15 Peralatan Kantor Unik Yang Bisa Tingkatkan Mood Bekerja Anda

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Membangun hubungan baik dengan sesama rekan kerja, membuat tampilan ruang kerja sebagai layaknya kafe seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan start-up kenamaan, dan yang tak kalah menarik adalah membuat visual ruang kantor tertata rapi dan nyaman.

Peralatan Kantor yang Unik

Bila Anda masuk dalam kategori orang yang unik dan personal, tak ada salahnya menyediakan peralatan kantormu sendiri. Jadi selain bisa kamu gunakan untuk kerja, peralatan kantor tersebut bisa pula kamu gunakan untuk menghibur diri sekaligus sebagai mood booster. Berikut beberapa peralatan kantor unik yang bisa jadi pilihan kamu.

1. Notebook Unik

Peralatan Kantor Unik

(Image: Pixabay.com)

Meski banyak orang memilih menuangkan catatannya di laptop atau ponsel, tetap tak ada salahnya menggunakan notebook sebagai salah satu perlengkapan kantor. Sifatnya yang praktis dan terlihat menarik menjadi salah satu alasan utama kenapa masih banyak orang yang tetap menggunakan notebook saat ini.

Anda bisa pilih beberapa jenis notebook, bisa memilih yang punya ukuran kecil, super kecil dan masuk saku, atau yang standar. Kamu juga bisa memilih notebook dengan cover yang bisa kamu bentuk dan lukis sendiri.

2. Sticky Note Gulung

Peralatan Kantor Unik

(Image: odditymall.com)

Alternatif lain bila Anda tak suka dengan notebook bisa menggantinya dengan sticky note. Tapi jangan biarkan juga tampilan sticky note Anda biasa-biasa saja. Untuk itu Anda dapat menggunakan jenis sticky note gulung yang bisa ditarik dan potong sesuai ukuran yang diperlukan. Dengan begini Anda dapat meminimalisir penggunaan yang berlebihan atau mubazir. Umumnya ukuran satu roll sticky note ini bisa berukuran 5 inci x 1.75 inci.

3. Block Calendar

Peralatan Kantor Unik

(Image: magnolia.com)

Menemukan kalender kertas di atas meja kerja itu biasa. Bagaimana dengan kalender kayu yang berbentuk block? Itu baru tak biasa. Cukup hanya bermodalkan kayu, Anda bisa dapatkan kalender block yang bisa Anda lukis dengan warna dan tema yang disuka. Keunggulannya produk ini bisa Anda gunakan sepanjang waktu meski telah berganti tahun dan bulan. Bentuk mungilnya pun enak di pandang mata.

4. Meja Kertas

Peralatan Kantor Unik

(Image: poppin.com)

Makin asyik dan produktif kalau di dalam ruang kerja Anda ada meja kecil yang terbuat dari kertas. Di meja tersebut Anda dapat bebas menulis apapun, termasuk menuangkan ide-ide langsung di atas meja kertas. Ketika sedang meeting bersama rekan kerja pun, Anda bisa tuliskan dengan leluasa tanpa khawatir merasa mencoret-coret meja.  Kalau sudah penuh, tinggal buka tumpukan berikutnya dan meja kembali bersih lagi.

Ada pula jenis meja yang beralaskan whiteboard, di mana Anda dapat langsung menulis di atas meja menggunakan spidol. Jenis meja ini mulai kerap digunakan perusahaan-perusahaan kreatif dan juga startup. Fungsinya yang efektif dan efisien menjadi daya tarik jenis meja seperti ini.

5. Sticky Note Error

Peralatan Kantor Unik

(Image: AliExpress.com)

Kembali lagi ke ide peralatan kantor unik berupa sticky note. Ide kali ini bisa bertujuan untuk ajang seru-seruan dengan teman kantor Anda. Sticky note error ini memiliki tampilan seperti sistem error yang terjadi pada komputer. Nah Anda dapat menempelkannya pada layar komputer seakan terlihat error. Barang ini juga sangat berguna untuk Anda yang tak ingin komputer atau laptop Anda ada yang menyentuh saat sedang tak berada di ruangan.

6. Hammock untuk Kaki

Peralatan Kantor Unik

(Image: lotmoredeals.com)

Ide yang satu ini super-super kreatif. Bisa untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas dan juga kenyamanan saat kerja, namanya Hammock kaki. Peralatan kantor ini bertujuan untuk mengistirahatkan dan membuat kaki merasa nyaman saat duduk bekerja. Jadi kaki bisa bergelantungan di Hammock biar makin betah meski harus berlama-lama bekerja di depan komputer. Terutama untuk Anda yang rutin memiliki jam kerja lembur setiap harinya, benda satu ini terlihat sederhana tapi sangat berarti untuk kenyamanan bekerja Anda!

7. Desk Organizer

Peralatan Kantor Unik

(Image: amazon.com)

Sangat tak menyenangkan dipandang bila melihat berbagai peralatan dan perlengkapan kantor berserakan. Anda bisa gunakan desk organizer, alat kantor yang membuat meja kerja Anda terorganisir dengan rapi. Anda juga dapat membuat alat ini sendiri, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jar atau kotak yang tak terpakai, kemudian ditempel menyatu hingga menyekat seperti ini.

8. Wall Organizer

Peralatan Kantor Unik

(Image: patahome.com)

Kalau tak ingin meletakkan alat-alat kantor berserakan di meja, Anda bisa pula buat wall organizer yang unik di dinding. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki meja kerja kecil, sedangkan barang atau dokumen menumpuk. Wall organizer membuat peralatan kerja kantor Anda tersusun rapi di dinding. Kemudian untuk mempercantik tampilan, Anda bisa gunakan wall organizer dari kayu atau dari bahan kulit.

9. Patches Chair

Peralatan Kantor Unik

(Image: arredatutto.com)

Kalau Anda bosan dengan kursi yang biasa-biasa saja di ruang kerja, cobalah menghiasi bagian belakangnya dengan patch. Sederhana sih memang, tetapi ini bisa membuat tampilan kursi Anda berbeda dengan yang lainnya. Anda juga bisa mengecat ulang kursi. Siapa tahu kreativitas dapat langsung keluar setelah ide tersebut berhasil dieksekusi.

10. Jam Dinding

Peralatan Kantor Unik

(Image: AliExpress.com)

Money is time, katanya. Memang benar, kalau Anda kerja lupa waktu bisa jadi kerjaan Anda jadi keteteran dan fisik ikut drop. Biar Anda tetap ingat waktu, tak ada salahnya ubah jam dinding menjadi lebih menarik. Anda bisa menghiasinya menggunakan confetti dengan warna-warni potongan kertas untuk menjadi penanda unik. Bisa pula di kertas kecil tersebut Anda tulis agenda kamu pada setiap jamnya. Dengan begitu seharusnya Anda akan selalu ingat waktu.

11. Coffee Mug Warmer

Peralatan Kantor Unik

(Image: bedbathandbeyond.com)

Bagi sebagian orang, rasanya selalu ada yang kurang jika tak memulai hari tanpa kopi. Apalagi saat mau memulai kerja, membuat kopi jadi hal pertama yang wajib dilakukan dalam kantor. Nah ada satu alat yang wajib dimiliki para penikmat kopi di kantor, yaitu coffee warmer portable. Inovasi cangkir ini berguna untuk menghangatkan terus kopi Anda kapanpun dan dimanapun.

12. Dry Erase Board

Peralatan Kantor Unik

(Image: The Home Depot)

Hampir semua ruang kerja memiliki papan tulis kecil sebagai pengingat. Untuk pilihan peralatan kantor unik kali ini, Anda dapat memilih Dry Erase Board. Papan tulis kecil ini bisa Anda gunakan untuk menuliskan to-do list, tempat menyampaikan pesan bila sedang tak berada di ruangan, dan fungsi lainnya. Anda juga dapat mengkreasikan papan tulis dengan menambahkan frame supaya terlihat seperti frame atau penghias dinding Anda.

13. Magnetic Holder

Peralatan Kantor Unik

(Image: Lollipop Studio)

Jangan biarakan paper clip, pin dan benda-benda kecil lainya berserakan di meja hingga akhirnya hilang satu persatu. Lebih baik gunakan magnetic holder yang bisa membuat barang-barang berbahan logam tetap pada tempatnya.

14. Desk Cup Holder

Peralatan Kantor Unik

(Image: waycoolgadgets.com)

Terkadang menaruh kopi di atas meja berbarengan dengan tumpukan barang dan dokumen bisa jadi hal yang merepotkan. Pasalnya, air kopi yang menempel di meja bisa membuat barang lainnya jadi ikut kotor. Ada pula inovasi yang memudahkan kehidupan Anda di kantor, yaitu dengan desk cup holder. Anda dapat menempelkannya ke sisi meja dan menaruh gelas kopi di dalam. Dengan begini, gelas kopi Anda jadi aman, begitu pula dengan barang-barang di atas meja.

 

15. Card Holder + Stand Hp

Peralatan Kantor Unik

(Image: Bukalapak)

Terakhir, inovasi peralatan kantor unik ini wajib Anda miliki juga. Konsepnya memang sederhana, yaitu hanya berupa card holder namun dengan tambahan fungsi untuk meletakkan smartphone, ditambah lagi design warna yang menarik.

Tertarik untuk memiliki salah satu peralatan kantor unik di atas? Pilihan ini memang hadir dengan inovasi yang menarik, ditambah fungsi yang semakin memudahkan pekerjaan Anda di kantor. Coba berburu benda tersebut dari sekarang, hampir semua pilihan di atas dijual juga di Indonesia!