7 Bangunan Tertinggi di Dunia yang Dilengkapi dengan “Damper”

Bangunan Tertinggi dengan Damper

Jika melihat deretan teratas daftar bangunan tertinggi di dunia, tentu banyak yang sudah tidak asing mendengar nama Burj Khalifa. Ya, ketinggiannya yang menawan setinggi 828 meter ini langsung menarik perhatian dunia berkat rekor dan struktur bangunan yang menarik. Namun tahukah Anda, nyatanya bangunan tertinggi di dunia ini tidak dilengkapi dengan alat inovasi bernama Damper yang berguna untuk melindungi struktur bangunan dari sebuah guncangan. Alat-alat ini biasa berupa bantalan karet (base isolation seismic bearing) hingga alat-alat berteknologi tinggi dan sangat umum digunakan pada mesin mobil, transmisi, dan bangunan.

Pada dunia konstruksi bangunan, damper digunakan untuk mengontrol pergerakan yang terjadi pada bangunan demi mengurangi kecepatan serta jarak osilasi (goyangan) gedung.

Daftar Bangunan Tertinggi di Dunia yang Dilengkapi dengan Damper

Menurut data CTBUH (Council of Tall Building and Urban Habitat) persentase bangunan perkantoran yang dilengkapi dengan damper sebesar 22 persen dan hanya 30 persen dari 20 gedung pencakar langit di dunia menggunakan damper demi mengurangi guncangan. Nah Anda wajib tahu apa saja deretan bangunan tertinggi yang menggunakan damper, berikut urutannya:

1. Shanghai Tower

Bangunan Tertinggi dengan Alat Dumper
Image: extravaganzi.com

Sesuai data dari CTBUH, Shanghai Tower adalah gedung tertinggi di dunia yang menggunakan damper pada struktur bangunannya. Bangunan ini adalah gedung tertinggi nomor dua di dunia di bawah Burj Khalifa, tingginya mencapai 632 meter di tengah kota Shanghai.

Kerena ketinggiannya tersebutlah, siapapun yang berada di tingkat teratas gedung akan merasa pusing serta mual. Hal ini disebabkan karena gedung mendapatkan goyangan sangat cepat dan lebar. Itulah sebabnya damper diperlukan demi membuat bangunan tetap stabil saat diterpa angin kencang. Damper bangunan ini terletak pada ketinggian 581 meter atau di lantai ke-126 dengan tipe Tuned Mass Damper (TMD).

2. Ping An International Finance Centre

Bangunan Tertnggi dengan Alat Dumper
Image: licensestorehouse.com

Berikutnya adalah Ping An International Finance Centre yang dikenal dengan nama Ping An IFC. Gedung ini juga merupakan bangunan ikonik yang terletak di China, tepatnya di Shenzhen, Guangdong. Bangunan pencakar langit setinggi 115 lantai ini dirancang oleh firma arsitek Amerika Kohn Pedersen Fox Associates.

Proses pembangunan selesai pada tahun 2017 dan menjadi gedung tertinggi di Shenzhen, tertinggi ke-2 di Cina dan tertinggi ke-4 di dunia. Bangunan ini digunakan sebagai bangunan perkantoran, hotel dan ritel, serta pusat konferensi dan pusat perbelanjaan kelas atas.

Pada lantai 116 atau atap bangunan terdapat deck observation bernama Free Sky. Seperti namanya, gedung ini juga menjadi markas Ping An Insurance. Desain bangunan yang unik nan elegan ditujukan untuk mewakili sejarah dan pencapaian Ping An Insurance. Damper gedung ini terletak pada ketinggian 556 meter.

3. Taipei 101

Bangunan Tertinggi dengan Alat Damper
Image: Andrew Haimeri – Unsplash

Taipei 101 yang sebelumnya dikenal dengan nama Taipei World Financial Center merupakan deretan ketiga bangunan tertinggi di dunia yang dilengkapi dengan Damper. Alat ini terletak di ketinggian 378 meter dengan tipe TMD. Lokasi gedung pencakar langit ini ada di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan.

Pada tahun 2011, Taipei 101 mendapatkan anugerah sertifikasi platinum LEED, yang merupakan penghargaan tertinggi dari Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) sekaligus mengukuhkan diri sebagai green building tertinggi dan terbesar di dunia.

Dahulu gedung ini juga memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60,6 km/jam (37,7 mph). Itu artinya untuk mengangkut penumpang dari lantai 5 hingga 89 hanya butuh waktu 37 detik. Tetapi pada tahun 2016, gelar ini kemudian diambil oleh Shanghai Tower.

4. Shanghai World Financial Center (SWFC)

Gedung Tertinggi dengan Alat Damper
Image: flickr.com

SWFC adalah gedung supertall yang ada di distrik Pudong Shanghai. Gedung rancangan Kohn Pedersen Fox dan dikembangkan oleh Mori Building Company ini menggunakan damper. Tepatnya ditaruh pada ketinggian 394 dengan tipe ATMD. Gedung ini digunakan sebagai office building, hotel, ruang konferensi, dan pusat perbelanjaan di lantai dasar.

Ketinggian gedung ini mencapai 492 meter dan menjadikannya sebagai gedung tertinggi ke-9 di dunia serta yang keempat di daratan China. SWFC dibuka untuk umum pada 28 Agustus 2008. Pada awal pembukaan, gedung ini banyak dipuji karena desainnya nilai yang terbaik yang selesai pada tahun tersebut.

(Baca Juga: Menakjubkan, Ini Dia Deretan 20 Gedung Tertinggi di Dunia!)

5. Petronas Twin Towers 1 & 2

Bangunan Tertinggi dengan Alat Damper
Image: msdholidays.blogspot.com

Petronas Twin Towers atau yang dikenal sebagai Menara Kembar Petronas, salah satu gedung yang paling terkenal di Asia Tenggara. Khusunya Indonesia. Gedung ini menjadi ikonik di Kuala Lumpur Malaysia. Sepasang menara kembar ini dahulu pernah menyandang predikat sebagai bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998—2004, sebelum akhirnya banyak gedung baru melampauinya.

Menara setinggi 452 meter ini selesai dibangun pada 1 March 1996 yang diarsiteki oleh César Pelli. Bangunan ini menggunakan damper, tepatnya pada ketinggian 150 meter dengan tipe TMD.

6. 432 Park Avenue

Bangunan Tertinggi dengan Alat Damper
Image: streeteasy.com

432 Park Avenue adalah gedung pencakar langit di New York City yang menghadap ke Central Park. Gedung ini menjadi gedung tertinggi ketiga di Amerika Serikat dan hunian tertinggi di dunia. Ia juga merupakan gedung tertinggi kedua di New York City, di bawah One World Trade Centre, dan di atas Empire State Building.

Gedung yang tutup atap pada 10 Oktober 2014 ini struktusnya didesain oleh arsitek Rafael Viñoly terisnpirasi dari desainer Austria Josef Hoffmann. Sementara pada bagian interior bangunan didesain oleh Deborah Berke dan firma Bentel & Bentel, yang juga mendesain Eleven Madison Park and Gramercy Tavern. Sebagai hunian, gedung ini menggunakan damper yang diletakkan pada ketinggian 397 meter dengan tipe TMD.

7. Princess Tower

Bangunan Tertinggi dengan Alat Damper
Image: islamicvoices.com

Berikutnya ada Princess Tower yang juga merupakan gedung apartemen bertingkat. Gedung pencakar langit ini memiliki tinggi 101 lantai atau 413 meter. Lokasinya ada di distrik Marina Dubai, UAE. Sampai dengan saat ini, Princess Tower menjadi gedung tertinggi ketiga di Dubai, setelah Burj Khalifa dan Marina 101, di dunia menempati peringkat ke ke-27.

Dahulu ini adalah bangunan perumahan tertinggi di dunia dari 2012 hingga 2015, sebelum dikalahkan oleh 432 Park Avenue. Gedung ini juga menggunakan damper, tepatnya pada ketinggian 363 meter dengan tipe TLD.

Itulah 7 bangunan tertinggi di dunia yang dilengkapi damper. Lantas bagaimana dengan gedung di Indonesia?