11 Resolusi Karir 2019 yang Akan Mengubah Masa Depan Lebih Baik

Resolusi Karir 2019

Kalender 2018 hampir habis. Anda akan memasuki 2019, ditandai dengan agenda tahun baru yang menyenangkan, lalu memasuki tahun baru yang begitu menantang. Tak ada salahnya bila dari sekarang Anda bersiap, menyusun resolusi karir 2019 demi masa dengan yang lebih baik.

Resolusi Karir 2019

Jika Anda sedang menyusun resolusi karir 2019, SewaKantorCBD.com coba memberikan beberapa opsi yang bisa Anda ambil untuk mengembangkan diri dan karir Anda.

1. Membaca buku

Resolusi Kerja 2019
Image: Chicago Tribune

Buku adalah jendela dunia. Adagium lama yang sudah semua orang mengerti, tapi tak banyak yang mempraktekannya. Jika Anda masuk dalam golongan orang yang jarang baca buku, tak ada salahnya memasukkan ini sebagai resolusi karir tahun 2019.

Anda bisa salah satu jenis buku. Bisa membaca buku inspiratis, buku bisnis, karir, pengembangan diri, buku pengetahuan dan lain sebagainya. Cobalah untuk menetapkan untuk membaca buku pengembangan diri, inspirasi ataupu leadership demi pengembangan diri anda.

2. Ikut pelatihan, workshop atau seminar

Resolusi Karir 2019
Image: hkphotoworkshop.com

Demi mengembangkan bidang yang saat ini sedang Anda tekuni, tak ada salahnya Anda aktif mengikuti pelatihan, workshop atau seminar yang masih berkaitan dengan pengembangan diri. Selain itu, mengikuti pelatihan, workshop atau seminar juga akan memperluas jaringan Anda. Bagi para pebisnis, jaringan begitu penting untuk menunjang masa depan dan relasi.

3. Mendapatkan kenaikan jabatan

Resolusi Karir 2019
Image: Optimized360

Sudah berapa lama Anda bekerja di perusahaan sekarang? Meski telah lama bekerja, namun hal itu bukan satu-satunya indikator Anda layak untuk mendapatkan kenaikan jabatan. Khusus untuk tahun 2019 nanti, cobalah untuk memasukkan kenaikan jabatan sebagai salah satu resolusi karir 2019 Anda.

Jika telah menetapkan resolusi Anda, maka secara otomatis Anda akan berusaha untuk jadi pribadi yang lebih baik. Anda akan berusaha bekerja lebih giat, mengerjakan tugas lebih semangat dan melakukan peningkatan-peningkatan lain. Yang pasti, Anda akan berusaha lebih giat menunjukkan kualitas diri.

(Baca Juga: Pentingnya Pulang Kantor Tepat Waktu Demi Hidup Seimbang)

4. Mendapatkan kenaikan gaji

Resolusi Karir 2019
Image: Payscale

Anda sudah pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji? Kini saatnya. Kalau Anda sudah mendapatkan kenaikan jabatan, secara otomatis kenaikan gaji juga Anda dapatkan. Perusahaan biasanya setiap tahun akan memberikan kenaikan gaji pada karyawannya. Terutama untuk yang masuk kategori tertentu dan juga lolos uji tes. Nah menjelang tahun 2019 ini, ada baiknya Anda menetapkan target mendapatkan kenaikan gaji.

Dengan menetakan resolusi kenaikan gaji, Anda akan termotivasi untuk berperilaku baik dan berusaha mengembangkan diri demi kinerja Anda di perusahaan. Jadi dengan adanya resolusi karir 2019 ini, diri makin termotivasi berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas kerja.

5. Kestabilan Keuangan Secara Jelas

Resolusi Karir 2019
Image: Raw Pixel – Unsplash

Jika Anda tidak bekerja sebagai pegawai di salah satu perusahaan, melainkan hanya bekerja sebagai seorang freelance, maka tak mungkin Anda mendapatkan kenaikan jabatan dan kenaikan gaji. Yang bisa Anda tetapkan pada resolusi karir 2019 adalah mendapatkan klien baru.

Jika projek yang selama ini Anda jalani berbasis kerja putus, cobalah membuat resolusi untuk mendapatkan klien yang memberikan Anda kontrak kerja secara terus menerus. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan kestabilan keuangan dan melakukan pengembangan diri yang lebih baik.

6. Tepati tiap deadline

Resolusi Karir 2019
Image: Tim Gouw – Unsplash

Jika di tahun 2018, Anda masih memiliki banyak sekali kerjaan di luar deadline. Kini saatnya berubah. Tahun 2019 mendatang, cobalah untuk tidak membuat miss deadline. Buat setiap pekerjaan dan tanggung jawab selesai pada waktunya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan mulai sekarang adalah dengan belajar mengatur waktu dan menepatinya.

7. Mengurangi lembur hingga nol

Resolusi Karir 2019
Image: elinens.co.uk

Jam kerja memang sudah ditetapkan pemerintah dalam setahun. Tapi perusahaan kerap memberikan lembur. Akhirnya Anda tidak bisa mengatur hidup lebih baik. Di tahun 2019 nanti, cobalah untuk selektif memilih lembur dan menggunakan waktu.

Sehingga Anda bisa pulang tepat waktu dan hidup tidak hanya habis di kantor. Kurangi sedikit demi sedikit sampai akhirnya Anda tak perlu lembur sama sekali.

8. Buat satu teman baru setiap bulannya

Resolusi Karir 2019
Image: cleo.com.my

Teman bisa siapa saja, Anda bisa mendapatkan teman dari satu orang yang satu profesi dengan Anda. Bisa pula yang beda profesi. Yang pasti, cobalah untuk membuat rencana setiap bulan Anda mendapatkan teman.

Teman bukan hanya sekadar kenalan. Menurut beberapa penelitian, orang yang memiliki kelompok besar lebih siap menaklukan tantangan. Toh tak ada salahnya memiliki teman baru, bukan?

9. Menjadi pembicara dalam sebuah acara

Resolusi Karir 2019
Image: The Business Journals

Kalau Anda merasa punya kemampuan lebih, tetapi selama ini waktu Anda habis di depan meja kerja, tak ada salahnya kini Anda merubah rutinitas Anda ke kegiatan yang lebih baik. Cobalah untuk salurkan kemampuan positif Anda ke sebuah acara, misalnya menjadi pembicara di suatu acara. Di sana, Anda akan memiliki pengalaman baru yang membuat diri lebih bersemangat dalam bekerja.

10. Memiliki work life balance

Resolusi Karir 2019
Image: zetayarwood.com

Poin kesepuluh ini sebenarnya berkaitan dengan poin nomor tujuh, mengurangi lembur hingga nol. Tanpa lembur, Anda akan memiliki keseimbangan antara bekerja dan kehidupan Anda.

Namun jika melihat dari sisi luasnya, Anda wajib menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan sehari-hari dengan banyak hal. Selain mengatur waktu mengurangi lembur, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk bertemu teman sambil hang out, atau bisa juga berolahraga, ataupun mengikuti kegiatan sosial. Dengan begini Anda akan semakin bijak sambil menerapkan work life balance.

11. Mencoba hal baru

Resolusi Karir 2019
Image: tripoto.com

Ada sesuatu yang ingin Anda lakukan pada karir di tahun 2018 namun belum terlaksana? Maka lanjutkanlah di tahun 2019 nanti. Selain itu Anda juga bisa memikirkan hal baru yang ingin Anda coba di tahun 2019. Pokoknya tahun 2019, Anda harus melakukan hal baru demi kehidupan yang lebih baik. Termasuk jika Anda ingin mengambil cuti selama 12 hari dan jalan-jalan ke luar negeri, hal ini juga dapat jadi pertimbangan yang baik. Sebisa mungkin nikmati hidup Anda.

Apapun resolusi karir 2019 yang sudah Anda tulis, maka laksanakan. Sebab perlu Anda tahu, tak lebih dari 50 persen resolusi karir yang mampu bertahan selama enam bulan. Sisanya bahkan sudah tidak terlaksana di bulan pertama.