10 Kontraktor Raksasa Yang Menguasai Megaproyek Dunia

Kontraktor Terkenal di Dunia

Sebuah perusahaan yang memiliki aset luar biasa banyaknya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan atau yang lazim disebut kontraktor. Maklum saja, perusahaan ini kerap bermain dengan nominal transaksi yang “gila”. Nah tahukah Anda kalau sampai dengan saat ini, perusahaan kontraktor asal negeri Tiongkok tengah berada di puncak klasemen megaproyek di sektor-sektor berbasis pembangunan? Tak hanya itu, hampir seluruh kontraktor terkenal di dunia juga berasal dari negeri Tiongkok.

Bukan tanpa alasan tentunya, tetapi karena memang lebih dari 50% segala jenis infrastruktur dikelola oleh para pentolan asal negeri Tirai Bambu tersebut. Tak percaya? Berikut daftar 10 kontraktor terkenal di dunia yang menguasai mega proyek dunia.

1. China State Construction Engineering Corporation Ltd (CSCEC)

Kontraktor Ternama di Dunia

(Image: sh-shensu.com)

China State Construction Engineering Corporation berpusat di Beijing dan dikemudikan oleh Qing Guan. Perusahaan yang secara umur masih terbilang belia karena baru didirikan pada tahun 2007 ini telah berhasil meraup penghasilan sebesar 160 miliar dolar US.

Bisnis dari CSCEC ini meliputi kontruksi bangunan, konstruksi dan investasi infrastruktur, energi, survey, desain dan utilitas kota, serta pengembangan bisnis properti dan investasi.

Tak heran memang dengan bisnis yang menggurita tersebut CSCEC mampu  menyerap tenaga kerja hingga mencapai 255.880 ribu.

2. China Railway Group Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: Virtual Market Place)

Bukti dari keberhasilan China Railway Group Ltd ini adalah pembangunan Jembatan Teluk Hangzhou di pantai timur China dan jalan Fez-Oudja di Maroko.

Perusahaan ini berhasil membukukan angka pendapatannya sebanyak 102.320 miliar dolar US. Sektor yang berhasil dirambahnya adalah infrastruktur, survey, desain, konsultasi, manufaktur dan properti.

3. China Railway Construction Corporation Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: rasmymezyed.com)

Bermarkas di Beijing. Perusahaan ini sukses mengantongi pendapatan sebesar 99.410 miliar dolar US. Bukti nyata dari pembangunan besarnya meliputi jalan raya, jalur kereta api, jalur perkotaan, bangunan, jembatan, terowongan, pelabuhan laut, pembangkit listrik tenaga air serta water maintenance.

Selain bergerak di negara sendiri, China Railway Construction Corporation ini pun berhasil memenangkan proyek di mancanegara. Seperti halnya rekonstruksi kereta api Istambul di Turki dan Nigeria.

4. China Communication Construction Co Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: Wikipedia)

Perusahaan yang berbasis di Beijing ini digawangi oleh Xiang Liu. Berdiri sejak tahun 2006 lalu, dengan jumlah karyawan 118.770 orang.

Saat ini China Communication Construction Co Ltd menguasai proyek konstruksi infrastuktur, desain infrastruktur, manufaktur alat-alat, proyek pengerukan dan bisnis pengembangan properti serta bisnis investasi. Penghasilan yang mampu diperolehnya sepanjang tahun 2017 lalu adalah sebesar 66,88 miliar dolar US.

(Baca Juga: Mengenal Developer Dengan Reputasi Terbaik Dalam Membangun Kompleks Perkantoran di Indonesia)

5. The Power Construction Corporation of China Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: powerchina.cn)

Selain bergerak di China sendiri, perusahaan yang dinahkodai oleh Yan Zhiyong ini berhasil menjelajah proyek di Pakistan yaitu pengerjaan pembangunan listrik batubara Sahiwal.

Hal ini merupakan perkembangan baru kerjasama ekonomi antara China dan Pakistan. Mayoritas proyek yang menjadi andalannya adalah pemeliharaan air, pembangkit listrik tenaga air, jalan raya dan jembatan. Keuntungan yang berhasil diperoleh adalah sebanyak 38,72 miliar dolar US selama tahun 2017 lalu.

Dengan jumlah karyawan sebanyak 134.680 orang membuat perusahaan kontraktor terkenal di dunia ini berhasil menempati posisi ke lima terbesar proyek raksasa dunia.

6. Vinci SA

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: Alchetron)

Satu pencapaian tertinggi bagi perusahaan konstruksi milik Perancis ini bertengger di posisi 10 besar megaproyek dunia. Dengan keuntungan mencapai 47,04 miliar dolar US dan berivestasi dengan 183.000 karyawan. Kontraktor terkenal di dunia ini terbilang sukses menjadi kontraktor dengan kredibilitas dan reputasi global.

Sejak berdiri tahun 1955, Vinci SA telah banyak berkontribusi untuk pembangunan konstruksi, pembiayaan dan managemen berbagai fasilitas contohnya jaringan air, pembangunan untuk bangunan publik dan swasta. Bahkan pembangunan kota dan alat perkomunikasian pun tidak lepas dari hasil kinerjanya.

7. Aktifades de Construcction y Servicios SA

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: es.investing.com)

Bermarkas di Madrid Spanyol sejak tahun 1942. Perusahaan besar ini telah mengerjakan proyek-proyek seperti penambangan, pengerjaan sipil dan bangunan baik secara individu maupun publik.

Bukti nyata dari hasil kerja perusahaan raksasa ini dapat kita lihat mulai dari pembangunan marina sebelah utara Barcelona dan pembuatan jalur kereta api cepat di Negara Basque.

Selain dalam negeri, perusahaan ini pun berhasil unjuk gigi di luar negeri dengan adanya pembangunan M11 di Irlandia, jalan CityLink Tulla di Melbourne Australia. Pendapatan yang berhasil mereka peroleh sebesar 39,21 miliar dolar US.

8. The Metallurgical corporation of China Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: mcc.com)

Berhasil memperoleh keuntungan sebanyak 34,3 miliar dolar US membuat perusahaan asal China ini terus mengembangkan sayap ke bidang konstruksi, properti, pengembangan sumber daya alam dan manufaktur peralatan.

Perusahaan dengan jumlah aset sumber daya manusia yang mereka kuasai adalah 100.290 karyawan dan berpusat di Beijing ini dibidani oleh Guo Wenqing.

9. Bouygues Group

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: Cubot Blog)

Satu lagi kontraktor terkenal di dunia asal Perancis yang berkiprah di dunia international. Berdiri sejak tahun 1952 di kota Paris dengan owner nya Phillipe Bonnave. Perusahaan ini memiliki jumlah karyawan sebanyak 118.00 orang dengan pendapatan sebanyak 32,26 miliar dolar US.

Proyek yang dibidaninya adalah pengadilan distrik Paris, jalur kearah pelabuhan Calais dan jembatan Hongkong – Zhuhai – Macau.

10. Shanghai Construction Group Corporation Ltd

Kontraktor Terbesar di Dunia

(Image: pmcharitygolf.com)

Dengan pendapatan sebesar 21,26 miliar dolar US, perusahaan asal negeri Tiongkok ini mampu membuktikan diri dengan keberhasilannya membangun terowongan limbah di Edmonton Kanada serta rekor perumahan dengan jumlah 120.000 untuk pemerintahan Tanzania.

Melihat kecenderungan yang ada dari uraian diatas, dapat kita garis bawahi bahwa China memang mendominasi seluruh proyek-proyek raksasa di dunia ini. Untuk dapat berada di posisi itu tentu diperlukan kerja keras yang hebat dan penuh perjuangan.

Mungkin akan menjadi PR bagi negara kita sekaligus generasi muda agar bisa mengikuti jejak negara-negara maju di bidang teknologi dan infrastruktur tersebut. (Source: Kompas.com)