12 Cara Sederhana Tetap Hidup Sehat Meski Seharian Bekerja di Kantor

Cobalah hitung, kira-kira berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk duduk di tempat kerja seharian? Umumnya kita akan menghabiskan paling sedikit 8 jam perhari. Tentunya hal ini tak hanya menguras pikiran dan tenaga, terlalu lama duduk nyatanya juga akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Penelitian di Eropa bahkan menyebutkan jika Anda duduk selama 10 jam atau lebih setiap harinya, maka Anda sangat rentan terkena masalah kardiovaskular dan serangan jantung hingga 60 persen lebih banyak. Banyak pula yang mengesampingkan cara hidup sehat saat bekerja sehingga merugikan diri sendiri.

Cara Tetap Hidup Sehat Saat Bekerja

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menyelingi rutinitas “duduk” di kantor dengan olahraga ringan. Kita bisa jalan-jalan di sekitar kantor, melakukan peregangan minimal tiap satu jam sekali. Bila kita lakukan setiap hari, manfaat kesehatan jangka panjangnya akan sangat terasa. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sambil bekerja di kantor demi menjaga kesehatan:

1. Lakukan Peregangan

Cara Tetap Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: newsweek.com)

Bekerja di kantor dan duduk sepanjang hari bisa sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Minimal mengalami kenaikan berat badan, aliran darah tidak mengalir dengan lancar dan sangat berisiko terkena penyakit jantung.

Hal ini dapat dicegah dengan kegiatan yang sangat sederhana yaitu dengan berdiri. Berdirilah minimal satu jam sekali untuk meluruskan tubuh yang selalu duduk. Jadi berdirilah secara rutin agar posisi duduk yang banyak dilakukan tidak berbahaya bagi kesehatan.

2. Jaga Hidrasi Tetap Baik

Cara Tetap Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: photag.com)

Selama bekerja kita tetap wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tubuh 70 persennya adalah cairan, sedangkan cairan ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Minimal, Anda wajib minum 8 hingga 10 gelas sehari.

Anda juga dapat menambahkan buah-buahan yang kaya kandungan air seperti semangka, melon, jeruk dan anggur untuk memenuhi kebutuhan cairan. Kalau Anda suka lupa minum karena terlalu sibuk bekerja, tempatkanlah botol air minum atau gelas minum di meja agar tidak jauh dari pandangan Anda.

3. Makan Teratur

Cara Tetap Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: DNAinfo.com)

Jam istirahat siang hari sekitar pukul 12.00 sampai 01.00. Makan siang wajib Anda lakukan, gunanya untuk menstabilkan tubuh melanjutkan aktivitas kerja sampai sore hari. Saat kerja janganlah melewatkan waktu makan pada siang hari, karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan banyak penyakit yang bisa timbul akibat pola makan yang tidak teratur.

Anda bisa saja terkena resiko maag dan turunnya kadar gula darah. Jadi selalu jaga dan lakukan pola makan teratur agar ada jaminan kesehatan yang didapat oleh tubuh. Pola makan yang teratur juga sebaiknya Anda lakukan di pagi hari. Biasakan juga untuk selalu sarapan sebelum berangkat kerja agar asupan di pagi hari tetap terjaga.

4. Gunakan Aromaterapi

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: kbaybolife.com)

Tahukah Anda bahwa aromaterapi sangat ampuh mengubah mood dan meningkatkan konsentrasi serta tingkat kesehatan? Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda tempatkan aromaterapi di ruang kerja sedari sekarang. Anda bisa memilih minyak esensial organik atau ramah lingkungan untuk menyegarkan ruangan. Anda hanya perlu menyesuaikan aroma yang sesuai agar pikiran tetap jernih dan terbebas dari stress. Perlu diingat bahwa stress merupakan akar permasalahan dari kondisi badan yang tak sehat.

5. Istirahat Sejenak

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Begitu selesai makan siang, masih ada sisa waktu yang bisa anda gunakan untuk bersantai. Manfaatkan waktu luang ini untuk istirahat. Anda bisa ke musholla untuk memunaikan kewajiban sambil istirahat, sembari menenangkan pikiran di sana juga tak ada salahnya. Kemudian Anda juga bisa menghabiskan waktu di kantin sambil ngonbrol dengan rekan kerja. Yang terpenting, jangan biarkan pikiran Anda terus terpacu oleh beban pekerjaan tanpa ada istirahat sama sekali.

6. Kurangi Minum Kopi

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Ketika Anda sudah putuskan untuk memperbanyak konsumsi air putih, memang tidak ada salahnya bila Anda tetap meminum kopi. Hanya saja jumlahnya perlu dikurangi sedari sekarang. Kecanduan kopi sangat tidak baik untuk kesehatan. Cobalah hanya meminum kopi segelas kecil sehari. Itupun sebaiknya hilangkan gula dan krim saat minum kopi dengan tujuan untuk menjaga kalori Anda.

7. Lakukan Olahraga Ringan

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: wotscore.com)

Siapa bilang di ruang kantor tak bisa berolahraga? Anda bisa lakukan olahraga ringan dengan cukup lakukan peregangan otot biar tubuh merasa lebih rileks. Apalagi saat ini banyak perusahaan kecil atau industri kreatif yang menyediakan fasilitas olahraga kecil seperti tennis meja, foosball, dan lain-lain. Selain itu bisa juga Anda lakukan dengan jalan melalui tangga ketimbang menggunakan lift. Tak ada salahnya jalan-jalan sebentar di sekitar kantor sambil melihat pemandangan taman kantor.

8. Tempatkan Tanaman di Meja Kerja

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Cara hidup sehat saat bekerja lainnya yaitu dengan menaruh beberapa tanaman hias kecil di atas meja kerja. Namun kalau meja Anda sempit, Anda juga bisa atur tanaman supaya menempel di dinding. Fungsinya tak hanya memperindah ruangan saja, melainkan juga bisa mengurangi tingkat stress Anda. Bahkan juga bisa mengurangi beberapa penyakit ringan seperti batuk, kulit kering dan sakit kepala. Menurut penelitian di Swedia, tanaman dalam ruangan cukup baik dalam menyerap racun dan menggantinya dengan oksigen.

9. Bersosialisasi dengan Kolega

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Jalan-jalan di sekitar kantor tak hanya buat tubuh Anda semakin sehat, Anda juga bisa manfaatkan moment itu untuk bersosialisasi dengan kolega. Manfaatkan momen ini untuk sambil menambah wawasan Anda berdiskusi bersama rekan. Cara ini juga efektif untuk mendekatkan Anda dengan kolega dan dapat menjadi partner kerja yang baik. Perlu diingat bahwa akan ada hubungan yang lebih personal tercipta saat Anda ngobrol santai dengan kolega.

10. Jaga Kebersihan Diri dan Area Kerja

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Percaya atau tidak, meja kerja mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan dudukan toilet. Untuk itu Anda wajib menjaga kebersihannya secara teratur, misalnya dengan membersihkan keyboard Anda rutin seminggu sekali. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan diri Anda. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan jangan sampai jadi hal yang terlupakan, ya!

11. Bawa Makan Siang Sendiri

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: hellosehat.com)

Kalau Anda mau hidup lebih sehat lebih baik, membawa bekal dari rumah juga jadi hal yang tepat dilakukan. Anda bisa bawa menu makan siang yang lebih sehat ketimbang apa yang tersedia di kantin. Misalnya, Anda bisa bawa ayam rebus atau ikan, lalapan, sambal, nasi merah atau roti gandum utuh adalah contoh menu sederhana yang sehat. Ini lebih baik ketimbang Anda memesan gulai ayam berlemak beserta kikil atau jeroan berkuah santan seperti di rumah makan pada umumnya.

12. Hindari Camilan Tak Sehat

Cara Hidup Sehat Saat Bekerja

(Image: Pexels.com)

Kalau sudah bawa makanan sehat dari rumah, sebaiknya hindari pula menu camilan yang tidak sehat. Kebiasaan ngemil makanan yang tidak sehat di tempta kerja sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan. Lebih baik ganti dengan camilan sehat semacam sayuran, buah-buahan atau makanan sehat lainnya.

Hidup sehat sebenarnya sangat sederhana, hanya saja kita sering mengabaikannya. Untuk itu, mari mulai dari diri sendiri menyebarkan virus-virus kebaikan untuk rekan kerja kita dan kita aplikasikan sedari sekarang. Semoga hidup jadi lebih produktif dan bermanfaat! (Source: liputan6.com)