12 Gerakan Yoga di Kantor yang Bisa Anda Lakukan di Ruang Kerja

Gerakan Yoga di Kantor

Setiap harinya, kita akan menghabiskan waktu delapan hingga sepuluh jam tiap hari untuk bekerja di kantor. Rasa lelah, stress dan jenuh menjadi hal yang pasti menghinggapi para pekerja. Tak terkecuali juga rasa kaku yang terjadi pada beberapa bagian tubuh. Terutama yang menjadi beban selama duduk, biasanya efek yang paling terasa adalah tidak lancarnya aliran darah.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan beryoga. Yoga merupakan aktivitas olah tubuh serta pikiran yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan serta pernapasan untuk meningkatkan kualitas fisik dan juga mental.

12 Gerakan Yoga di Kursi

Menariknya, yoga ternyata tidak membutuhkan tempat khusus atau area yang luas, Anda dapat melakukannya cukup di kursi kantor atau bahkan di sela-sela waktu sibuk bekerja. Lalu, apa saja gerakan yoga di kantor tersebut?

1. Sit Pose

Gerakan Yoga di Kantor
Image: Pinterest

Gerakan pertama yang sangat mungkin Anda lakukan di kantor adalah sit pose. Sesuai namanya, sit pose adalah gerakan di mana Anda hanya perlu duduk dengan tegak dan rileks kemudian tarik nafas perlahan. Anda tidak perlu berdiri atau berpindah posisi duduk, cukup tegakkan badan Anda dan bernafas pelan – pelan. Dengan begitu Anda akan merasa lebih rileks dan fresh.

2. Stretch

Gerakan Yoga di Kantor
Image: k-mark.co.za

Berikutnya adalah gerakan upgrade dari sit pose. Yaitu stretch pose di mana dengan tetap mempertahankan posisi semula, perlahan angkat tangan keatas hingga bertemu di atas kepala, kemudian luruskan punggung dan tarik nafas pelan – pelan hingga 5 tarikan nafas.

Gerakan ini berguna dalam merenggangkan kembali otot tubuh bagian atas yang kelelahan bekerja dan tentu saja dapat kembali merilekskan pikiran kita sehingga kita dapat bekerja dengan lebih produktif.

3. Side stretch

Gerakan Yoga di Kantor
Image: note.taable.com

Gerakan yoga selanjutnya yang dapat Anda lakukan di kantor adalah side stretch. Gerakan ini merupakan pose berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan ke samping hingga merasa tubuh Anda mengalami peregangan.

Untuk melakukannya, arahkan kepala ke arah berlawanan serta jaga posisi mata Anda untuk lurus kesamping. Kemudian tarik nafas pelan – pelan dan ulangi hingga 2-5 kali tarikan napas. Lakukan hal yang sama untuk masing – masing sisi tubuh. Gerakan ini akan berguna untuk meregangkan otot – otot yang kaku selama bekerja.

4. Frame

Gerakan Yoga di Kantor
Image: freewechat.com

Keempat, gerakan yoga di kantor yang dapat Anda ikuti adalah frame. Sesuai dengan nama yang diberikan, gerakan ini membuat Anda seakan membingkai kepala dengan tangan Anda sendiri.

Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat kedua tangan kemudian tekuk hingga posisi siku berada tepat di samping kepala. Lalu kaitkan jemari Anda dengan tangan lainnya sehingga posisi siku tetap terjaga. Lakukan gerakan ini dengan 5 kali tarikan napas pelan.

5. Eagle Twist

Gerakan Yoga di Kantor
Image: yogajournal.com

Gerakan ini merupakan gerakan yang paling sering dilakukan. Sesuai dengan namanya, gearakan ini mengharuskan Anda memposisikan tangan terpilin satu sama lain kemudaian angkat kedua tangan hingga berada tepat di depan wajah Anda.

Karena gerakan ini biasanya diikuti dengan posisi kepala yang mendongak, gerakan ini disebut eagle twist. Jangan lupa untuk menarik napas pelan – pelan hingga 5 kali tarikan napas.

6. Supported Chair Pose

Gerakan Yoga di Kantor
Image: note.taable.com

Berikutnya adalah gerakan yang memanfaatkan kursi serta meja kerja Anda. Gunakan meja sebagai medium tumpuan, kemudian gunakan kaki depan sebagai tumpuan dan tekuk lutut anda hingga pantat dan menyentuh kursi dibelakang Anda kemudian pelan – pelan berdiri lagi disertai dengan tarikan nafas pelan. Ulangi gerakan itu hingga paling sedikit 5 kali tarikan nafas.

(Baca Juga: Cara Sehat Pekerja Kantoran, Cukup 5 Menit Yoga di Meja Kerja Anda)

7. Forward Bend

Gerakan Yoga di Kantor
Image: netchanting.com

Gerakan ini termasuk salah satu gerakan yang sulit dilakukan. Di mana gerakan ini mengharuskan Anda menyentuh bagian jari kaki dengan posisi berdiri tegak. Bagi pemula, masih diperbolehkan untuk menekuk lutut hingga jari tangan Anda dapat menyentuk jari kaki.

Caranya adalah dengan menekuk tubuh ke bawah hingga Anda dapat menyentuh jari kaki dan tarik napas dalam – dalam sebanyak 3-5 kali tarikan napas.

8. Seated cat and Cow

Gerakan Yoga di Kantor
Image: youresopretty.com

Gerakan selanjutnya yang mungkin Anda lakukan di kantor saat bekerja adalah seated cat and cow, yaitu gerakan dengan meletakkan kedua tangan di paha dengan posisi duduk tegak dan menekuk kepala ke arah bawah dan atas selama beberapa kali sambil diikuti tarikan napas.

9. Seated simple twist

Gerakan Yoga di Kantor
Image: blog.paleohacks.com

Masih memanfaatkan kursi, Anda juga bisa mengikuti gerakan bernama seated simple twist. Di sini, Anda memutar tubuh ke arah kanan dan kiri secara bergantian dengan posisi duduk tegak dengan tarikan nafas pelan. Lakukan gerakan itu beberapa kali, minimal 5 kali perpindahan posisi.

10. Breath of fire

Gerakan Yoga di Kantor
Image: corewalking.com

Lakukan gerakan ini dengan posisi duduk tegak pada kursi Anda, kemudian angkat tangan ke atas hingga membentuk segitiga dan katupkan kedua tangan. Ketika Anda melakukan gerakan ini, lakukan ini dengan mengambil nafas besar kemudian keluarkan seperti ketika Anda meniup lilin. Gerakan ini akan memperlancar aliran darah ke otak.

11. Tree Pose

Gerakan Yoga di Kantor
Image: kievcheckin.com

Gerakan ini mirip dengan bentuk pohon yang biasa kita lihat. Untuk melakukan gerakan ini, caranya adalah dengan berdiri tegak, kemudian letakkan pergelangan kaki kanan pada paha atau betis kiri. Ulangi secara begantian untuk kedua kaki dan pertahankan posisi tersebut selama 2-3 menit untuk setiap kaki.

12. Chair Savasana Pose

Gerakan Yoga di Kantor
Image: Pinterest

Gerakan yoga di kantor ini merupakan gerakan pendinginan di kelas yoga. Pejamkan mata, duduk tegak, posisi kaki tetap menyentuh lantai kemudian letakkan tangan pada pangkuan. Tahan pose ini beberapa detik dan nikmati prosesnya.

Itulah beberapa gerakan yoga di kantor yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menangani rasa lelah dan stress selama bekerja. Anda juga bisa terapkan gerakan ini di rumah berkat gerakan yang simple dan mudah. Mari mulai hari Anda dengan kegiatan yang tetap sehat. (Source: womantalk.com)