4 Tips Mendesain Kantor Kecil

Konsep minimalis tidak sedang menjamur di hunian atau tempat tinggal pribadi saja. Kini, desain tersebut juga banyak diaplikasikan ke kantor dan juga gedung pemerintahan. Konsep kantor minimalis kini seakan menjadi pilihan dari banyak perusahaan untuk mendesain kantornya. Hal ini juga dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memanfaatkan lahan kantor yang tidaklah terlalu luas. Sehingga, seluruh karyawan dan juga klien yang berkunjung dapat menikmati suasana kantor yang nyaman, namun tetap profesional. Desain kantor minimalis dapat membuat suasana kerja juga semakin produktif karena desain ini dapat menciptakan suasana yang lega dan lapang. Berikut adalah langkah dan tips mendesain kantor kecil yang dapat dilakukan untuk mendesain kantor kecil dengan nuansa modern minimalis.

Jadi, ruangan kantor yang terbatas bukan alasan untuk membuat suasana kantor menjadi tidak kondusif. Karena luas ruangan bisa disiasati dengan beberapa cara sehingga tetap menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Tips Tips Mendesain Kantor Kecil

Sekat Non-Permanen

Sekat non-permanen dapat digunakan dan dijadikan pilihan untuk kantor yang tidak terlalu luas. Dengan menggunakan sekat ini, nantinya karyawan akan tetap dapat saling berkomunikasi dengan baik, tanpa terhalang dinding penuh. Pilihlah sekat yang memiliki tinggi sekitar 150 sentimeter atau setinggi dada orang dewasa. Jangan gunakan dinding penuh. Dengan begitu, kantor juga akan terasa lebih luas tanpa banyak penghalang.
Bahkan, jika perlu, hanya gunakan sekat kepada beberapa unsur pimpinan saja. Jangan gunakan untuk seluruh karyawan. Konsep tips mendesain kantor kecil ini membuat kantor seakan lebih terbuka dan tidak sumpek.

Furnitur Sederhana

Gunakan furnitur yang dari segi ukuran dan desainnya sederhana. Dengan begitu, furnitur akan lebih mudah diatur dan didekorasi. Cobalah untuk menggunakan furnitur dengan bentuk persegi empat. Jangan gunakan furnitur yang memiliki geometri dan bentuk terlalu rumit, karena akan sulit untuk menata furnitur tersebut. Sementara furnitur dengan bentuk bulat akan memakan lebih banyak ruang.

Gunakan Meja Bersama

Jika memang karyawan membutuhkan privasi ketika bekerja, kantor bisa didesain dengan menggunakan kubikel meja. Staf karyawan biasanya tidak membutuhkan ruangan sendiri, sehingga meja model ini dapat dijadikan pilihan. Namun jika memang tidak terlalu mendesak, maka tidak perlu menggunakan konsep ini dan Anda bisa menggunakan meja bersama. Dengan begitu, suasana kerja akan lebih terasa dekat antar karyawan. Komunikasi juga lebih mudah untuk dilakukan.

Wallpaper Menggambarkan Perusahaan

Gunakanlah wallpaper yang sesuai untuk kantor Anda. Pemilihan wallpaper kantor sama dengan intinya sama dengan memilih wallpapaer di dalam ruangan rumah minimalis. Untuk menyiasati ruang, pilihlah wallpaper yang memiliki motif kecil atau bergaris vertikal. Desain wallpaper tersebut dapat membantu membuat ruangan seakan lebih luas. Selain itu, pastikan juga anda memilih warna dominan wallpaper yang sesuai dengan konsep dan identitas perusahaan Anda. Paling mudah adalah dengan memilih wallpaper dengan warna yang menggambarkan perusahaan Anda. Hal ini dapat memberikan kesan profesional untuk kantor Anda.