7 Gedung Terburuk di Dunia dengan Konsep Unik

Gedung Terburuk di Dunia

Setiap gedung yang dibangun di dunia ini memiliki desain, bentuk, dan gaya tertentu. Di dalamnya memiliki nilai-nilai filosofis yang dianut, serta menganut sisi estetika agar tercipta sebuah tampilan yang menarik. Tak jarang pula beberapa gedung di dunia mendapatkan serangkaian penghargaan berkat inovasi dan desain aristektur yang baik dari segala sisi. Sayangnya beberapa gedung lainnya juga banyak yang dinilai sebagai gedung terburuk di dunia.

Tak percaya? Berikut beberapa daftar gedung yang mengusung konsep desain terkesan memaksa, atau bahkan terlihat aneh di dunia. Lebih baik jangan ditiru, ya.

1. Menara Televisi Zizkov, Praha, Republik Ceko

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: Prague TV)

Kota Praha sangat terkenal dengan gedung bergaya arsitektur unik dan menarik. Tidak mengherankan bila banyak orang Indonesia yang berkunjung kesana untuk sekadar bernostalgia dengan legenda kota dan menyaksikan langsung pemandangan eksotis di sana. Jika melihat ke pemandangan kota pun, mata wisatawan akan tertuju ke gedung-gedung tinggi dengan desain arsitektur yang menarik di sana.

Namun dibalik jajaran gedung tinggi tersebut, siapa sangka ada satu gedung aneh yang terlihat seperti tiang atau pilar tinggi, kemudian disisipkan oleh dadu besar di beberapa bagian. Makin buruk lagi dengan adanya beberapa patung bayi merangkak di setiap pilar menara, gedung tersebut dikenal dengan nama Zizkov Television Tower.

Aneh dan mengherankan, apa sebenarnya maksud serta tujuan sang arsitek membangun menara dengan aksen bayi dan dadu tersebut? Namun, sampai saat ini gedung tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang yang penasaran ingin melihat jelas gaya bangunannya.

2. Bolwoningen Complex, Belanda

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: keblog.it)

Negara Belanda tak hanya dikenal dengan bangunan unik juga bersejarah, namun juga sebagai negara modern yang memiliki gedung pencakar langit yang menakjubkan. Namun jika bicara soal gedung terburuk di dunia, nyatanya Belanja juga dikenal memiliki satu gedung dengan tampilan aneh dan justru menakutkan. Gedung ini dikenal dengan nama Bolwoningen Complex yang berada di Den Bosch.

Bangunan gedung yang sudah lama tidak terpakai ini memiliki bentuk seperti gelembung layaknya seperti balon udara. Dimana gedung tersebut dulunya merupakan sebuah kampung halaman bagi seorang bernama Hieronymus Bosch, pelukis abad ke-15 yang terkenal akan lukisan mimpi buruknya. Faktanya bangunan tersebut seperti bangunan bagi eksperimen tertentu, apalagi kondisinya sudah cukup menyeramkan.

3. Elephant Building, Bangkok

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: Pinterest)

Thailand menjadi salah satu destinasi favorit turis Asia, khususnya Asia Tenggara. Selain karena pesona pantai dan pengelolaan wisata kota di sana, Thailand juga memiliki bangunan cantik nan indah juga fenomenal. Sebut saja bangunan candi yang dihias dengan polesan emas, juga gaya arsitektur yang unik. Thailand juga terkenal akan ikon negara gajah putihnya, selain memang hewan tersebut menjadi hewan suci dan dilindungi.

Anehnya disana ada satu gedung tinggi yang berbentuk seperti gajah, yaitu Elephant Building. Sebagian orang yang melihat gedung tersebut, ada yang beranggapan jika gedung tersebut unik. Tapi tak sedikit pula yang beranggapan bahwa tampilannya terlihat buruk dan terkesan memaksa. Yang pasti, gedung tersebut sampai saat ini masih berdiri kokoh dan menjadi ikonik kota Bangkok selain dari ikon lain yang sudah ada sebelumnya.

4. Ryugyong Hotel, Pyongyang, Korea Utara

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: Flickr)

Negara Korea Utara terkenal dengan negara diktator, serta negara tertutup tanpa bantuan dari negara lain. Tidak heran jika sangat sulit untuk Anda yang ingin berkunjung ke negara tersebut. Pelarangan bagi beberapa turis asing, juga ketatnya pengawasan keluar masuk orang asing yang akan menuju ke Korea Utara. Sangat berbeda dengan tetangga sebelahnya, yaitu Korea Selatan.

Sepintas negara ini memang menakutkan, namun semenjak bergantinya presiden baru, negara yang dikenal dengan kota Pyongyang ini sudah mampu membuka diri untuk dunia luar. Terbukti sejak tahun 2014 silam beberapa turis asing singgah untuk berlibur di sana.

Walau masih terkesan menakutkan, perkembangan negara ini perlahan namun pasti. Dilansir dari beberapa berita, bahwa di tahun 2020 negara Korea Utara membuka kesempatan besar untuk menarik devisa dari bidang pariwisata.

Hal ini berarti Korea Utara siap menerima tamu turis dari negara manapun. Berbicara mengenai wisata, ada satu lagi bangunan berbentuk aneh dan menakutkan. Gedung tersebut dikenal dengan nama Hotel Ryugyong, kondisi hotel yang sudah tidak terawat sejak 30 tahun silam.

Ditambah gedung tersebut dibiarkan begitu saja tanpa perkembangan yang optimal. Gedung yang berbentuk segitiga seperti piramida ini luar biasa besar dan megah, namun sayang terbengkalai menjadi bangunan tak bertuan dan terkesan angker.

(Baca Juga: Menakjubkan, Ini Dia Deretan 20 Gedung Tertinggi di Dunia!)

5. Capela Dos Ossos, Portugal

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: clickcuriousidades.blogspot.com)

Anda yang mendengar kata tulang, pasti yang terlintas di pikiran Anda yaitu mengenai hal yang mengerikan juga menakutkan? Tidak salah lagi, ada salah satu bangunan tepatnya di desa Alcantarilha, Portugal yang disebut sebagai Kapel Tulang. Kapel ini dibangun pada abad ke 15 dan didominasi dengan menara lonceng yang menghiasi. Selain itu, kapel ini juga dikenal dengan sebutan Capelo Dos Ossos.

Uniknya, bagian dalam kapel ini dihiasi oleh sisa tulang tengkorak berjumlah skeitar 5000 tulang yang ditempel pada setiap sisi ruangan. Saat pengunjung datang, maka dengan jelas melihat ada banyak tulang belulang terpajang rapi di sepanjang bangunan tersebut. Hal ini menjadi keunikan bangunan juga hal menakutkan bagi siapa saja yang tidak terbiasa melihat pemandangan seperti ini.

6. Crazy House, Vietnam

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: Go Viet Travel)

Menjauh sedikit ke wilayah tetangga Indonesia, yaitu Vietnam. Di negara ini terdapat satu buah bangunan unik juga menyeramkan yaitu Crazy House atau bahasa lokal disebut Hang Nga Guesthouse. Gedung ini dibangun oleh seorang arsitek asli Vietnam bernama Dang Viet Nga yang menggambarkan bangunan mengenai sebuah rumah dongeng.

Sepintas memang bangunan tersebut mirip seperti batang pohon yang tua, diukir dengan gaya unik berkesan horor. Namun siapa sangka bangunan tersebut menjadi bangunan populer di kota Da Lat, Vietnam? Sampai saat ini banyak para pengunjung lokal maupun mancanegara penasaran ingin melihat langsung bentuk bangunan juga mengabadikannya dalam sebuah potret.

7. Hotel Tianzi, China

Gedung Terburuk di Dunia

(Image: ripleys.com)

Jika Anda bertandang ke negeri China, coba sempatkan diri untuk melintasi Hotel Tianzi, China. Dilihat dari konsep bangunannya, sebenarnya tampilan ini justru terlihat menarik yaitu berbentuk tiga patung dewa yang dipercaya dapat membawa keberuntungan, umur panjang, serta kemakmuran. Namun yang membuat banyak warga sekitar menilai bahwa gedung ini terlihat buruk adalah konsep yang terlalu memaksa. Apalagi, mungkin dengan niat baik untuk menampilkan sosok dewa yang dipercaya akan memberikan kenyamanan, justru malah membuat tamu serta warga yang melintas merasa risih.

Untuk Anda yang ingin melihat langsung deretan gedung terburuk di dunia ini, jangan lupa singgah ke tempat-tempat tersebut saat berlibur ke negara ini. Siapa tahu sensasi melihat langsung tampilan gedung yang aneh dan buruk ini bisa jadi pengalaman yang menarik. Anda penasaran? (Source: Kompas Properti)