10 Pilihan Co-Working Space Yang Punya Tampilan Mirip Kafe

Makin diterimanya ide bekerja tanpa batasan ruang di Indonesia, nyatanya juga sejalan dengan lahirnya ruang kerja terbuka atau yang lebih populer disebut co-working space. Di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Bali, Co-working space bahkan sudah menjamur.

Co-working space bisa menjadi alternatif yang tepat terutama bila Anda hanya butuh sewa kantor murah. Anda juga tak masalah bekerja bersama dalam satu ruang tanpa batasan. Apalagi di co-working space Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan fasilitas lengkap, bahkan beberapa diantaranya hadir dengan konsep yang nyentrik, seperti konsep ruang terbuka hijau dan ada pula yang mengusung konsep bak cafe di pusat perbelanjaan.

Co-working Space Berkonsep Kafe

Kafe dipilih karena konsepnya yang santai dan banyak di gemari oleh semua kalangan, terutama anak muda. Dan memang biasanya penyewa co-working space berasal dari kalangan anak muda atau millennials yang memiliki sejuta ide bisnis baru.

1. Cre8

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: desknear.me)

Tempat co-working space satu ini berlokasi di pusat bisnis Jakarta, di mana lokasi ini dapat membantu kebutuhan bisnis dalam persoalan mobilitas Anda. Cre8 menyediakan co-working dengan empat pilihan keanggotaan untuk para anggotanya. Mulai dari pemakaian bulanan dengan membership, hingga yang ingin menyewa harian dengan sistem walk in.

Jika Anda menghendaki privasi lebih, UnionSPACE juga menawarkan paket Suite khusus bagi startup membutuhkan. Selain itu Co-working space ini juga menyediakan minuman gratis, serta perangkat standar presentasi seperti televisi dan proyektor.

Lokasi: Metropolitan Tower, Jl. R.A Kartini – TB Simatupang Kav. 14, Cilandak, Jakarta Selatan, 12310 dan Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara, 14470

2. Koléga

Co-working Space Berkonsep Cafe

(Image: Kolega.co)

Koléga pertama kali hadir di Jakarta di bilangan Tebet, sebuah kawasan yang sangat populer bagi kalangan anak muda di Jakarta. Koléga ingin menciptakan sebuah tempat kolaborasi bagi para startup, pemain di industri kreatif, freelancer, komunitas, enterpriser, hingga kalangan mahasiswa untuk menciptakan sebuah karya dan melakukan pekerjaan yang baik.

Menyusul Koléga di Tebet yang baru resmi beroperasi pada 2015, Koléga juga hadir di kawasan Senopati dan juga Antasari dengan tetap mengusung konsep kafe. Sebagai wujud aksistensinya, koléga sendiri mengadakan acara rutin bulanan bekerja sama dengan startup ataupun pegiat entrepreneurship.

Lokasi: Jl. Tebet Raya no 53D Tebet, Jakarta Selatan

3. Freeware Space

Co-working Space Berkonsep Cafe

(Image: Instagram.com/freewarespaces)

Selanjutnya adalah Freeware Space. Di dalam co-working ini terdapat banyak banyak pelaku startup di ranah teknologi, fashion, sampai hiburan. Bahkan beberapa startup ternama yang tercatat menjadi anggota dan alumni disini adalah Konsaato, Maskoolin, dan Brodo.

Bertempat di kawasan Kemang dan juga SCBD, co-working ini menyediakan Shared Working Stations bagi penghuni ingin bekerja bersama penghuni lainnya, serta personal workplace area untuk anggota rule menginginkan suasana kerja lebih personal. Dengan penyelenggaraan event di co-working freeware rutin, Anda juga berkesempatan untuk melakukan networking dengan beberapa pelaku startup ataupun enterprener lainnya, bahkan hingga bertemu banyak investor besar.

Lokasi: Cabang: Intermark BSD, Pondok Indah, Santa, The Stay Antasari 27, Kemang, dan Equity Tower.

4. Bandung Digital Valley (BDV)

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: ruangfreelance.com)

Beralih ke kota Bandung, tepatnya di Bandung Digital Valley. BDV adalah co-working space gratis yang diluncurkan oleh Telkom pada bulan Desember 2011 lalu. Berlokasi di R&D Center milik Telkom, tempat ini memiliki luas 1.200 meter persegi, dan hadir sebagai multifungsi ruangan untuk segala jenis kebutuhan kerja, seperti co-working space, ruang rapat, dan ruang ikubasi.

Tujuan pembangunan BDV adalah untuk mendukung dan memfasilitasi perusaahan/produk milik wirausahawan dengan konsep yang nyaman a la kafe agar pengguna dapat merasa nyaman dan mencapai target pasarnya. Nah untuk dapat menggunakannya, Anda cukup mendaftarkan diri menjadi member pada situs resminya.

Lokasi: Jl. Gegerkalong Hilir No.47, Sukarasa, Kota Bandung.

5. Co&Co Workshare

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Public Space)

Co&Co area adalah sebuah co-working space yang berlokasi di jantung kota besar Jawa Barat yakni Bandung, tepatnya Dago. Lokasi Co&Co sangat strategis yang berdekatan dengan pusat toko dan kafe ternama.  Selain itu di dalam co-working space ini terdapat berbagai ruangan yang bisa Anda gunakan, seperti ruang rapat, ruang outdoor, ruangan public/umum, ruangan pribadi, dan dapur.

Co&Co juga menyediakan berbagai fasilitas untuk Anda yang tertarik menyelesaikan pekerjaan seperti kebutuhan mencetak dokumen dan fotokopi. Selain itu terdapat variasi harga rule ditawarkan bagi anggota maupun non anggota, baik per jam, harian, mingguan bahkan bulanan.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No.5, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung

6. Eduplex Bandung

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Instagram.com/eduplex.id)

Masih di kota Bandung, Eduplex didirikan pada tahun 2016 yang beroperasi selama 24 jam. Selain berfungsi sebagai co-working, Eduplex umumnya difungsikan sebagai kafe yang terletak di lantai bawah. Sementara untuk area co-working space, Anda dapat menemukannya di lantai 2 dan 3.

Lokasi: Jl. Ir. H.Djuanda No.84, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung

7. Ngalup Co-Working Space

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Ngalup.co)

Mari beralih ke Malang. Ngalup Co-working sepertinya tidak terdengar asing di telinga para startup Malang. Tempat untuk berinteraksi dan berkolaborasi tepat berlokasi di Jl. Sudimoro, Lowokwaru, Malang yang dapat menampung 100 orang dengan tambahan Ruang Rapat di lantai 2.

Saat ini, Ngalup Co-working menjadi tempat co-working terkeren di Malang karena memiliki tampilan a la kafe dengan pilihan kursi dan meja banyak, serta tambahan pernak pernik lain yang membuat tempat ini nyaman digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Lokasi: Jl. Sudimoro, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

8. DiLo Malang Co-Working Space

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Instagram.com/dilomalang)

Digital Innovation Lounge (DiLo) beralamat di Jl. Basuki Rahmad 7-9 Malang. DiLo merupakan co-working space yang dikembangkan oleh MIKTI dan bekerjasama dengan Telkom sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kratif digital di Malang.

Di tempat ini, para pelaku startup akan difasilitasi dengan ruangan gadget, ruangan meeting dan creative desk. Sedangkan untuk para peminat industri digital kreatif, DiLo juga menyediakan program training, seperti desain, teknis dan management.

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.7-9, Kauman, Klojen, Kota Malang,

9. Malang Digital Core

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Instagram.com/malangdigitalcore)

Malang Digital Core (MCD) adalah co-working space yang terletak di lantai 5 Gedung RnD, Universitas Ma Chung, Villa Puncak Tidar N-01 Malang. MCD dibuat khusus untuk para praktisi, akademisi bidang IT yang mempunyai kemampuan lebih untuk berkembang bersama dan saling berkolaborasi membangun bisnis.

Konsep gedung ini sebenarnya sangat sederhana, namun karena suasana dalam ruangan yang cukup nyaman a la kafe membuat para pelanggan tak enggan datang ke MCD ini. Untuk Anda yang tertarik dengan dunia startup, Anda dapat mengikuti program “Startup Weekend’ yang disediakan di sini.

Lokasi: RnD 5th Floor, Ma Chung University, N-1, Doro, Karangwidoro, Dau, Malang.

10. Gartenhaus Co-Working Space

Co-working Space Berkonsep Kafe

(Image: Instagram.com/gartenhouse_co)

Co-working dengan tampilan kafe terakhir adalah Gartenhaus co-working space di Malang. Tempat ini sangat unik karena menawarkan tampilan kafe dengan lokasi terbuka bernuansa alam. Konsep asri dan penuh kehijauan khusus dihadirkan demi menciptakan suasana bekerja yang nyaman dan produktif. Secara keseluruhan, Gartenhaus terbagi menjadi tiga bagian, bagian depan adalah bagunan semi indoor, bagian tengah khusus untuk outdoor, serta bagian belakang dibangun seperti bagian depan.

Lokasi: Jl. Kenanga Indah No.1, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Itulah 10 pilihan co-working space yang hadir dengan konsep bak kafe di Indonesia. Selain kenyamanan, fasilitas yang disediakan juga tak luput dari segala kebutuhan bisnis Anda. Kira-kira, mana favorit Anda?