5 Langkah Cepat Menghias Meja Kerja Hanya dalam Hitungan Menit

Langkah Cepat Menghias Meja Kerja

Bekerja di rumah atau di ruang kantor adalah hal lumrah yang ditemui. Para pekerja selalu mengondisikan diri sesuai dengan kemampuan dan suasana tempat kerja mereka. Sayangnya, tak semua sanggup fokus dan bersemangat ketika dihadapkan kondisi tertentu, misal meja kerja berantakan, suasana ruang kerja membosankan, dan sebagainya.

Tapi, mau sampai kapan? Bekerja tanpa gairah itu rasanya seperti zombie dengan wajah senyum yang dipaksakan. Daripada berlama-lama, cobalah rehat sejenak untuk menghias meja kerja. Berikut langkah cepat menghias meja kerja Anda.

1. Bereskan benda-benda tidak terpakai di meja kerja, pilah mana yang penting dan dibuang

Duh, berantakan gini, siapa yang tidak stres coba? (Photo by Rob Bye on Unsplash)

Biasanya para pekerja yang sibuk, sampai lupa membereskan meja kerja. Tak jarang, barang-barang yang ada di sana langsung ditumpuk begitu saja. Tak luput pula dengan kertas, sisa makanan, kabel-kabel, dan perintilan benda yang membuat meja kerja berantakan.

Sebelum beberes, tarik napas dulu. Tenangkan pikiran, atur atau set up bahwa Anda bisa menatanya dengan cepat. Setelah itu, pilih benda-benda yang Anda prioritaskan, misal catatan penting, pajangan, peralatan yang masih sering digunakan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, simpan barang-barang yang sudah dipilah, letakkan di laci penyimpanan atau wadah yang sudah ditentukan. Tata semua dengan rapi. Tidak perlu sempurna, yang penting menarik untuk dilihat. Buang semua benda yang tak terpakai. Anda juga bisa menyediakan beberapa alat sederhana yang membuat meja jadi lebih rapi, sebut saja desk organizer.

Kalau semua beres, Anda tinggal menghias-hias saja. Sudah siap?

2. Beri ruang kosong pada dinding, kubikel, atau papan di meja kerja untuk ditempel dekorasi unik

Bebaskan kreatifitas Anda di ruang kosong ini, jangan malu-malu. (Photo by Pixabay)

Ada beragam alternatif aneka benda dekorasi untuk langkah ini. Anda bisa tempel pajangan foto orang terkasih, sticky notes warna-warni, kalender estetik, foto keluarga, dan sebagainya. anda juga bisa pilih tanpa memasang apapun alias kosong, setidaknya bakal terlihat bersih.

Sesuaikan dekorasi dengan kepribadian, warna favorit, lebar meja, warna ruangan, dan tata letak pencahayaan. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menghias meja kerja.

Langkah ini cukup tricky, karena bisa mempengaruhi mood dan fokus kerja Anda. Jadi, pertimbangkanlah dengan matang.

Kalau Anda bingung soal bagaimana mendesainnya, Anda bisa cari informasi di internet. Sewakantorcbd.com misalnya, beberapa kali mengulas soal desain ruang kantor yang menarik.

3. Supaya meja kerja Anda sehat, tambah tanaman hijau agar terlihat bernapas. Yang asli ya, bukan artifisial

Segarkan meja kerja dengan tanaman hijau. (Photo by Justin Veenema on Unsplash)

Tanaman hijau ini adalah tanaman yang khusus ditaruh di ruangan, atau disebut juga tanaman indoor. Anda bisa meletakkannya di sudut meja kerja, ditempel dengan magnet, bahkan digantung.

Untuk pilihan tanaman indoor, misalnya sukulen mini, terarium, lidah buaya mini (aloe vera), sirih gading, atau kaktus cocok dihias di meja kerja Anda.

Gunanya, tanaman ini memberikan sirkulasi udara seimbang di ruangan. Ketika tanaman mengeluarkan oksigen, maka udara yang dihasilkan baik untuk pernapasan Anda. Kondisi udara di ruang kerja biasanya memang tak begitu baik bila terus dihirup, bukan? Maka tanaman inilah yang menjadi penyeimbang.

Tidak hanya itu, ketika Anda nyaris seharian terpapar sinar radiasi, baik laptop atau gawai pintar, zat hijau daun atau klorofil ini bisa menjadi terapi bagi mata. Anda akan merasakan sensasi sejuk ketika memandangnya. Lakukan ini secara rutin selama 15 menit tiap Anda rehat.

Jangan lupa disiram, ya, agar tidak layu. Tanaman indoor tidak begitu menyusahkan, kok, cukup sekali sehari siram saja.

4. Beri aksen hangat di meja kerja, seperti lampu meja berwarna oranye

Lampu meja untuk mencerahkan suasana lembur Anda, tanpa kesepian! (Photo by Alexa Mazzarello on Unsplash)

Lampu meja sebenarnya hanya pelengkap saja. Bila di ruangan kerja sudah memenuhi standar, maka lampu meja ini bermanfaat untuk penerangan saat melihat benda-benda lebih detail.

Ketika Anda lembur, tentu beberapa lampu ruangan akan dimatikan. Nah, lampu meja ini yang membantu terangi meja kerja. Aksen hangat lampu meja, khususnya yang berwarna sedikit oranye membuat Anda melek ketika lembur. Pun membuat Anda tenang saat lembur yang sepi.

5. Bila Anda termasuk yang relijius, tambahkan saja ornamen doa atau semacamnya

Doa-doa yang berisi harapan, gantungkan saja di meja kerja Anda. Dijamin tambah semangat! (Photo by Lennart Jönsson on Unsplash)

Bila Anda termasuk yang relijius, akan klop sekali bila ditambahkan dengan kaligrafi doa atau ayat suci Al-Quran. Bisa juga menggantung rosario mini di sudut atau di tengah meja kerja Anda.

Ornamen atau gantungan ini untuk memacu semangat bekerja karena Tuhan. Bukankah adagium “ora et labora” atau bekerja sambil berdoa itu sangat melekat di kehidupan?

Tapi, sesuaikan juga dengan ukuran meja Anda. Terlalu besar justru mengganggu konsentrasi Anda, bahkan mengurangi kesempatan untuk menambah dekorasi di meja kerja.

Lima langkah menghias kerja ini cukup mudah dilakukan bagi Anda yang sibuk bekerja. Tidak perlu ribet, tidak perlu sempurna agar Anda tidak merasa terbebani. Anda bisa menatanya dengan cepat, pun ketika membereskan juga lebih selektif.

Bagaimana, sudah siap untuk menghias meja kerja Anda? Yuk, dimulai saja dari sekarang! (Source: Tribun Jambi)