10 Tips Memilih Kursi Kantor yang Nyaman dan Aman Bagi Tubuh

Tips Memilih Kursi Kantor

Menghabiskan waktu seharian di kantor memang cukup menguras energi. Maka agar meminimalisir kelelahan dan ketegangan selama bekerja, Anda sebaiknya membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menjadi nyaman dan aman baik dari segi fisik maupun mental. Di sini coba kita ulas tips memilih kursi kantor yang sebaiknya Anda pergunakan selama bekerja.

Tips Memilih Kursi Kantor

Dengan ditunjang oleh fasilitas dan support yang memadai, maka produktivitas kerja dapat mengalami kenaikan yang signifikan. Pihak perusahaan sebaiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini untuk menunjang rasa betah dan nyaman bagi setiap karyawannya, termasuk menjaga tingkat kesehatan pekerja.

1. Kursi yang mengikuti aturan ergomonis tubuh

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: Hello Sehat

Rasanya istilah ergonomis sudah menjadi sahabat dekat yang sering dikait-kaitkan dengan equipment yang digunakan oleh alat gerak tubuh manusia. Baik itu alat tulis kantor, handphone yang sering digenggam oleh tangan, sepatu yang dipakai sebagai alas kaki, dan yang sekarang kita bahas yaitu kursi kantor yang Anda gunakan setiap harinya.

Pastikan kursi kantor yang Anda gunakan sudah sesuai aturan ergonomis tubuh agar meminimalisir tingkat kelelahan dan ketegangan otot panggul Anda. Kalau Anda sudah merasa nyaman dan tidak merasa pegal-pegal, maka kerjaan akan berjalan dengan lancar bukan?

2. Kursi yang memiliki tumpuan kepala

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: spine-health.com

Sekali-kali rasanya perlu Anda meletakkan kepala di sandaran untuk sekadar melepaskan kepenatan setelah sekian lama berkutat dengan konsentrasi tinggi. Untuk itulah diperlukan sebuah kursi yang mampu memberikan tempat untuk Anda menyandarkan kepala dan bahu.

Hal ini sangat dianjurkan oleh tenaga kesehatan yang sering menerima keluhan dari para pasiennya yang sering merasa kaku kuduk (di belakang leher) dan migrain. Setelah sekitar dua jam Anda bergelut dengan pekerjaan, sebaiknya Anda relaks sejenak sekitar 3 sampai 5 menit untuk mengistirahatkan kepala dan bahu. Ulangi rehat ini setiap dua jam sekali.

3. Terdapat sandaran lengan

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: wikihow.com

Selain diperlukan kursi dengan sandaran kepala, kursi kantor yang ideal juga menyediakan sandaran untuk kedua lengan saat Anda merasa pegal setelah sekian lama menulis atau menggambar.

Hal ini baik untuk merelaksasi ketegangan otot-otot lengan Anda. Otot-otot lengan Anda tidak bisa diforsir berjam-jam tanpa istirahat. Berikan waktu untuk otot lengan waktu beristirahat tanpa melakukan aktifitas dan sandarkan di tempat sandaran lengan yang ada di kursi kantor.

4. Ketinggian kaki kursi dapat disesuaikan dengan ketinggian kaki

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: WikiHow

Pilihlah kaki kursi yang adjustable atau dapat dinaikturunkan sesuai dengan ketinggian kaki yang Anda miliki. Selain bisa menjamin kenyamanan Anda saat bekerja, kursi kantor yang adjustable bisa disesuaikan dengan pengguna.

Misalnya bila suatu saat teman Anda kebetulan ikut menggunakannya maka ketinggian kaki kursipun dapat disesuaikan dengan ketinggian kaki teman Anda tersebut.

(Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Peralatan Kantor)

5. Kaki kursi memiliki roda yang dapat berjalan

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: casterwheelguide.com

Biasanya kalau Anda sedang duduk mengerjakan suatu pekerjaan, Anda akan malas atau tidak sempat berdiri untuk mengambil suatu barang yang jangkauannya tidak dapat Anda raih dengan tangan di tempat Anda duduk. Dengan pemilihan kaki kursi beroda, maka mobilitas Anda sangat terbantu tanpa harus Anda melangkahkan kaki meraih barang yang Anda butuhkan.

6. Kursi memiliki bantalan duduk yang cukup tebal

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: terva.co

Pilihlah kursi dengan bantalan duduk yang cukup empuk dan tebal. Setiap hari, Anda akan menghabiskan waktu selama kurang lebih sepuluh jam untuk bekerja dan duduk di kursi depan komputer.

Tips memilih kursi kantor yang punya bantalan duduk yang cukup empuk dan tebal berguna untuk mengurangi ketegangan otot panggul. Bayangkan jika Anda duduk di kursi flat yang keras dengan kursi bantalan yang tipis, akan lebih nyaman duduk di kursi berbantal empuk bukan?

7. Kursi dengan design sandaran belakang yang mengikuti anatomi punggung

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: richfielduniversity.us

Kursi dengan sandaran punggung yang mengikuti jalur anatomi manusia lebih memberikan kenyamanan bagi tiap otot dan ruas tulang vertebra manusia. Itulah mengapa untuk pemilihan kursi kantor, para designer lebih mengutamakan kursi yang memenuhi syarat seperti ini.

8. Kursi yang sepadan dengan meja kerjanya

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: steelcase.com

Untuk nilai estetika dan artistik, biasanya para karyawan perusahaan terutama yang berbasis startup lebih mengutamakan gaya dan tampilan yang ciamik. Untuk kebutuhan nilai visualisasi ini maka pemilihan kursi biasanya disesuaikan dengan meja yang mereka pergunakan untuk menambah daya kreatifitas dan imajinasi dalam berkarya.

9. Kursi sesuai dengan luas area kerja

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: master-cleaners.co.uk

Pergunakan kursi yang sesuai dengan area kerja Anda. Apabila area kerja Anda tidak begitu luas untuk melakukan pergerakan bebas, sebaiknya pilihlah kursi yang lebih slimmy, namun bila ruang gerak Anda tidak terbatas, maka pemilihan kursi yang lebih besar akan sangat cocok dan leluasa untuk dipergunakan.

10. Style dan warna yang cocok dengan kepribadian Anda

Tips Memilih Kursi Kantor
Image: digitaltrends.com

Nah kalau tips memilih kursi kantor ini dapat Anda sesuaikan apabila perusahaan memberi kewenangan pada Anda untuk memilih sendiri jenis dan tipe kursi yang sesuai dengan karakteristik masing-masing. Anda dapat bereksplorasi dengan pemilihan warna senada dengan baju seragam yang mungkin harus Anda pakai setiap hari. Hal ini akan menambah semangat dalam berkarya dan berkreasi di dunia kerja.

Setelah melihat poin di atas, apakah Anda sudah menerapkan tips memilih kursi kantor ini? Atau barangkali Anda memiliki ide-ide lain yang lebih brilian untuk tips memilih kursi kantor yang nyaman dan aman bagi tubuh? Silahkan share di sini. Selamat bekerja!