7 Film Tentang Pegawai Kantoran yang Wajib Anda Tonton

Bagi pegawai kantor yang penuh dengan kesibukan, waktu 2 – 3 jam untuk menonton film merupakan anugerah tersendiri. Menonton film tidak harus di bioskop, namun bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, teman atau sendirian saja. Bahkan, menonton film bisa dilakukan di Commuter Line maupun di sela–sela aktivitas dengan menggunakan smartphone. Jaman sekarang, kecanggihan teknologi sudah bisa membuat kita menonton film melalui download ataupun nonton streaming.

Menonton film merupakan hiburan yang mengasyikkan, dan alangkah baiknya bila film yang ditonton merupakan film yang bermanfaat dan menginspirasi khususnya untuk meningkatkan semangat dan kinerja pekerja kantoran. Lalu apa saja film tentang pegawai kantoran tersebut?

Simak Daftar Film Bertemakan Kehidupan Kantor Ini

Jangan lupa tandai daftar film ini di list Anda!

1. The Pursuit of Happiness (2006)

FIlm Tentang Pegawai Kantoran

(Image: Medium)

Film yang diangkat dari buku biografi karya Chris Gardner ini berlatar belakang tahun 1981 di California. Chris Gardner, yang diperankan oleh aktor kawakan Will Smith, merupakan salesman berusia sekitar 30 tahun. Ia menginvestasikan tabungan keluarganya demi membeli waralaba di bidang kesehatan.

Namun, ia tidak berhasil menuai kesuksesan dari bisnis waralaba tersebut bahkan tak menuai profit hingga tagihan-tagihan membengkak dan ia pun ditinggalkan pergi oleh Linda, istrinya. Chris berhasil mempertahankan anak mereka satu-satunya yang masih berusia 5 tahun untuk tetap turut bersamanya. Pengusiran dari apartemen, mobil yang disita, tabungan turut disita akhirnya membuatnya menjadi tunawisma, yang tidak memiliki tempat tinggal.

Film ini mengajarkan kita untuk bekerja keras dan tidak menyerah dalam kondisi apapun. Keadaannya mulai berbalik ketika ia berjumpa dengan pengendara mobil ferari merah yang membuat chris bertanya apa yang ia lakukan sehingga bisa membeli mobil semewah itu, dan orang tersebut menjawab bahwa ia bekerja sebagai pialang saham.

Chris pun bertekad akan menjadi pialang saham. Awal mulanya ia merupakan pegawai magang tanpa bayaran di sebuah kantor pialang saham, hingga sempat tabungannya habis. Dengan gigih ia terus berusaha dan diterima di kantor tersebut bahkan beberapa tahun kemudian ia berhasil mendirikan perusahaan pialang saham miliknya sendiri, dan ia pun menuai kesuksesan.

2. Up in the Air (2009)

Film Tentang Pegawai Kantoran

(Image: Variety)

Film yang dirilis pada tahun 2009 di Amerika ini jelas bukanlah film baru. Namun film ini sarat dengan makna akan pencapaian hidup, karir, cinta, keluarga dan bagaimana memahami perasaan seseorang.

Dibintangi oleh George Clooney sebagai Ryan Bingham, seorang pegawai di sebuah konsultan Sumber Daya Manusia yang tugasnya berkeliling Amerika Serikat untuk melakukan PHK serta memotivasi mereka. Ryan yang tidak memiliki tempat tinggal tetap sangat menikmati perjalanannya dan bertekad mencapai penghargaan sebagai penumpang setia dan termuda, 10 juta mil oleh maskapai American Airlines.

Segala tantangan karier yang ia hadapi mengantarkannya pada makna pencapaian hidup yang sesungguhnya. Film ini juga mengajarkan kita bahwa kecanggihan teknologi tetap tidak dapat menyentuh perasaan hati seseorang, dan berbeda bila kita bertemu langsung dengannya tanpa terhalang layar teknologi jarak jauh.

3. The Devils Wear Prada (2006)

Film Tentang Pegawai Kantoran

(Image: Simply Streep)

Film box office internasional ini bergenre drama comedy yang berkisah tentang kehidupan kerja di dunia fashion. Andy yang diperankan oleh Anne Hathaway merupakan fresh graduate dan bekerja di perusahaan majalah fashion terkemuka, kemudian memiiki bos seorang wanita yang terkenal powerful, yaitu Miranda Priestly.

Segala perintah Miranda harus ia penuhi walau ia perlu bekerja keras. Andy sangat sungguh – sungguh dengan pekerjaannya walau tekanannya begitu keras. Kisah cinta, kisah keluarga turut menghiasi film yang diangkat dari novel berjudul sama ini.

Sepanjang film mungkin Anda akan teringat pada atasan wanita di kantor Anda yang terkenal killer dan perfeksionis. Namun, bagaimanapun juga, Andy yang pernah mengalami tekanan di bawah Miranda tetap berbuat baik kepada Miranda di akhir karirnya. Bahkan Miranda pun memberinya rekomendasi positif ketika Andy akhirnya berpindah perusahaan.

4. The Intern (2015)

FIlm Tentang Pegawai Kantoran

(Image: Tunefind)

The Intern, film yang sangat cocok bagi kaum hawa, terutama para istri dan ibu pekerja. Pasalnya, film ini menceritakan kisah Jules Ostin yang diperankan oleh Anna Hathaway yang bertindak sebagai founder sebuah perusahaan startup, yaitu online shop.

Tak hanya cocok bagi kaum hawa, film ini juga akan sangat menginspirasi siapapun yang menontonnya terutama bagi yang sudah merasa berumur dan gaptek. Kakek Ben yang diperankan oleh Robert de Niro akan mengajarkan kita bahwa usia tua bukan berarti berhenti belajar, produktif, berkarya dan bersosialisasi dengan baik bersama koleganya yang berusia jauh lebih muda darinya.

Tak hanya mengisahkan seputar bisnis, film ini juga menyuguhkan dengan ringan sebuah kehidupan keluarga yang erat dengan kehidupan sehari-hari sebagai pekerja.

5. The Social Network (2010)

Film Tentang Pegawai Kantoran

(Image: mrqe.com)

Siapa yang belum pernah mendengar nama Mark Zuckerberg, founder dari platform social media terbesar yaitu Facebook? Ya, film ini menceritakan tentang kisah awal mula ia membangun Facebook, dari kampusnya yaitu Harvard University.

Beraneka tantangan ia hadapi, mulai dari hukuman dari pihak universitas, hingga tuntutan pencurian kekayaan intelektual oleh rekan kuliah juga bisnisnya. Dari film ini kita bisa belajar bahwa untuk membangun sesuatu yang besar, diperlukan pula jiwa besar dan effort yang besar.

Sebagaimana khas film Amerika lainnya, kisah cinta pun dibeberkan dalam film ini yang turut menghiasi kisah berdirinya perusahaan startup berbasis teknologi tersebut.

6. The Internship (2013)

FIlm Tentang Pegawai Kantoran

(Image: YouTube)

Setelah The Intern tadi, ada pula The Internship yang baru tayang tahun 2013 lalu. Film ini juga mengangkat cerita seputar perjuangan seseorang hingga mencapai sesuatu. Bahkan, cerita ini lebih mengarah ke perkembangan digital yang terus berkembang saat ini hingga harus ada beberapa pihak yang merasa dirugikan akibat perkembangan jaman. Nah, dalam film ini terdapat dua orang sales bernama Billy McMahon dan Nick Campbell yang karirnya hancur akibat perkembangan teknologi digital. Kedua orang ini memang memiliki gaya bekerja seperti orang jaman dulu yang buta akan tren teknologi.

Lalu karena mereka merasa harus terus berjuang dan tak mau dianggap kuno, akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungan magang di Google. Di sanalah perjalanan mereka dimulai, di mana para ahli-ahli teknologi bersarang di kantor tersebut dan akhirnya membuat merka berniat untuk mengalahkan sekelompok mahasiswa jenis yang ahli dalam persoalan teknologi.

7. Office Space (1999)

Film Tentang Pegawai Kantoran

(Image: Furious Cinema)

Anda penyuka film jaman dahulu? Salah satu film yang dapat menginspirasi kehidupan Anda di kantor adalah film Office Space ini. Film ini mengangkat kisah yang dialami hampir sebagian besar dialami pegawai kantoran sekarang ini. Dalam film ini, Peter (Ron Livingston) mengalami kejenuhan di tempat kerjanya. Bukan karena gaji yang kecil, justru dalam film ini menceritakan bahwa gaji yang besar tak selalu menentukan loyalitas seorang pegawai.

Peter merasa terganggu dengan perilaku atasannya bernama Lumbergh (Gary Cole) yang sering membuatnya kesal. Beruntungnya, ia memiliki teman senasib bernama Michael Bolton (David Herman). Banyak kejadian-kejadian yang membuatnya semakin memuncak, akhirnya Peter memutuskan untuk datang ke psikolog dan disarankan untuk mulai melakukan hal-hal yang tak pernah ia lakukan sebelumnya. Bagaimana kisah akhirnya? Kisah menarik ini wajib Anda tonton, hitung-hitung untuk melatih cara jika mengalami hal yang sama di kantor.

Bagaimanapun juga, film di atas akan mengingatkan kita kembali mengenai makna sebuah kegigihan dalam bekerja, berkarir serta membangun suatu usaha. Tak hanya itu, kembali lagi bahwa keluarga tetap merupakan tujuan utama. Penasaran filmnya? Tonton sekarang film tentang pegawai kantoran ini!