternama dan kelas atas. Arsitek-arsitek di belakang pembangunan gedung ini pun tak sembarangan, salah satunya yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil yang menjadi arsitek masjid Al-Irsyad di Bandung. Dengan karya-karya yang indah tersebut maka patutlah Indonesia berbangga akan hasil karya anak bangsanya sendiri.