12 Bangunan Unik Yang Punya Gaya Arsitektur Berputar di Dunia

Mendengar bangunan unik berputar di dunia, salah satu gedung yang sukses mencuri perhatian dunia saat ini adalah HSB Turning Torso. Ketika HSB Turning Torso dibangun di Swedia, orang-orang seketika melihat dengan kekaguman. Tak hanya kagum karena ketinggiannya, melainkan ditambah dengan konsep bangunan yang melengkung dan memutar. Nyatanya design eksterior yang terlihat seolah berputar mengitari ini benar-benar memiliki konsep berputar dari hasil ide kreatif arsitek ternama Santiago Calatrava. Bagian paling atas gedung ini dapat berputar 90 derajat searah jarum jam dengan lantai dasar.

Tentu tak heran jika seketika desain HSB Turning Torso langsung membawa arah baru bagi gedung-gedung yang terus bermunculan saat ini. Sejumlah gedung dengan desain serupa seketika muncul, bahkan ada yang memutar hingga 360 derajat layaknya Menara Berlin dan ada pula yang punya rotasi putaran begitu ketat seperti F & F Tower di Panama. Selain itu masih ada deretan gedung lain yang mengusung konsep seperti ini, ditambah lagi dengan desain arsitektur yang unik pula.

Mari simak deretan bangunan unik berputar di dunia ini.

1. Grove at Grand Bay

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: miamicondosolution.com)

Grove at Grand Bay, salah satu nama gedung dengan desain berputar yang populer di dunia. Bangunan ini dikembangkan oleh Terra Group, perusahaan pengembangan real estate terdepan di Miami. Bangunan yang mulai dibangun pada akhir 2012 dan selesai akhir 2014 ini memiliki gaya balkon brise-soleil dengan jendela dari lantai ke langit-langit yang menawarkan pemandangan panorama air.

Memanfaatkan luas lahan 58,900 meter persegi, Grove at Grand Bay menghasilkan bangunan yang menyatu dengan lingkungan Coconut Grove. Kental dengan nuansa bebas tetapi teratur.

 

2. Mode Gakuen Spiral Towers

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Wikipedia)

Berada di Nakamura-ku, Nagoya, Aichi, Jepang, Mode Gakuen Spiral Towers adalah bangunan unik berputar yang digunakan untuk fasilitas pendidikan. Keunikan gedung ini sesuai dengan namanya, yaitu Spiral Tower yang memiliki desain memutar seperti spiral. Ditambah lagi desain yang dinamis benar-benar membuat gedung ini semakin terlihat mempesona di Jepang. Selain itu bangunan setinggi 170-kaki (558 kaki) ini menjadi rumah bagi tiga sekolah kejuruan sekaligus, yakni Nagoya Mode Gakuen, Nagoya Isen dan HAL Nagoya. Sosok di balik konsep inovatif ini berasal dari pengembangan Nikken Sekkei, sosok desainer terkemuka di dunia yang juga bertanggung jawab mendesain ulang Camp Nou dan Skytree Tokyo.

 

3. Shanghai Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: german.people.com)

Didesain oleh firma desain internasional Gensler, Shanghai Tower juga masuk dalam kategori gedung dengan desain berputar di dunia. Gedung pencakar langit yang ada di di Lujiazui , Pudong , Shanghai, Cina ini memiliki tinggi hingga 1283 kaki dengan dek observasi tertinggi di dunia.

Shanghai Tower memiliki sembilan zona terpisah yang masing-masing digunakan untuk kantor, ritel, dan rekreasi. Secara sempurna, gedung yang punya elevator tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 20,5 meter per detik ini dibuka untuk umum pada April 2017.

 

4. Lakhta Centre

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: rueconomics.ru)

Lakhta Center merupakan gedung pencakar langit tertinggi di pinggiran Lakhta, Saint Petersburg, Rusia. Bangunannya mencapai 87 lantai atau setinggi 462 meter membuatnya menyandang gelar sebagai gedung tertinggi di Eropa dan mendapat peringkat ke-13 di dunia. Bangunan yang dirancang oleh Tony Kettle ini mengawali pembangunannya pada 30 Oktober 2012 dan rampung pada 29 Januari 2018 lalu. Bangunan ini memiliki desain eksterior yang juga terlihat memutar dengan ujung gedung yang mengerucut ke atas.

 

5. Diamond Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: thebig5hub.com)

Bangunan unik dengan desain memutar lainnya ada di Diamond Tower yang terletak di Jeddah, Arab Saudi. Dengan ketinggian 93 – 94 meter atau setara dengan 1.417 kaki, gedung ini makin terlihat cantik berkat desain spiral yang kuat dimulai dari bagian bawah gedung hingga teratas. Nyatanya, Diamond Tower juga menduduki peringkat gedung tertinggi kedua di Arab Saudi yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 silam.

 

6. Ocean Heights

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Wikipedia)

Ocean Heights sangat identik dengan kemewahan yang ada di Dubai Marina, Dubai, UAE. Bangunan dengan desain berbentuk kurva dan gerakan memutar yang unik saat naik ini memiliki tinggi mencapai 310 m (1.017 kaki) dengan 83 lantai. Andrew Bromberg dari Aedas menjadi sosok di balik terobosan menarik untuk gedung perumahan tertinggi kelima di dunia ini.

 

7. Infinity Tower (Menara Cayan)

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Pinterest)

Infinity Tower juga tak boleh ketinggalan masuk dalam deretan bangunan unik berputar di dunia yang ada di Dubai. Seperti yang kita ketahui, Dubai memang selalu dihiasi oleh terobosan-terobosan heboh di dunia bersama dengan sisi kemegahannya yang tak pernah pudar. Bangunan setinggi 756 meter dibuat oleh Cayan Real Estate Investment and Development dengan perancang utamanya Skidmore, Owings and Merrill SOM. Mereka juga pernah membangun Burj Khalifa di Dubai dan Trump Tower di Chicago. Menara Cayan ini memiliki putaran mencapai 1,2 derajat setiap lantainya.

 

8. Tao Zhu Yin Yuan

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Business Insider)

Salah satu terobosan paling menarik saat ini adalah pembangunan gedung Tao Zhu Yin Yuan. Gedung dikatakan hampir rampung dengan tampilan yang sangat unik, yaitu berdesain bak spiral sambil dipenuhi oleh unsur kehijauan menyelimuti sebagian besar eksterior gedung. Apalagi, gedung ini akan berfungsi sebagai apartemen. Tentu saja suasana yang terasa akan begitu menyenangkan untuk tinggal di suatu hunian apartemen, namun tetap berisi udara segar yang didatangkan dari ribuan tanaman tersebut. Sang perancang, Vincent Callebaut mendesain Tao Zhu Yin Yuan dengan inspirasi dari model DNA yang berbentuk spiral. Maka tak heran jika gedung ini masuk dalam kategori bangunan yang unik di dunia.

 

9. Evolution Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: AEWORLDMAP.COM)

Jika Anda bertandang ke Pusat Bisnis Internasional Moskow yang ada di Moskow, Rusia, Anda pasti akan terkesima saat melintasi depan Evolution Tower berkat tampilannya yang sangat menarik perhatian mata. Bangunan unik memiliki desain yang berputar seperti spiral dengan spesifikasi gedung yang tak sembarangan pula. Ketinggian gedung mencapai 255 meter atau sekitar 837 kaki, ditambah lagi luas total area mencapai 169.000 meter persegi. Sebuah angka yang fantastis untuk ukuran luas bangunan. Evolution Tower juga memiliki inspirasi dari jenis DNA untuk tampilan eksterior ini.

 

10. F & F Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Woondu)

F & F Tower menjadi gedung berputar dengan putaran paling rapat di dunia. Gedung ini hadir sebagai bangunan perkantoran yang terletak di Panama City, Panama. Saking menariknya, F & F Tower cukup banyak meraih banyak penghargaan selama ini, baik dari segi desain hingga konsep bangunan yang menawan. Tentu tak heran bila gedung ini menjadi yang paling ikonik di Panama City. Bahkan, seolah-olah menjadi yang paling tampil dibandingkan gedung sekitarnya.

 

11. Al Majdoul Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: Pinterest)

Di Arab Saudi juga ada bangunan unik berputar, namanya Al Majdoul Tower. Gedung ini masuk sebagai menara melengkung kedelapan tertinggi di dunia. Pembangunannya dimulai pada 2006 dan selesai pada tahun 2012 lalu dengan biaya mencapai 1.100.000.000 SR. Ketinggian gedung mencapai 400 m (1.300 kaki) dengan jumlah lantai sebanyak 54 lantai.

 

12. SOCAR Tower

Bangunan Unik Berputar di Dunia

(Image: intellinews.com)

Sebagai penutup ada bangunan unik berputar yang dirancang oleh Heerim Architects dari Korea Selatan, SOCAR Tower yang berada di Baku. Gedung yang digunakan sebagai markas besar SOCAR (Perusahaan Minyak Negara Republik Azerbaijan) ini menjadi yang tertinggi di Azerbaijan dan wilayah Kaukasus.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia, adakah bangunan unik berputar?