8 Inovasi Material Bangunan di 2018 yang Bermanfaat di Masa Depan

Inovasi Material Bangunan di 2018

Tak bisa disangkal lagi bahwa harga material bangunan tiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Beruntung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membuka banyak ilmu baru sehingga para peneliti serta ilmuan dapat mengeksplorasi pengetahuan di bidang material bangunan.

Pada tahun 2018 kemarin, banyak ditemukan inovasi terbaru mengenai material bangunan yang unik. Berikut ini beberapa inovasi material bangunan di 2018 kemarin yang berpotensi sangat bermanfaat di masa depan, terutama untuk tahun 2019 ini.

1. Graphene atau Grafena

Inovasi Material Bangunan di 2018
Image: futuremarketsinc.com

Graphene atau Grafena merupakan inovasi material bangunan di 2018 berupa beton baru yang diciptakan oleh sekelompok ilmuan dari University of Exeter. Dalam proses pembuatannya para ilmuan menggunakan teknologi nano sehingga graphene memiliki kekuatan dua kali lebih kuat daripada beton biasa, serta empat kali lebih tahan terhadap air.

Beton jenis baru yang efisien dalam mengalirkan panas dan listrik ini juga merupakan material semi logam terkuat yang pernah diuji coba. Graphene memiliki berbagai keunggulan dibanding beton biasa, yaitu lebih kuat, lebih ramah lingkungan, serta lebih tahan lama.

2. Batu Bata yang Terbuat dari Urin Manusia

Inovasi Material Bangunan 2018
Image: flipboard.com

Batu bata yang ramah lingkungan ini merupakan penemuan dari para peneliti asal Binghamton University, New York, Amerika Serikat. Cara pembuatan batu bata ini dimulai dengan mencampurkan pasir dengan bakteri yang menghasilkan enzim urase, yaitu enzim yang berguna memecah urea dalam urin.

Pada saat pemecahan urea dan urin tersebut terbentuk pula kalsium karbonat, sehingga campuran pasir dengan bakteri tersebut menghasilkan batu bata yang sama dengan batu kapur pada umumnya.

Perbedaan batu bata dari urin manusia dengan batu bata biasa terletak pada kekuatannya. Semakin lama bakteri dalam batu bata dibiarkan tumbuh, maka semakin kuat batu bata tersebut.

3. Batu bata yang Terbuat dari Puntung Rokok

Inovasi Material Bangunan 2018
Image: quatphunsuong.info

Selain batu bata yang terbuat dai urin manusia, peneliti lain juga mengembangkan satu inovasi batu bata yang terbuat dari puntung rokok. Ilmuan tersebut adalah Dr Abbas Mohajerani, ilmuan Australia dari Universitas RMIT.

Inovasi material bangunan di 2018 ini dinilai sangat ramah lingkungan karena bisa mengurangi limbah puntung rokok yang tiap tahunnya bisa mencapai angka 6 triliun buah. Keunggulan batu bata ini dari batu bata biasa adalah lebih ringan, lebih efisien, serta memerlukan lebih sedikit energi dalam proses pembuatannya.

4. Semen yang Dapat Memancarkan Cahaya atau Semen Glow in The Dark

Inovasi Material Bangunan 2018
Image: cnn.com

Siap-siap terkesima melihatnya. Bahan material yang satu ini selain dinilai inovatif juga memiliki cita rasa seni yang tinggi. Material yang dibuat oleh Dr. José Carlos Rubio Ávalos dari UMSNH of Morelia ini dibuat melalui proses polikondensasi dari bahan material seperti pasir sungai, limbah industri, silika, air, dan alkali.

Hasilnya, semen ini dapat memancarkan cahaya berwarna hijau dan biru serta mampu memancarkan cahaya selama 12 jam pada malam hari. Semen ini juga termasuk semen yang tahan lama di mana semen ini dapat bertahan selama 100 tahun.

5. Semen yang Dibuat dengan Campuran Wortel

Inovasi Material Bangunan di 2018
Image: interiordesign.id

Walaupun dibuat dengan campuran wortel, namun semen satu ini diklaim dapat meningkatkan kekuatan beton. Semen inovatif yang ditemukan oleh peneliti dari Lancaster University, Inggris, ini dibuat dengan menggunakan partikel nano yang diekstraksi dari wortel dan akar sayuran ke dalam semen.

Selain dapat meningkatkan kekuatan beton, keunggulan lain dari semen jenis ini adalah dapat mengurangi konsumsi energi dan karbondioksida yang dikeluarkan. Anda tertarik dengan inovasi material bangunan di 2018 ini?

(Baca Juga: Perubahan Tren Industri Konstruksi Dunia Selama 2018)

6. Kayu yang Tembus Pandang

Inovasi Material Bangunan di 2018
Image: Techno Okezone

Siapa sangka ada satu jenis kayu yang bisa tembus pandang? Kayu jenis ini adalah inovasi dari peneliti asal Stockholm’s Royal Institute of Technology (KTH). Kualitas transparansi dari kayu ini juga dinilai cukup tinggi, di mana kayu ini memiliki tingkat transparansi sebesar 85%.

Pengembangan kayu transparan ini didasarkan pada proses ekstraksi lignin dari sel dinding yang ditanam. Dengan beberapa metode, peneliti berhasil menghasilkan struktur yang sangat mirip dengan kayu, di mana keunikan dari struktur tersebut adalah kayu yang dihasilkan dapat tembus pandang.

7. Balok Bangunan yang Terbuat dari Material Sisa

Inovasi Material Bangunan di 2018
Image: inhabitat.com

Balok bangunan ini adalah hasil inovasi dari Majd Mashharawi, seorang perempuan asal Gaza, Palestina. Ide pembuatan balok bangunan ini adalah dari rumahnya yang hancur akibat perang. Balok yang diberi nama Green Cake ini dibuat dari campuran sedikit semen impor, puing bangunan, serta abu.

Dibanding balok bangunan biasa, balok bangunan ini memiliki keunggulan yaitu lebih ringan. Karena ide yang sangat inovatif tersebut, balok bangunan ini telah diproduksi secara massal oleh sebuah pabrik rumahan di Gaza.

8. Beton Mars

Inovasi Material Bangunan di 2018
Image: Techno Okezone

Planet yang disebut planet merah tersebut memang banyak mencuri perhatian penduduk bumi. Bahan-bahan yang ada di Planet Mars digadang-gadang dapat menghasilkan struktur beton yang sangat kuat hingga melebihi beton belerang biasa.

Bahkan beton Mars disebut-sebut akan menjadi beton terkuat. Temuan dari ilmuan asal Northwestern University ini bahkan tidak membutuhkan air sebagai bahan untuk membuatnya.

Cara pembuatan beton Mars ini adalah dengan cara memanaskan sulfur pada suhu 240 derajat Celcius sehingga sulfur tersebut mencair, kemudian tanah Mars akan bertindak sebagai agregat. Setelah mendingin, bahan-bahan tersebut kemudian akan berubah menjadi beton Mars.

Itulah 8 inovasi material bangunan di 2018 kemarin. Dengan kecanggihan teknologi serta perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat, bukan tidak mungkin di tahun 2019 ini akan banyak bermunculan inovasi-inovasi material bangunan yang lebih unik dan menarik.