7 Gedung dengan Gaya Arsitektur yang Unik di Jakarta

Jakarta sebagai salah satu pusat bisnis di Indonesia tentu tak luput dari gedung-gedung tinggi yang berjejer rapi di kawasan ibu kota. Tak hanya tinggi, beragam kreatifitas pun tertuang untuk menciptakan desain bangunan yang unik agar tidak terlihat monoton dan menjadikan Jakarta sebagai kota yang terpercaya dalam menjalankan bisnis. Ada yang berbentuk lekukan, kotak, atau oval sekalipun. Semua itu berhasil ciptakan dengan struktur bangunan yang kokoh pula. Mari intip seperti apa gedung dengan gaya arsitektur unik di Jakarta, siapa tahu dapat menjadi referensi Anda yang ingin mencari suasana perkantoran baru!

 

1. UOB Plaza

Gedung Unik di Jakarta
Menara UOB memiliki desain bangunan yang mirip dengan Lego.

(Image: Wiratman)

Bagi Anda yang hidup dan bekerja di kawasan CBD, gedung ini pasti sudah tidak asing lagi di mata Anda. UOB Plaza terbilang sebagai gedung paling mencolok diantara gedung pencakar langit lainnya yang berada di sekitar. Desain eksterior gedung ini berbentuk khas Lego yang identik dengan balok-balok tak beraturan dan menonjol dari sisi tak beraturan. Dengan begini tampilannya terlihat semakin unik sekaligus elegan. Belum lagi dari permukaan kaca berwarna biru mengkilap di seluruh sisi eksterior yang terlihat sejuk dan menenangkan. UOB Plaza memiliki ketinggian 46 lantai dengan luas bangunan mencapai 41.373 meter persegi. Jadi tak hanya berdesain mewah nan elegan, suasana perkantoran pun menjadi daya tarik gedung yang sangat nyaman dan leluasa.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

2. Bakrie Tower

Gedung Unik di Jakarta
Bakrie Tower terkenal dengan ketinggian gedung yang luar biasa, serta desain bangunan yang menarik.

(Image: wikimedia.org)

Jika Anda kerap melintasi kawasan Kuningan, tentu perhatian mata sering teralih ke arah gedung berdesain unik ini. Bakrie Tower memang dikenal sebagai salah satu gedung pencakar langit yang tinggi dan berdesain unik di Jakarta. Gedung ini didesain langsung oleh PT Bakrieland Development dengan lekukan-lekukan yang menawan, sehingga jauh dari tampilan gedung lurus tinggi yang membosankan. Tak hanya itu, teknologi yang disematkan ke isi gedung ini sangatlah canggih. Bakrie Tower memiliki arsitektur atau struktur yang berputar pada sumbu gedung, sehingga gedung ini dapat berputar dan dapat bergeser sekitar 0.47 derajat. Area gedung yang dapat berputar terbagi dalam tiga bagian, yakni ground floor dengan berputar ke kanan, mid floor ke kiri, dan upper floor berputar ke kanan. Bisa dibilang, Bakrie Tower menjadi salah satu gedung tercanggih dan modern di Indonesia.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

3. Wisma 46

Gedung Unik di Jakarta
Wisma BNI 46 memiiki desain unik berbentuk pena .

(Image: redbubble.com)

Wisma BNI 46 selama ini dikenal dengan rekor gedung pencakar langit tertinggi di Jakarta. Tak hanya ingin menampilkan kemegahan tinggi, desain bangunannya pun terlihat menawan dengan bentuk menyerupai pena yang melancip ke atas. Desain ini merupakan hasil rancangan Zeidler Robets Partnership dan DP Architects yang sudah memiliki jejak rekam desain menawan. Namun biarpun begitu, ada juga yang berpendapat bahwa desain gedung ini menyerupai layar pinisi atau perahu tradisional Indonesia. Apapun itu, yang jelas gedung ini berhasil membuat luar negeri melirik bahkan hingga pernah meraih gedung tertinggi urutan ke-147 di dunia.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

4. Gama Tower

Gedung Unik di Jakarta
Tahun 2018 Gama Tower dinobatkan sebagai gedung tertinggi dengan ketinggian 310 meter.

(Image: westinjakarta.com)

Jika tadi Wisma BNI 46 pernah menjabat sebagai gedung tertinggi di Jakarta, gedung ini berhasil merebut predikat tersebut per tahun 2018 ini. Ketinggiannya bahkan bisa mencapai 310 meter dengan total 63 lantai ke atas. Hal inilah yang membuat Gama Tower menjadi salah satu gedung unik di Jakarta. Gama Tower dirancang sedemikian rupa oleh PT Sekawan Design Inc untuk menampilkan desain bangunan yang mewah dan eksklusif di balik ketinggian yang menawan. Dengan gedung yang tinggi, pihak gedung menjadikan bangunan ini beroperasi menjadi 3 bagian, yakni perkantoran, hotel, dan restoran mewah. Tiga fungsi dalam satu gedung, sehingga Gama Tower dipastikan akan menjadi gedung yang sangat diminati oleh para pelaku usaha kelas atas.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

5. Menara Karya

Gedung Unik di Jakarta
Desain yang inovatif dan inspiratif dari Menara Karya.

(Image: xwork.com)

Untuk menciptakan gedung yang unik memang tak harus memiliki ketinggian luar biasa. Menara Karya memiliki keunikan tersendiri dengan total lantai yang hanya berkisar 26 lantai, namun memiliki desain inovatif. Menara Karya terlihat unik dari tampilan bak sculpture yang tidak konvensional. Jika dilihat, bagian lower ground gedung terlihat berukuran kecil, kemudian dilanjutkan dengan area mid floor yang mulai melebar hingga ke bagian upper floor melebar kembali. Tak hanya itu, pada bagian atas terdapat lantai yang terlihat seperti menyembul ke luar hasil rancangan yang luar biasa. Gedung ini sangat cocok untuk para pelaku usaha kelas atas yang ingin mencari suasana kantor yang berbeda dibanding gedung pada umumnya.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

6. Menara Palma

Gedung Unik di Jakarta
Keunikan dari gedung Menara Palma bisa dilihat dari arsitektur miring di kedua sisi yang saling bersinggungan.

(Image: BAM Internasional)

Menara Palma merupakan salah satu gedung unik di Jakarta Selatan yang cukup lama menghiasi gedung perkantoran di kawasan CBD. Jika dilihat dari depan, tampilan gedung ini seperti bentuk huruf A dengan dua sisi miring di area kanan dan kiri. Sisi kanan memiliki terlihat lebih tinggi dibanding sisi kiri, sehingga menimbulkan kesan asimetris pada bangunan yang unik. Rancangan unik ini merupakan hasil DCM Architect yang ingin menonjolkan bentuk dasar yang kokoh dan tak tergoyahkan.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.

 

7. The Energy Tower

Gedung Unik di Jakarta.
The Energy Tower memiliki desain unik dengan tampilan dua bagian depan.

(Image: indoplaces.com)

Keunikan dari The Energy Tower adalah desain arsitektur yang menampilkan dua bagian depan. Sehingga dengan begini, Anda dapat melihat dua bagian depan gedung dari dua arah yang berbeda. Pada bagian atas gedung juga dibuat sedikit melancip sehingga menimbulkan konsep yang dinamis dan professional. The Energy Tower menjawab persoalan para karyawan yang ingin merasakan suasana perkantoran yang nyaman dan tidak monoton. Luas bangunan gedung ini mencapai 65.774 meter persegi dengan luas per lantai 1.529 meter persegi. Area ini cukup luas untuk area perkantoran yang leluasa dan nyaman. Belum lagi aneka fasilitas memadai dan berteknologi canggih yang mereka sediakan.

Untuk informasi detail dan penyewaan, klik di sini.