Akankah Gedung di Jakarta Tahan Gempa?

Berada di kawasan yang rawan akan gempa, apakah bangunan di Jakarta telah melewati hasil perhitungan kekuatan gempa? Hadirnya bangunan tinggi di Jakarta saja sudah terlihat sejak lama, sudah seharusnya pehitungan struktur bangunan tahan gempa ini diberlakukan sejak dahulu. Saat ini perkembangan gedung perkantoran semakin menunjukan angka yang drastis, yang beriringan pula dengan menurunnya okupansi perkantoran di Jakarta. Namun di luar dari pembahasan itu, pernahkah Anda bertanya-tanya akankah gedung di Jakarta benar-benar tahan gempa?

Jawabannya adalah iya. Struktur sebuah bangunan biasanya akan diperhitungkan 2 hingga 2,5 kali zona gempa agar penghuni gedung bertingkat tidak akan terancam saat menempati gedung. Jakarta juga telah bersosialisasi dan memiliki edukasi yang mendalam mengenai ancaman gempa sedari dulu, sehingga pembangunan gedung bertingkat pun didasari oleh perhitungan gempa.

Gedung di Jakarta Tahan Gempa

(Image: Properti Bisnis)

Secara garis besar, teknis yang digunakan untuk menahan guncangan gempa itu berasal dari fondasi bangunan terutama pada sisi teratas dan terbawah. Pada bagian atas, fondasi bangunan dirancang untuk menahan interaksi atau kondisi goyang saat terjadi gempa, serta akan mentransfer tekanan ke sistem struktur fondasi bawah. Kemudian pada bagian bawah gedung dirancang agar menjadi tumpuan yang kokoh dan kuat.

Gedung di Jakarta Tahan Gempa

(Image:Pinterest:

Namun Anda tak perlu khawatir, dengan kemajuan teknologi di bidang konstruksi para arsitek dan konstruktor bangunan, saat ini diketahui bahwa gedung-gedung di Jakarta bahkan mampu menahan guncangan gempa hingga kekuatan 8 Skala Richter. Telah banyak inovasi konstruksi tahan gempa yang dikembangkan oleh berbagai pihak, baik itu swasta ataupun Litbang Bangunan Kementerian PUPR.

Bahkan tak hanya struktur bangunan tinggi saja yang dikembangkan pengelola sedari dulu, aneka infrastruktur seperti jalur rel MRT dan jalan layang pun telah disematkan fondasi yang kuat menahan gempa bumi agar masyarakat tetap merasa aman saat sedang menggunakan jalur transportasi tersebut.

Gedung di Indonesia Tahan Gempa

(Image: Media Indonesia)

Lalu perlu diketahui juga bahwa biaya pembangunan gedung yang tahan gempa ini memang sedikit lebih tinggi dibandingkan pembangunan gedung biasanya. Namun hal ini sudah wajib dicanangkan di Jakarta agar para pengelola tak sekedar mempercantik bangunannya saja, melainkan tetap memperhatikan dampak bencana alam yang memprihatinkan ini.

 

(Source: Industri Bisnis)