10 Trik Menghadirkan Ruang Kerja di Apartemen Kecil

Ruang Kerja di Apartemen

Ada berbagai alasan yang membuat pekerja millennial memilih untuk tinggal di apartemen. Meski memiliki banyak sisi positif, tinggal di apartemen juga punya tantangan tersendiri. Misalnya saja menyoal ruang kerja di apartemen yang kecil seperti di apartemen tipe 21 atau tipe studio. Tipe apartemen semacam ini memiliki ruang terbatas, bahkan seluruh ruang menyatu menjadi satu.

Ruang Kerja di Apartemen Kecil

Adapun sistem perusahaan yang memilih menjalankan kegiatan operasional di dalam unit apartemen. Biasanya, perusahaan yang baru merintis akan memilih unit apartemen untuk ruang kantor berkat pegawai yang baru sedikit dan tidak membutuhkan sistem kerja datang ke kantor setiap hari.

Lantas di mana ruang kerja harus ditempatkan? Kuncinya terletak pada pemilihan ruang kerja, posisi dan memilih furniture kerja yang sesuai demi tampilan yang menarik. Untuk lebih mudahnya berikut SewaKantorCBD.com berbagi caranya:

1. Pilih sudut ruangan

Ruang Kerja di Apartemen
Image: Coco Lapine Design – Pinterest

Untuk menghadirkan ruang kerja di apartemen yang nyaman tidak melulu harus memiliki ruangan khusus. Karena hal itu tentu sulit diwujudkan apabila kondisi apartemen yang Anda miliki berukuran kecil. Dengan memilih sudut ruangan akan memudahkan Anda bekerja tanpa gangguan dari penghuni rumah lain yang melakukan aktifitas dan mobilitas dalam ruangan.

2. Pencahayaan alami dari sinar matahari

Ruang Kerja di Apartemen
Image: etsy.com – Pinterest

Untuk seseorang yang banyak menghabiskan waktu kerja di dalam rumah, pekerjaan seringkali dikerjakan pada saat siang hari. Dengan bantuan sinar mentari, akan membantu mata Anda tidak cepat lelah dalam berkarya.

Pilih salah satu tempat di ruangan apartemen yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Selain membantu endurance mata Anda, cahaya matahari terutama pada saat pagi hari akan sangat membantu proses pembentukan vitamin D dalam tubuh Anda.

Untuk ide konsep interior kantor, Anda bisa mendesain ruang kerja di apartemen dengan gaya scandinavian yang lekat akan warna putih dan estetik, kemudian akan dibantu pula dengan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

(Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Ruang Kantor Bergaya Skandinavia yang Memanjakan Mata)

3. Kursi nyaman

Ruang Kerja di Apartemen
Image: artvan.com – Pinterest

Anda tidak perlu membeli kursi antik nan mahal, kok. Cukup kursi biasa saja dengan tambahan cushion empuk warna cerah rasanya sudah cukup membuat Anda nyaman duduk berlama-lama. Atau punya pilihan lain seperti kursi lucu dari plastik pun dapat Anda pergunakan. Yang penting tetap merasa nyaman untuk posisi kerja Anda.

Jangan lupa untuk selalu beristirahat setiap dua jam sekali. Anda bisa lakukan dengan sekedar berdiri dan berjalan-jalan selama lima menit agar kondisi tubuh dan pikiran anda kembali segar saat harus berhadapan dengan deadline.

4. Hanging cabinet

Ruang Kerja di Apartemen
Image: noordinaryhome.com

Untuk memberikan kesan luas dan tidak banyak properti yang menyita tempat, Anda bisa menyiasatinya dengan menempelkan rak melayang diatas meja kerja. Rak ini berfungsi untuk tempat penyimpanan buku-buku, alat ATK, folder-folder dan peralatan perang lainnya.

Untuk memudahkan Anda bisa menjangkaunya dengan mudah, pastikan rak yang menggantung tidak terlalu tinggi, sehingga pada saat diperlukan tidak perlu tangga atau naik kursi untuk mendapatkannya.

Rak gantung ini bisa Anda beri sentuhan estetika dengan berbagai macam pita warna warni, tapi harus diperhatikan jangan semua pita anda pasang, nanti malah kesannya too crowded guys.

5. Dekorasi lokasi kecil tempat kerja

Ruang Kerja di Apartemen
Image: delightfull.eu – Pinterest

Walaupun tempat kerjamu bukanlah sebuah ruangan khusus, bukan berarti Anda tidak bisa mendekorasinya dengan style yang artistik. Cobalah berkreasi dengan menampilkan dinding yang berbeda dengan cat warna dinding di bagian yang lain.

Selain itu hadirkan kesan professional dengan menampilkan kreasi geometrik atau sesuatu yang cocok dengan profesimu. Misalkan Anda seorang penjahit dan desainer, pola bahan atau sekedar manikin kecil cocok untuk anda gantungkan sehelai sampel karyamu.

6. Motivasi visual

Ruang Kerja di Apartemen
Image: Pinterest

Untuk Anda yang bekerja di tempat hunian dan jarang bertemu komunitas, ada baiknya pajang sejumlah foto-foto orang terkasihmu, atau bingkai tulisan tanganmu sendiri yang berisi kata-kata motivasi agar membantu Anda membangkitkan semangat kerja di kala jenuh melanda.

Tulis cita-cita dan harapanmu pada sebuah kertas dengan tambahan hiasan lain, dan beri bingkai. Atau Anda bisa menciptakan kolase foto-foto kecil Anda mulai dari bayi sampai sekarang, berikut foto-foto ayah, ibu dan saudara-saudaramu. Dijamin motivasi akan terus bertumbuh dalam semangatmu.

7. Meja makan dua fungsi

Ruang Kerja di Apartemen
Image: digsdigs.com

Dihadapkan pada sebuah apartemen kecil jangan dijadikan alasan Anda untuk susah berkarya. Seperti istilah “Tak ada rotan akarpun jadi”, meja makanpun bisa Anda sulap menjadi meja kerja di saat tidak diperlukan. Yang perlu Anda perhatikan adalah kerapihan dan kebersihannya untuk mencegah hasil kerjamu kotor terkena cipratan sisa makanan dan minyak sayur.

Pastikan Anda bekerja di saat penghuni rumah lain tidak sedang melakukan aktifitas makan bersama, untuk mencegah adanya konflik diantara kalian.

Untuk menjadikan meja makan sebagai meja kerja sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Anda benar-benar teliti memastikan tidak ada barang yang perintilan tercecer dimana-mana. Karena mobilitas yang tinggi, Anda harus menerima konsekuensinya dengan tidak terlalu sering membawa-bawa barang yang tidak terlalu penting Anda pergunakan agar kemungkinan hilang dapat diminimalisir.

8. Partisi tembus cahaya

Ruang Kerja di Apartemen
Image: Pinterest

Untuk lebih mendapatkan ruang kerja di apartemen yang privasi, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk penempatan sebuah partisi transparan dari plastik atau kaca bening.

Selain Anda bisa fokus mengerjakan tugasmu, Anda pun bisa dengan leluasa memperhatikan pergerakan penghuni lain. Misalnya mobilitas anak kecil yang tak jarang menyebabkan accident kecil.

Ada baiknya Anda pasang movable partisi, sehingga apabila tidak diperlukan atau bila Anda kedatangan tamu partisi tersebut bisa Anda pindahkan , lebih baik lagi bila bisa dilipat sehingga tidak makan tempat.

9. Desainlah ruang dengan gaya minimalis atau scandinavian

Ruang Kerja di Apartemen
Image: behance.net – Pinterest

Untuk memaksimalkan ruang yang ada, Anda bisa bermain dengan dua pilihan gaya desain interior. Pertama, Anda bisa memilih gaya scandinavian yang kental dengan penggunaan cahaya atau bisa juga memilih gaya minimalis yang kental dengan perpaduan dua warna. Keduanya bisa membuat ruang kerja Anda tampak nyaman dan luas.

10. Gunakan peralatan portable

Ruang Kerja di Apartemen
Image: Ben Uyeda – Pinterest

Menggunakan banyak peralatan pada ruang kerja dengan luas terbatas memang tidak disarankan. Tetapi bila Anda terpaksa harus menggunakan peralatan tersebut, pilihlah peralatan yang portabel. Jadi ketika tidak Anda gunakan, Anda bisa menyimpannya.

Itulah beberapa trik menghadirkan ruang kerja di apartemen kecil agar Anda tetap dalam suasana yang menyenangkan. Asalkan mau sedikit mendekorasi, tempat sekecil apapun dapat membuat Anda nyaman dalam berkarya.

Summary