7 Langkah Pindah Kantor Dengan Mudah

pindahan pindah kantor

pindahan pindah kantor
Ketika bisnis Anda berkembang dengan baik,tentunya Anda akan menambah jumlah karyawan Anda. Dengan semakin banyaknya personel yang ada, maka bisnis Anda pun akan dapat terus dikembangkan lagi. Namun, tentunya Anda akan membutuhkan kantor yang lebih luas dan pindah kantor untuk dapat menampung seluruh tim yang Anda miliki.

Masalah yang mungkin timbul ketika akan pindah kantor bisa bermacam-macam. Butuh banyak proses yang dilakukan dan juga terkadang menghabiskan banyak waktu juga energi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pihak perusahaan agar proses pindah kantor berjalan lancar tanpa harus kehilangan waktu untuk bekerja.

Tips pindah kantor dengan mudah ini nantinya dapat Anda ikuti ketika perusahaan sudah memutuskan untuk pindah kantor.

Pilih Kantor Baru

Ketika Anda memilih kantor baru untuk perusahaan Anda, pilihlah tempat yang memiliki waktu sewa fleksibel. Hal ini dapat membantu Anda ketika perusahaan belum memutuskan untuk jangka waktu yang lama. Masa sewa yang pendek juga sangat cocok untuk para perusahaan startup yang baru merintis. Pastikan tempat pindah kantor yang dipilih memiliki luas yang cukup untuk menampung seluruh tim dan juga dapat membuat tim bekerja dengan nyaman. Jika perlu, pilihlah tempat yang sedikit lebih luas dari kebutuhan, siapa tahu perusahaan akan memerlukan tambahan personel ketika terus berkembang.

Pertimbangkan Faktor Keamanan

Faktor keamanan harus juga menjadi pertimbangan utama ketika anda memilih untuk pindah kantor. Pilihlah kantor yang menawarkan jasa keamanan 24 jam, dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti kamera CCTV, akses ruangan, dan sebagainya.

Buat Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan yang harus dilakukan perlu untuk dibuat setelah Anda melakukan pindah lokasi kantor. Beberapa kegiatan tersebut adalah kapan penggantian polis asuransi dari kantor lama ke yang baru harus dilakukan, kapan rencana untuk melakukan renovasi dan juga perbaikan agar kantor tampak seperti yang diharapkan, juga kapan mengurus izin dan lisensi untuk menjalankan bisnis di kantor yang baru.

Sumber Daya

Akan ada banyak sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan ketika melakukan proses pindahan kantor. Siapkan segala sumber daya yang diperlukan. Misalnya, biaya untuk membayar jasa pengiriman barang dari kantor lama ke kantor yang baru. Anda bisa meminta bantuan karyawan untuk memindahkan peralatan yang dibutuhkannya ke kantor baru untuk dapat menekan pengeluaran.

Sewa Jasa Pindahan yang Baik

Sudah ada banyak jasa pindahan di pasaran. Hanya saja, anda harus memilih yang terbaik. Cobalah lakukan survei sederhana di internet mengenai penyedia jasa pindahan kantor ini. Cek reputasi pindahannya dari internet. Dengan begitu, Anda akan dapat mengetahui mana perusahaan jasa pindahan kantor yang baik dan mana yang buruk. Hal ini penting karena track record mereka akan sangat berpengaruh pada proses pindahan. Selain itu, anda juga perlu menyewa jasa yang bisa membantu Anda membersihkan kantor lama setelah Anda melakukan pindahan.

Kabari Vendor

Penting bagi Anda untuk menghubungi seluruh klien perusahaan bahwa Anda telah pindah ke kantor baru. Cobalah untuk menghubungi seluruh klien dan memberitahukan alamat jelas kantor baru sebelum Anda benar-benar pindah. Hal ini dapat mempermudah klien menemukan kantor baru Anda sehingga perusahaan tidak kehilangan rekan bisnis. Jangan lupa untuk mengecek koneksi internet dan telepon di kantor baru, siapa tahu Anda perlu untuk memberitahukan klien yang belum mengetahui alamat baru kantor Anda setelah Anda pindah.

Kotak dan Label

Berikanlah kotak pada setiap karyawan untuk memasukkan barang mereka. Kotak tersebut dapat diberi nama, divisi, dan juga kode warna untuk mempermudah pindahan dan proses pembongkaran di kantor baru.