25 Perusahaan Indonesia Yang Ekspansi Produk Hingga ke Luar Negeri

Jangan heran bila negara ini masuk dalam jajaran The Group of Twenty (G-20). G20 adalah organisasi dunia yang terdiri dari 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah Uni Eropa. Indonesia bahkan menempati posisi ketiga sebagai yang negara dengan pertumbuhan perekonomian terbaik di bawah India dan Tiongkok. Salah satu pemeran utama yang tak boleh dilupakan adalah perusahaan besar di Tanah Air.

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

Saking besarnya, beberapa perusahaan berikut berhasil merambah ke negara lain. Produknya diterima dengan baik di beberapa negara. Tak cuma Asean dan Asia saja, melainkan juga sampai ke Afrika. Di sana, mereka bahkan punya kantor. Mana saja perusahaan tersebut? Berikut daftarnya.

1. PT Indofood Makmur

Perusahaan Indonesia ekspansi ke Luar Negeri

(Image: Netral News)

Jajaran teratas ada di PT Indofood Makmur yang memproduksi makanan paling terkenal di Indonesia, salah satunya Indomie. Makanan instan yang terjangkau untuk semua kalangan dengan rasa yang lezat ini berhasil masuk ke beberapa negara tetangga.

Perusahan yang telah didirikan sejak 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim ini tak hanya memiliki Indomie saja, adapun produk lain seperti Lay’s, Chitato, Segitiga Biru, Palmia, Bimoli, Pepsi dan puluhan produk lainya. Perusahaan ini telah memiliki pabrik di Malaysia, Nigeria, Afrika dan beberapa negara lainya. Maka tak heran bila selain di Indonesia, Anda juga bisa temukan produk perusahaan ini.

2. Traveloka Indonesia

Perusahaan Indonesia ekspansi ke Luar Negeri

(Image: Traveloka)

Merupakan salah satu nama perusahaan yang terkenal di generasi millennial. Untuk orang yang hobi travelling, Traveloka adalah nama yang begitu familiar. Iklannya dengan mudah dijumpai di beberapa platform media seperti televisi, internet, YouTube, dan lain-lain. Tapi di balik itu, tahukah Anda bahwa traveloka adalah perusahaan Indonesia yang bisa menembus pasar hingga ke luar negeri dan bahkan pernah mendapatkan total investasi sebesar Rp 6,75 Triliun.

Dengan Layanan Traveloka yang ditawarkan, aplikasi ini nyatanya bisa dengan mudah Anda temui juga di negara lain seperti negara Malaysia, negara Singapura, negara Filipina, negara Thailand, dan negara Vietnam.

3. PT Garuda Food

Perusahaan Indonesia ekspansi Hingga ke Luar Negeri

(Image: Garuda Food)

Perusahaan yang memiliki lebih dari satu produk  yang sering anda temui di Pusat perbelanjaan. Membuat anda tidak akan asing lagi dengan PT Garuda Food, perusahaan ini juga berasal dari Indonesia tapi telah merambah ke pasar internasional. Bahkan kantornya juga ada di luar negeri.

Banyaknya produk berkualitas yang dihasilkan oleh PT Garuda Food membuat perusahaan ini mampu menembus pasar global. Produknya di india juga sangat diterima oleh masyarakat di sana.  Demi memperkuat posisinya perusahaan tersebut menjalin kerjasama dengan perusahaan Tiongkok.

4. Martha Tilaar Group

Perusahaan Indonesia ekspansi ke Luar Negeri

Perusahaan yang bergerak dengan produk kecantikan alami ini tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi menembus market global lebih luas. Dengan produk kecantikan yang terbuat dari bahan asli Indonesia, produk ini menjadi nilai plus yang dipercaya bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sendiri. Bahkan berkat melambungnya produk hingga ke luar negeri, diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia pula.

Martha tilaar telah memasarkan produk ini ke sepuluh negara di Asia Pasifik. hingga akhirnya berbagai produknya dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat.

(Baca Juga: Inilah 21 Perusahaan Indonesia dengan Predikat Tempat Kerja Terbaik di Asia 2018)

5. PT iGrow Resources Indonesia

Perusahaan Indonesia ekspansi hingga ke luar negeri

(Image: AppAdvice)

Bertani kini bisa dilakukan dengan mudah. Startup iGrow menawarkan investasi dengan membeli lahan dan pohon pada aplikasi tersebut. Dengan cara mendaftar yang mudah maka investor bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar. Lahan dan pohon yang dibeli tentu akan dikelola oleh petani dan tenaga handal lainnya.

Meskipun termasuk perusahaan baru, namun nyatanya start up iGrow juga sudah dikenal hingga ke luar negeri dan akan terus berkembang dengan memperluas lahan. Dengan begini, diharapkan pengguna akan lebih mudah dalam berinvestasi nantinya.

6. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa

Perusahaan Indonesia Ekspansi Hingga ke Luar Negeri

(Image: Daily Social)

Berikutnya, perusahaan Indonesia yang berhasil hingga ke luar negeri adalah dari PT Apalikasi Karya Anak Bangsa. Melalui aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa yaitu GO-JEK, perusahaan ini terus berkembang pesat dan menunjukan eksistensinya setiap tahun. Sampai-sampai perusahaan ini masuk dalam jajaran Unicorn Startup atau startup yang memiliki nilai jual tinggi berkisar sekitar $1 milyar. Karena kesuksesan inilah maka GO-JEK juga memperluas jangkauan hingga membuka kantor perwakilan di Siingapore, India, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

(Baca juga: Inilah 10 Perusahaan di Indonesia yang Meraup Pendapatan Fantastis di Tahun Ini)

7. PT JCO Donut & Coffe

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

(Image: JCO Donut)

Bagi pecinta kuliner tentu nama JCO Donut & Coffe Sudah tidak asing lagi tentunya. Melihat dari namanya banyak masyarakat Indonesia mengira ini adalah produk luar negeri padahal merupakan produk asli dari anak bangsa Indonesia. Bahkan cabangnya saat ini sudah ekspansi ke Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Filipina.

8. PT Insera Sena

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

(Image: Bicycles Online)

Pernah berjumpa dengan sepeda merk polygon. Beberapa orang mengira ini bukan merupakan produk Indonesia. Namun tahukah anda bahwa sepeda Polygon merupakan produk yang berasal dari Indonesia dengan tetap fokus untuk memberikan kualitas sepeda terbaik. Produknya kini juga telah tersebar lebih luas di 62 negara di dunia.

9. Tokopedia

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

(Image: bogor.net)

Start up dari perusahaan Indonesia satu ini termasuk marketplace terbesar di Indonesia. Namun tidak hanya dalam negeri, salah satu perusahaan Indonesia yang ekspansi ke luar negeri ini juga turut mencoba peruntungan di Thailand.

Situs yang disajikan dari Tokopedia seperti kemudahaan dalam berbelanja atau belanja online. Bahkan telah membuat Tokopedia menerima investasi dari perusahaan Alibaba sebesar US $1,1 Milyar.

10. PT BNI Multi Finance

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

(Image: webbisnis.com)

Perusahaan yang punya net profit Rp 11 triliun ini juga merambah ke dunia internasional dan berhasil membuka kantor cabang di beberapa negara. Bank yang dikenal sebagai salah satu yang tertua di Tanah Air ini berhasil membuka 5 kantor cabang di luar negeri, seperti Singapore, New York, dan Cayman Islands.

Beberapa anak cabang PT BNI Tbk adalah BNI Remittance Limited, PT Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT BNI Multi Finance, PT Pembiayaan Artha Negara, PT Bina Usaha Indonesia, dan PT Asuransi Tri Pakarta.

11. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Perusahaan Indonesia Ekspansi ke Luar Negeri

(Image: Wikipedia)

Salah satu BUMN milik negara yang sangat berhasil. Saking hebatnya perusahaan yang dulu bernama PT Semen Gresik Tbk berhasil memiliki pabrik di Vietnam.

Kini Semen Indonesia telah memiliki beberapa produk yang terkenal misalnya Semen Portland Tipe 1, Semen Portland Tipe 5, Semen Portland Tipe 2, Semen Portland Tipe 3, Special Blended Cement, dan Portland Pozzolan Cement. Di Indonesia, pebriknya sudah ada di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

 

Selain 11 perusahaan di atas, masih ada beberapa perusahaan Indonesia yang ekspansi ke luar negeri. Sebut saja:

12. PT Niramas Utama

13. Bio Farma

14. Kelola Mina Laut (KLM)

15. Sido Muncul

16. PT Mega Andalan Kalasan (MAK)

17. ABN

18. Telkom Indonesia

18. Garuda Indonesia

19. Kalbe Farma Tbk.

Sedangkan beberapa perusahaan lain dari kalangan startup terdiri dari:

20. HijUp

21. eFishery

22. PicMix

23. Adskom

24. Bride Story

25. Investree

Dengan begini tak ada alasan lagi untuk meragukan bangsa ini akan menjadi salah satu jajaran bangsa besar dengan perekonomian kuat di dunia. Semoga lekas tercapai!