5 Trik Mendekorasi Kantor Agar Terlihat Profesional

Jadikanlah kantor sebagai rumah kedua. Hal ini kerap diutarakan para pemimpin perusahaan kepada karyawannya agar mereka betah untuk bekerja di kantor.

Bagaimana tidak, sebagian besar waktu karyawan memang akan dihabiskan di kantor setiap harinya. Mereka akan bekerja keras untuk mewujudkan impian dan juga tujuan perusahaan untuk terus berkembang.
Maka dari itu, penting untuk perusahaan mendesain dan mendekorasi kantornya senyaman mungkin agar karyawan betah untuk bekerja. Dengan begitu, produktivitas kerja akan lebih meningkat.
Tidak hanya itu, desain dan dekorasi kantor juga menentukan kesan yang akan ditinggalkan untuk para partner kerja atau klien. Ini adalah kesan yang dapat menentukan apakah perusahaan Anda profesional atau tidak. Apakah perusahaan dapat diandalkan atau tidak.

Lalu bagaimana cara mendekorasi kantor dengan baik agar terlihat profesional namun tetap nyaman? Berikut adalah tipsnya:

1. Kesan Pertama Sangat Penting

Bagi Anda dan karyawan yang setiap hari mendatangi kantor, tentunya akan sangat familier dengan suasana kantor dan tidak menyadari suasana kantor dari perspektif orang luar atau tamu. Maka dari itu, penting untuk Anda mengetahui bagaimana seseorang akan menilai kantor Anda saat pertama kali mendatangi kantor.
Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut:

  • Apa yang akan orang pikirkan ketika pertama kali memasuki kantor Anda?
  • Apakah suasana, desain, dan dekorasi kantor sudah tampak profesional bagi tamu?
  • Apakah tamu yang datang akan merasa nyaman ketika masuk ke dalam ruangan?

Cobalah untuk mendesain dan mendekorasi kantor dengan dengan menjawab seluruh pertanyaan di atas. Terutama kutuk bagian lobi kantor yang nantinya akan banyak didatangi oleh para tamu.

2. Warna Perusahaan

Anda dapat menggunakan dan memainkan warna untuk seluruh ruangan kantor Anda. Gunakanlah warna tersebut pada elemen-elemen tertentu dari kantor. Misalnya, digunakan di dinding, pintu, meja, kursi atau juga lantai.
Gunakanlah warna yang sesuai dengan identitas perusahaan. Maksudnya, jika misalnya Anda adalah sebuah perusahaan rintisan (statup) yang memiliki logo berwarna hijau dan putih, maka, tonjolkanlah warna tersebut pada kantor Anda. Dengan begitu, tamu yang datang akan merasakan suasana profesional dari kantor Anda. Tidak hanya itu, brand yang Anda bangun pun akan terasa di kantor.

3. Seniman Lokal

Tidak ada salahnya untuk juga mengedepankan unsur seni di kantor Anda. Karena, dengan adanya karya seni di kantor, Anda bisa membuat kantor terasa lebih ‘artsy’.

Cobalah untuk meminta pendapat atau bantuan dan kerja sama dengan seniman lokal. Mintalah masukan untuk karya seni yang sebaiknya di pajang di kantor, atau Anda juga bisa meminta saran mengenai penambahan lukisan atau bahkan memilih wallpaper untuk dinding kantor.

4. Selalu Rapi

Suasana kantor kadang sangatlah berantakan karena kesibukan aktivitas dari para karyawannya. Namun, Anda harus bisa mengajak karyawan untuk selalu merapikan kantor. Sehingga kantor akan terasa lebih nyaman, juga enak untuk dipandang.

5. Furnitur Pas

Pilihlah Furnitur yang pas. Dengan begitu, kantor akan terasa lebih nyaman untuk para karyawan juga tamu. Pilih furnitur yang nyaman, ergonomis, dan juga desainnya menarik. Anda juga bisa menyesuaikan warnanya dengan warna perusahaan. Dengan begitu suasana profesional kantor yang dibangun akan lebih terasa.

Mendekorasi dan mendesain kantor dengan cantik, profesional, namun tetap nyaman adalah hal yang susah-susah gampang. Namun, semua itu dapat diwujudkan dengan tujuan yang jelas. Tidak hanya itu, visi dari kantor juga dapat membantu dekorasi kantor menjadi terlihat lebih menarik untuk karyawan juga klien Anda.