5 Keuntungan Memilih Virtual Office untuk Bisnis Anda

Seperti kita ketahui, virtual office menjadi konsep yang sangat diminati oleh para pelaku usaha, terutama pelaku startup di Indonesia. Virtual office sendiri merupakan sebuah layanan yang menawarkan penyewaan alamat kantor tanpa ditempati oleh penyewa. Tidak ada penyewaan ruang fisik dalam layanan ini. Biasanya perusahaan seperti ini hanya membutuhkan domisili alamat atau nama PT tersebut untuk kejelasan perusahaan dan kebutuhan administrasi.

Konsep seperti ini memang bersahabat dengan kebutuhan startup di mana segala kebutuhan dapat berjalan dengan efektif dan fleksibel. Upaya penekanan biaya menjadi salah satu keuntungannya. Bahkan Anda dapat memangkas biaya operasional hingga 90% dibanding penyewaan ruang fisik kantor (serviced office). Oleh karena itu tak heran jika layanan ini memiliki ragam keuntungan.

Mari simak ulasan keuntungan memilih virtual office untuk bisnis Anda.

 

1. Menghemat Biaya Operasional

Keuntungan Memilih Virtual Office

(Image: procura.id)

Seperti yang dijelaskan di awal, layanan ini sangat ramah akan biaya operasional suatu perusahaan. Apalagi jika melihat harga sewa kantor di Jakarta tengah mengalami kenaikan yang melambung tinggi, tentu saja layanan ini jadi solusi yang tepat terutama bagi perusahaan baru/startup. Diketahui bahwa pemangkasan biaya operasional dapat mencapai angka 90% dibanding sewa kantor konvensional. Rincian lainnya tentang penghematan biaya yaitu Anda tak perlu mengeluarkan biaya transportasi menuju kantor selama ketentuan perusahaan Anda dapat bekerja masing-masing di rumah.

 

2. Lokasi Kerja yang Flexible

Keuntungan Memilih Virtual Office

(Image: officespacesoftware)

Karena perusahaan hanya menyewa nama PT dan domisili alamat, rata-rata perusahaan yang menyewa virtual office akan memberlakukan sistem bekerja di mana saja. Lokasi kerja yang flexible ini tentu jadi keuntungan tersendiri. Tak terbatas oleh sekat-sekat ruang kantor, pemandangan yang berbeda, dan udara segar akan meningkatkan mood dan konsentrasi bekerja. Di samping itu jam bekerjanya pun ikut flexible, sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan para perusahaan baru.

 

3. Memiliki Image Perusahaan yang Baik 

Keuntungan Memilih Virtual Office

(Image: Now Jakarta)

Umumnya, suatu perusahaan akan mencari area virtual office di kawasan Central Business District (CBD). Hal ini didukung oleh lokasi yang strategis dan juga berada di kawasan elit. Kedua hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan citra perusahaan dan menjadi nilai plus tersendiri. Telah banyak gedung perkantoran yang menawarkan sewa virtual office dalam segitiga emas di Jakarta.

 

4. Fasilitas Tak Kalah Memadai

Keuntungan Memilih Virtual Office

(Image: 123RF)

Meskipun hanya menyewa alamat, namun bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan fasilitas sama sekali. Anda tetap disediakan layanan yang lengkap dan modern seperti receptionist khusus, layanan sekretaris, ruang meeting, nomor telepon khusus, fax, hingga pesan voice mail.

 

5. Domisili Alamat Resmi

Keuntungan Memilih Virtual Office

(Image: asiangreenbuildings.com)

Tujuan utama virtual office adalah penyewaan nama dan alamat kantor demi kebutuhan perusahaan. Maka dengan begini, Anda tentu mendapatkan keuntungan yang jelas di mana domisili sudah resmi dan memiliki surat perizinan yang jelas. Domisili ini sangat penting agar dapat didatangi oleh klien ataupun pengiriman dokumen penting ke alamat kantor tersebut.