7 Inspirasi Desain Ruang Kantor Bergaya Skandinavia yang Memanjakan Mata

Clean, sleek, dan simple. Seperti itulah konsep dasar desain bergaya Skandinavia yang kini kerap diusung oleh berbagai jenis ruangan. Desain ini pada intinya terlihat minimalis namun lebih menguat kepada estetika. Gaya scandinavian atau juga disebut nordic menjadi jawaban paling ampuh untuk membuat ruangan sempit dan simple terlihat lebih artistik dan elegan. Konsep seperti ini dapat diaplikasikan pula pada ruang kerja Anda, baik itu ruang kantor maupun ruang kerja dalam rumah. Berikut inspirasi desain ruang kantor bergaya Skandinavia yang memanjakan mata Anda.

 

1. Bergaya A la Skandinavia Tanpa Menggunakan Banyak Ornamen

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: media.rooang.com)

Pada intinya, desain Scandinavian memang lebih dominan terhadap warna putih yang timeless. Anda dapat menggunakan konsep ini ke dalam ruang kerja baru kemudian menaruh beberapa ornamen sesuai yang diinginkan. Namun jika Anda lebih menyukai tampilan yang sederhana, tanpa menaruh banyak ornamen ke ruang kerja pun tetap akan terlihat menarik. Misalnya cukup menggunakan bentuk meja dan kayu yang unik, serta dinding berwarna putih sudah cukup membuat tampilannya menjadi rapi dan bersih. Konsep seperti ini pun dijamin akan meningkatkan mood Anda.

 

2. Sedikit Bermain dengan Ornamen Kayu

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: cdn.decoist.com)

Anda juga dapat menambahkan beberapa unsur elemen kayu pada ornamen sekitar ruang kerja Anda. Penggunaan warna putih yang dominan akan mudah menyatu dengan warna cokelat kayu. Justru tampilan seperti ini pun membuat kesan ruangan yang begitu hangat dan nyaman. Misalnya ornamen kayu dalam bentuk meja, kursi, ataupun lampu meja sudah cukup berpadu dengan konsep a la Scandinavian ini.

 

3. Memadukan Konsep Scandinavian dengan Gaya Vintage

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: rockmystyle.co.uk)

Pilihan lain untuk membuat gaya Scandinavian ini semakin menarik adalah menggunakan perabot dan interior bergaya vintage. Untuk menampilkan desain seperti ini, akan lebih baik jika memakai warna-warna lembut atau dengan corak pattern. Pilihan untuk perabot vintage misalnya menaruh foto polaroid yang digantung dengan tali, karpet klasik, pajangan televisi era 80-an, dan lain-lain.

 

4. Cukup Bermain dengan Dominasi Warna Putih dan Sedikit Warna Hitam

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: home-designing.com)

Sentuhan warna hitam dan putih memang tidak pernah salah dalam memanjakan mata. Namun jika Anda ingin memiliki ruang kerja bergaya Skandinavia, cukup tambahkan sedikit warna hitam pada properti kerja Anda. Tambahkan beberapa ornamen di ruang kerja Anda dengan karpet berwarna hitam, frame foto hitam, jam dinding hitam, lampu meja berwarna hitam, dan lain-lain. Usahakan pula untuk tidak menghadirkan banyak motif pada perabot tersebut. Hal ini bertujuan agar tampilannya tetap terlihat lembut dan tidak tegas di pandangan mata.

 

5. Gunakan Kursi Eames Warna-Warni untuk Ruang Meeting

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: decoist.com)

Kursi klasik ini bernama kursi Eames. Kursi ini memang biasa ditemukan di dalam rumah bergaya Nordic-Scandinavian. Nah oleh sebab itu, pemakaian kursi ini di dalam ruang meeting dapat jadi pilihan yang tepat. Kursi ini memang lebih cocok untuk digunakan saat meeting ketimbang untuk bekerja seharian. Anda juga dapat menampilkan kursi Eames dengan warna yang beragam. Usahakan untuk memilih warna seperti abu-abu, merah, dan biru agar tampilan tetap terlihat neat dan clean.

 

6. Tambahkan Pajangan-pajangan Frame Unik

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: wayfair.com)

Jangan lupa juga untuk tambahkan pajangan-pajangan unik di dinding. Kemudian perhatikan pula penempatan pajangan tersebut, usahakan untuk tidak menempatkan di sisi terlalu tinggi. Tampilannya akan lebih dinamis jika berada tak jauh dari penglihatan mata. Dengan begini, pemandangan yang dilihat sambil bekerja akan membantu mengurangi stress Anda. Pajangan tersebut dapat berupa quotes, mural, ataupun simbol yang terlihat simple.

 

7. Spot Bekerja di Sudut Jendela akan Terasa Menyenangkan

Ruang Kerja Skandinavia

(Image: rumahkuunik.com)

Tampilan ruang yang bernuansa putih dan bersih kemudian berada di spot dekat jendela pasti akan terasa menyenangkan. Pemandangan luar gedung dipercaya dapat membuat beban pikiran sedikit berkurang, itulah kenapa banyak perkantoran saat ini menampilkan kaca gedung agar sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam.