8 Cara Efektif Negosiasi Gaji Demi Mendapatkan Gaji yang Tepat

Cara Negosiasi Gaji

Menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan besar dengan gaji yang menjanjikan memang impian semua orang. Namun dengan tingkat persaingan yang ketat, kita harus mampu untuk melangkah one step ahead, stand out from the crowd. Menikmati proses dan menunggu kesempatan tiba. Bila kini kesempatan itu ada, dan Anda ditanya soal gaji, maka berapa kira-kira gaji yang bakal Anda minta?

Cara Negosiasi Gaji Yang Efektif

Berbicara soal gaji, hal ini memang sungguh sensitif. Jika Anda salah dalam mengungkapkan, bisa-bisa Anda gagal bekerja. Tetapi bila Anda terlalu rendah menyatakannya, bisa saja Anda di-cap malas bekerja karena gaji tak sesuai dengan tanggungjawab Anda. Untuk itu, berikut tips cara negosiasi gaji yang efektif menurut para pakar di bidang human resource yang dirangkup SewaKantorCBD.com.

1. Siapa saya?

Cara Negosiasi Gaji
Image: multisensorproject.eu

Itu adalah pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum pewawancara menanyai Anda. Seberapa bagus kualitas Anda sebagai seorang karyawan di bidang yang Anda tekuni. Seberapa banyak pengalaman yang Anda miliki untuk dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perusahaan.

Anda dapat saja memberikan patokan gaji yang Anda inginkan, tapi hendaklah bijaksana dalam menentukan standar gaji yang diinginkan agar sebanding dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki.

2. Observasi standar gaji di bidang dan jabatan yang Anda lamar

Cara Negosiasi Gaji
Image: Unsplash

Cara negosiasi gaji satu ini sangat bermanfaat agar Anda bisa berancang-ancang dalam menentukan angka yang akan Anda utarakan dalam wawancara. Cari tahu sebelumnya, berapa kisaran gaji dengan jabatan dan bidang kerja yang Anda lamar di beberapa perusahaan yang mempekerjakan karyawan seperti Anda.

Lalu bila sudah didapat nilai nominalnya, pastikan Anda ajukan nilai nominal tertinggi di jabatan dan bidang kerja yang telah Anda research sebelumnya. Misalnya sebagai seorang perawat di rumah sakit kisaran gajinya antara Rp 3 juta sampai 5 juta.

Ambil angka 5 juta sebagai angka yang Anda inginkan. Bila perusahaan menawar, tinggal bagaimana Anda siap atau tidak untuk mendapatkan gaji yang ditawarkan perusahaan. Jika bagi Anda tidak masuk akal, maka mantapkan diri untuk menolaknya dan fokus mencari perusahaan lainnya.

3. Jangan kaku dan keukeuh

Cara Negosiasi Gaji
Image: huffingtonpost.com

Bila Anda telah menyiapkan nominal gaji yang akan diajukan, kemudian pihak perusahaan menolak dan menawar gaji lebih rendah dari harapan, jangan langsung balik kanan. Tunjukkan sikap dewasa dengan mencoba berdiskusi kembali.

Beri pengertian pewawancara alasan Anda mengajukan angka gaji tersebut. Utarakan Anda telah melakukan survey gaji dengan beberapa fakta terkait. Jelaskan pula kemampuan Anda dalam bidang tersebut. Janjikan apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan namun jelas harus masuk akal dan pasti Anda lakukan kelak bila diterima nantinya.

Tunjukkan sikap toleran dan tidak kekeuh akan membuat Anda terlihat dewasa dalam menyikapi segala keadaan baik di saat terburuk sekalipun.

(Baca Juga: Hal-Hal Yang Sebaiknya Anda Pahami Tentang Gaji UMR 2018 Sebelum Bekerja)

4. Beri bukti nyata hasil kerja Anda

Cara Negosiasi Gaji
Image: queensu.ca

Saran ini baik dilakukan apabila Anda akan minta naik gaji pada perusahaan yang selama ini telah mempekerjakan Anda. Tunjukkan hasil kerja Anda selama ini. Baik berupa hasil akhir sebuah proyek, data statistik yang menunjukkan tingkat keberhasilan perusahaan di departemen yang mana Anda berada, ataupun bentuk apresiasi dari pihak klien dan teman sejawat.

Bukti lain dapat berupa certifikat dan portfolio Anda selama melaksanakan proyek yang telah berhasil sukses Anda kerjakan.

5. Lakukan second shot

Cara Negosiasi Gaji
Image: huffingtonpost.com

Bila pada kesempatan pertama Anda mengajukan kenaikan gaji dan ternyata ditolak, maka jangan menyerah. Beri kesempatan atasan Anda berpikir dulu. Bila Anda melihat situasinya sudah aman, maka ajukan kembali keinginan Anda untuk minta naik gaji.

Biasanya para atasan tidak langsung menanggapi permohonan bawahannya untuk minta kenaikan gaji. Mereka memerlukan waktu untuk berpikir. Setelah melewati masa tenang, maka majulah kembali dengan proposal yang sama dan lebih akurat lagi dalam mengemukakan hal-hal apa saja yang membuat permintaan Anda tampak rasional dan realistis.

6. Bersikap tenang dan berwibawa

Cara Negosiasi Gaji
Image: businessadministrationinformation.com

Memang waktu untuk bernegosiasi masalah gaji terkadang atau bahkan kebanyakan adalah moment yang mengerikan bagi hampir semua orang. Baik bagi fresh graduate yang baru memulai kancah dunia kerja ataupun bagi orang yang telah berpengalaman.

Bersikap tenang dan tampak berwibawa adalah modal yang harus Anda tampilkan di depan atasan. Jangan mengecilkan diri Anda karena hanya akan menyeret Anda ke dalam opini atasan bahwa Anda memang tidak layak naik gaji atau mendapatkan gaji yang diminta.

7. Lakukan metode lobbying

Cara Negosiasi Gajji
Image: thebalance.com

Salah satu cara negosiasi gaji yang efektif juga bisa dengan cara tarik ulur. Berikan fakta bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan di saat perusahaan memang tengah mengandallan skill Anda. Lakukan presentasi yang mampu membius atasan atau pewawancara bahwa mereka tidak salah pilih terhadap Anda.

Dengan skill public speaking yang Anda miliki, cobalah secara halus siratkan betapa ruginya perusahaan bila tidak memilih Anda. Jabarkan dengan lugas dan jelas benefit yang perusahaan dapatkan bila mempekerjakan Anda dengan menyebutkan kinerja atau pencapaian selama ini.

Bila ada komen negatif, jangan langung terprovokasi, tetap lontarkan kata-kata positif yang menggiring perusahaan menilai pribadi Anda sebagai pribadi yang baik dan kuat di tengah serangan yang sengaja mereka ciptakan untuk menjebak Anda.

8. Berdoa

Cara Negosiasi Gaji
Image: fosterthomas.com

Kembali lagi, manusia hanya bisa berusaha namun tetap Tuhan yang menentukan hasil akhirnya. Untuk itu tetaplah berdoa dalam hati Anda. percayalah bahwa Tuhan pasti memberikan jalan yang terbaik. Jika belum diterima di tempat kerja idaman Anda, itu artinya peruntungan Anda ada di tempat lain. Yang penting tetap berusaha dengan baik.

Terakhir, Don’t forget to breathe. Nah itulah tips cara negosiasi gaji yang efektif dan ampuh bila Anda kerjakan sebaik mungkin dan senatural mungkin. Semoga berhasil. (Source: Cermati.com)