11 Bangunan Ikonik di Dunia dan Segudang Ceritanya

Bangunan Ikonik di Dunia

Bukan rahasia lagi bahwa tiap penjuru dunia memiliki bangunan ikoniknya masing-masing. Menara Eifell di Paris, Empire State Building di New York, hingga Disneyland di Amerika Serikat. Tiap bangunan tersebut memliki cerita masing-masing, dari cerita yang umum, hingga cerita unik yang belum diketahui banyak orang. Berikut ini beberapa daftar bangunan ikonik di dunia beserta cerita menarik yang patut Anda ketahui.

1. Menara Eifell di Paris, Perancis

Bangunan Ikonik Dunia
Image: Pinterest

Bangunan ikonik yang didirikan oleh Gustava Eifell ini dibangun pada tahun 1889 dengan tinggi bangunan sekitar 325 meter. Baru-baru ini terdapat suatu ruangan baru yang telah dibuka untuk umum di menara tersebut.

Kabarnya, ruangan tersebut merupakan ruangan rahasia yang terletak di atas menara Eifell. Gustave Eifell sendiri membangun sendiri ruangan pribadi tersebut. Dalam ruangan pribadinya tersebut, Gustave Eifell menyimpan beragam barang peninggalan miliknya dan putrinya, hingga barang peninggalan dari Thomas Alva Edison.

2. Empire State Building di New York, Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: fineartamerica.com – Pinterest

Gedung megah yang terkenal ini berada di Midtown Manhattan, New York City. Dilansir dari berbagai info, konon katanya gedung ini memiliki satu lantai rahasia. Diluar dari 102 lantai yang dimiliki gedung ini, lantai rahasia tersebut masih berada di atasnya dan sampai sekarang tidak diketahui orang.

Ruang rahasia tersebut merupakan ruang observasi rahasia yang tidak dibuka untuk umum. Untuk mencapai lantai tersebut, seseorang harus menggunakan lift dan naik tangga yang sempit serta curam.

3. Walt Disney World Resort di Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: Silver Kris

Selain restoran istimewa yang terdapat di Disney Land, ada pula satu tempat unik yang terdapat di Disney World, Amerika Serikat. Di Kastil Cinderella, terdapat satu apartemen rahasia yang begitu mewah bak hotel dengan harga fantastis.

Sayangnya, tak sembarang orang bisa membayar untuk bermalam di sana. Namun kabar baiknya, setiap hari di bulan Januari pihak Disney World mengadakan undian untuk bisa bermalam di apartemen rahasia tersebut.

4. Mount Rushmore di Dakota Selatan, Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: hdwallpapers.id

Mount Rushmore merupakan gunung di Amerika Serikat yang memiliki granik ukiran empat kepala dari Presiden Amerika Serikat. Patung ini dipahat oleh pemahat patung berketurunan Denmark-Amerika bernama Gutzon Borglum. Empat Presiden tersebut tentunya George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, serta Abraham Lincoln.

Kisah menarik dari landmark ikonik ini terletak pada pahatan kepala Abraham Lincoln. Menariknya di balik pahatan tersebut terdapat pintu rahasia. Pintu rahasia tersebut sangat sulit dijangkau dengan berjalan kaki sehingga hanya terdapat sedikit orang yang dapat benar-benar mengunjungi ruangan tersebut.

5. Grand Central Terminal, di New York, Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: thedrive.com

Stasiun ini terletak di Midtown Manhattan, New York City. Stasiun yang memiliki 44 peron, 67 rel, serta dibagi menjadi dua tingkat ini merupakan stasium kereta api terbesar di dunia berdasarkan jumlah peron keretanya. Cerita unik dari tempat ini adalah bahwa stasiun ini juga memiliki sebuah lapangan tennis bernama Vanderbilt.

Lapangan tennis tersebut cukup terkenal dan telah ada sejak tahun 1960-an. Vanderbilt terletak di tingkat atas dari stasiun Grand Central Terminal. Lebih uniknya lagi, lapangan tenis tersebut memiliki satu lapangan berukuran besar, lapangan junior, bahkan mempunyai ruang kebugaran.

(Baca Juga: 12 Bangunan Unik Yang Punya Gaya Arsitektur Berputar di Dunia)

6. Patung Liberty di New York, Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: ustravelia.com – Pinterest

Salah satu bangunan ikonik di dunia ini berada di New York Harbour, Amerika Serikat. Tidak banyak yang tahu bahwa bangunan ikonik tersebut merupakan hadiah dari Perancis untuk Amerika Serikat yang dipersembahkan pada abad ke-19. Selain fakta unik tersebut, terdapat fakta lain yang juga tidak diketahui banyak orang, yaitu bahwa di bagian obor Patung Liberty terdapat sebuah ruangan dimana pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan kota New York dari ruangan tersebut.

Ruangan tersebut dibuka untuk umum hanya sampai tahun 1916. Pasalnya, terdapat insiden tidak mengenakkan yaitu terjadi ledakan di dermaga di dekat Patung Liberty yang mengakibatkan tangga menuju ruangan tersebut tidak lagi aman untuk dilalui. Akibatnya, setelah tahun 1916 ruangan tersebut tidak lagi dibuka untuk umum.

7. Trafalgar Square di London, Inggris

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: Foster + Partners

Trafalgar Square merupakan ruang terbuka publik yang berdiri di tengah Kota London, Inggris. Cerita unik dari Trafalgar Square ini yaitu terdapat kantor polisi di ruang terbuka publik tersebut. Dituntut kejelian mata agar bisa melihat adanya kantor polisi yang tersembunyi di Trafalgar Square tersebut. Tidak banyak yang tahu bahwa dulunya, tepatnya pada tahun 1930-an, Strafalgar Square merupakan lokasi utama untuk melakukan demonstrasi dan unjuk rasa dari berbagai kalangan.

Akhirnya, polisi melubangi tiap lampu di ujung alun-alun untuk mengawasi jalannya proses demonstrasi yang terjadi. Hal tersebut merupakan satu tindakan antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh proses demonstrasi.

8. Disneyland di Anaheim, Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: jazzabellesdiary – Pinterest

Disneylan juga tak ketinggalan masuk dalam list bangunan ikonik di dunia. Namun siapa sangka wahana permainan yang sangat terkenal ini juga menyimpan cerita unik? Yang banyak diketahui masyarakat, Disneyland hanya menyediakan wahana permainan dan hiburan yang mengasyikkan. Namun ternyata ada satu restoran yang paling misterius di dunia yang dibangun di wahana permainan tersebut.

Menurut kabar yang beredar, restoran bernama Club 33 terletak di New Orleans Square, Disneyland. Restoran tersebut merupakan restoran bintang lima. Sisi unik dari restoran tersebut adalah masyarakat umum tidak bisa dengan sembarangan masuk ke restoran tersebut.

Cara agar seseorang dapat memasuki restoran tersebut ada dua pilihan, yaitu orang tersebut diundang secara langsung untuk datang ke restoran, atau seseorang tersebut harus menjadi anggota restoran. Biaya untuk menjadi anggota restoran tersebut dibilang tidak murah, yaitu berkisar antara 25.000 dollar AS dan ditambah 12.000 dollar AS per tahun.

9. Colosseum di Roma, Italia

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: Time – Pinterest

Bangunan ikonik di dunia berupa arena gladiator ini merupakan bangunan bernama asli Flavian Amphitheatre yang didirikan oleh Vespasian, Wali Kota pada masanya. Pembangunan Colosseum tidak langsung selesai pada masa Vespasian, tetapi kemudian diselesaikan oleh anaknya yang bernama Titus.

Karya arsitektur Kerajaan Romawi ini dirancang untuk menampung 50.000 penonton. Tidak banyak yang tahu bahwa terdapat suatu terowongan yang berada tepat di bawah Colosseum. Terowongan yang bernama hypogeum tersebut dulunya dijadikan sebagai tempat penampungan hewan liar buas untuk pertunjukan gladiator.

10. Time Square di Amerika Serikat

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: daytoninmanhattan.blogspot.com

Tempat-tempat ikonik di Amerika Serikat memang punya cerita menarik di baliknya, termasuk Time Square. Siapa sangka di tengah kemegahan Time Square, terdapat satu gedung kosong yang menjulang tinggi? Gedung tersebut bernama gedung One Time Square. Gedung tersebut tidak berisi apa-apa, kecuali kantor-kantor yang telah ditinggalkan serta apotek di lantai dasar.

Dulunya, One Time Square memang sebuah gedung perusahaan, namun pada tahun 1992 perusahaan tersebut bangkrut dan gedung tersebut kemudian dijual ke perusahaan periklanan. Sejak saat itu, One Time Square menjadi papan reklame besar tempat iklan-iklan besar terpampang. Meski begitu, gedung tersebut dapat menghasilkan penghasilan hingga sekitar 23 juta dollar AS tiap tahun bagi pemiliknya.

11. Menara Pisa di Pisa, Italy

Bangunan Ikonik di Dunia
Image: amongraf.ro – Pinterest

Menara Pisa, merupakan salah satu bangunan ikonik di dunia yang namanya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Bagi Anda yang sering bertandang ke Italy, tempat ini wajib dikunjungi berkat hal-hal unik yang terkandung di dalamnya. Salah satu hal yang paling menarik diketahui tentunya alasan kemiringan bangunan ini.

Awalnya Menara Pisa dibangun sesuai prosedur bangunan biasanya, yakni berdiri tegak secara vertikal. Namun nyatanya, pada tahun 1173 Menara Pisa terlihat semakin mengarah miring ke Asia Tenggara karena pondasi yang tak sempurna. Adapun faktor lain berkat kondisi tanah yang tidak stabil, maka semakin membuatnya miring dari garis lurus sepanjang 5 meter.

Itulah 11 bangunan ikonik di dunia dengan ragam keunikan masing-masing. Sebenarnya masih banyak deretan lain bangunan ikonik di dunia yang bahkan menjadi landmark dari negara tersebut. Untuk Anda yang sedang berlibur ke negara-negara tadi, jangan lupa saksikan langsung tampilan bangunan yang menawan ini, ya!

Summary
11 Bangunan Ikonik di Dunia dan Segudang Ceritanya
Article Name
11 Bangunan Ikonik di Dunia dan Segudang Ceritanya
Description
Bukan rahasia lagi bahwa tiap penjuru dunia memiliki bangunan ikoniknya masing-masing. Adapun cerita-cerita menarik di dalamnya yang sukses membuat banyak orang terkesima. Ini dia 11 bangunan ikonik di dunia!
Author
Publisher Name
SewaKantorCBD
Publisher Logo