10 Tips Menerapkan Feng Shui Ruang Kantor yang Baik dan Benar

Meskipun jaman semakin modern, namun nyatanya kepercayaan Feng Shui tak bisa dielakkan atau dipungkiri kebenarannya. Feng Shui sendiri merupakan sebuah kepercayaan atau ilmu topografi kuno Cina yang digunakan untuk memperhitungkan segala hal ditinjau dari kaidah api, angin, dan air. Kemudian seiring berkembang dan populernya kepercayaan ini, tak hanya masyarakat Tionghoa saja yang menerapkan Feng Shui sebagai acuan tatanan demi mendapat peruntungan, kesehatan, dan kehidupan yang lebih baik.

Salah satu contoh Feng Shui yang paling sering kita temukan pada setiap gedung adalah urutan angka pada lift. Jika kita perhatikan, banyak gedung-gedung tinggi di Indonesia tidak menyertakan angka 4 dan 13 di dalam lift. Angka ini memang dipercaya memiliki gambaran yang tidak baik dan sebaiknya dihindari. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis di gedung perkantoran, terdapat pula beberapa pedoman Feng Shui yang patut diperhatikan.

Untuk itu mari terapkan tips-tips mengatur Feng Shui ruang kantor agar bisnis Anda semakin dekat dengan keberuntungan!

1. Perhatikan Letak dan Posisi Pintu Masuk

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: LinkedIn)

Menurut prinsip Feng Shui, pintu masuk menjadi sumber utama atau akar dari keberlangsungan hidup. Pintu masuk dianggap menjadi sumber masuknya energi ke dalam ruangan kantor, bahkan bisa dibilang sebagai pintu rezeki Anda. Sebaiknya hadirkan rupa pintu yang kokoh dan usahakan untuk selalu terbuka lebar demi menghindari adanya batasan atau penghalang. Namun jangan salah persepsi, maksud dari terbuka lebar di sini tak harus benar-benar terbuka mengingat privasi kantor tetap harus terjaga. Namun yang dimaksud di sini adalah tampilan pintu seperti kaca atau sediakan sedikit cela yang dapat melihat langsung ke area luar.

 

2. Posisi Meja Menghadap ke Arah yang Benar

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Selain pintu masuk, tentu saja meja kerja menjadi hal terpenting dalam tatanan ruang kantor. Untuk hal ini, Anda sepatutnya mengikuti aturan Feng Shui ruang kantor yang baik dan benar karena meja kerja menjadi sumber aktivitas dan produktivitas Anda. Jangan sampai tatanan meja kerja yang tidak baik justru membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Pertama, perhatikan dulu posisi meja. Usahakan meja kerja Anda tidak membelakangi pintu masuk, bahkan sebaiknya untuk menghadap ke arah pintu agar dapat terus menyerap energi positif dan juga sirkulasi yang baik.

 

3. Biarkan Jendela Tetap Terbuka

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Perhatikan pula bagaimana arah cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Pentingnya cahaya matahari agar masuk ke dalam ruangan tak hanya menjadi tolak ukur Feng Shui ruang kantor saja, bahkan tips ini menjadi poin penting bagi setiap pembangunan. Hampir kebanyakan gedung kantor saat ini mengusung konsep jendela kaca yang lebar di setiap ruangan. Hal ini bertujuan untuk mengatur cahaya yang langsung masuk ke dalam ruangan sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan mendukung aliran positif.

 

4. Ciptakan Tampilan Meja Kerja yang Menarik

Feng Shui Ruang Kantor

(Image houzz.com)

Sebagai bisnis yang terus berjalan di ibu kota, wajib hukumnya untuk terus menciptakan segala hal yang dapat menunjang bisnis. Anda patut menghadirkan meja kerja yang menarik agar para karyawan dapat terus semangat dan produktif dalam menjalankan pekerjaan. Adapun saran-saran yang dapat diterapkan dari aturan Feng Shui, seperti penggunaan lukisan gunung, warna emas, dan lain-lain. Lukisan gunung dipercaya dapat menggambarkan kematangan usaha serta warna emas menjadi warna kemakmuran.

 

5. Beri Sedikit Unsur Kehijauan Pada Meja Kerja

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Sekelumit kehijauan dapat menjadi langkah tepat untuk ditambahkan di atas meja kerja Anda. Tanaman-tanaman kecil berwarna hijau segar dapat memberikan energi positif serta tidak akan memberatkan pandangan. Namun jangan sampai Anda menaruh jenis tanaman yang salah ke area kerja, karena beberapa tanaman seperti jenis merambat dipercaya dapat mengundang hal negatif.

 

6. Hindari Letak Komputer yang Terlalu Dekat Bersebelahan

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Sebagai barang terpenting bagi setiap karyawan, letak komputer juga patut Anda perhatikan. Bagi aturan Feng Shui ruang kantor, dilarang untuk menempatkan letak komputer terlalu dempet atau dekat dengan sebelah Anda. Hal ini dipercaya dapat menimbulkan suasana kerja yang tidak nyaman dan kondusif, serta membuat alur pekerjaan menjadi berantakan. Diperlukan adanya sekat meja seperti yang diterapkan gedung kantor pada umumnya. Bahkan di jaman sekarang ini sudah banyak perusahaan yang membuat sistem open space di mana karyawan dapat bekerja di spot manapun dalam gedung.

 

7. Jangan Letakkan Dokumen Hingga Menumpuk di Atas Meja

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: motherandbaby)

Pastikan bagian tengah meja kerja selalu rapi dan bersih. Hindari berkas-berkas atau dokumen yang berserakan atau bahkan menumpuk. Jika memang dilanda banyak pekerjaan, Anda dapat menaruh berkas tersebut ke bagian samping meja dan diletakkan secara bersusun. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan keharmonisan bekerja.

 

8. Taruh Karpet Berbentuk Bulat di Area Pintu Masuk

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pixabay.com)

Tips satu ini dapat Anda terapkan juga untuk ruangan kantor Anda. Meletakkan karpet berukuran besar memang menjadi hal umum bagi setiap tempat, termasuk dalam gedung kantor. Menurut aturan Feng Shui ruang kantor, meletakkan karpet berbentuk bulat dapat menjadi penunjang terciptanya suasana kantor yang nyaman dan bersih. Selain itu dipercaya dapat memancing energi Q (chi) positif ke seluruh area kerja Anda.

 

9. Hindari Area Bekerja di Dekat Toilet

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Selain untuk menghindari ketidaknyamanan udara toilet, meletekkan meja kerja di dekat toilet juga dapat memberikan pengaruh yang tidak baik dari sisi Feng Shui. Terutama jika area toilet persis berada di belakang Anda, hal ini dipercaya dapat membuat segala kerja keras dan rencana karir seseorang menjadi buruk. Atau dapat dikatakan, dapat membuat segala rencana bekerja jadi berantakan.

 

10. Bentuk Meja Kerja Harus Berbentuk Kotak atau Persegi Panjang

Feng Shui Ruang Kantor

(Image: Pexels.com)

Tips versi Feng Shui satu ini sudah diketahui oleh hampir seluruh masyarakat. Biasanya kita akan melihat bentuk meja kerja perusahaan berbentuk kotak atau persegi panjang. Nyatanya hal ini berasal dari aturan Feng Shui yang menyarankan bentuk kotak agar dapat meningkatkan produktivitas kerja dan suasana intimate bersama rekan kerja lainnya.

 

Pada intinya, percaya atau tidak, Feng Shui merupakan sebuah pedoman yang dapat diterapkan oleh semua umat manusia. Pedoman ini selalu digunakan untuk pembangunan rumah maupun gedung, dengan tujuan untuk memastikan bangunan dibuat berdasarkan Qi (chi) yang baik. Beberapa tips di atas dapat Anda gunakan atau jadikan referensi demi menunjang bisnis ke arah kesuksesan. Capai terus impian kesuksesan Anda!

 

(Source: Detik Wolipop)