Aturan Membuat Desain Kantor dalam Ruko yang Tepat dan Contohnya

Desain Kantor Ruko

Beberapa perusahaan penyedia ruang kantor menyatakan bahwa penyataan minat pada tahun 2018 ini mengalami peningkatan. Salah satu yang cukup kentara datang dari pengguna ruko yang ingin pindah ke gedung perkantoran. Tetapi buat Anda yang baru saja memulai usaha dan ingin menggunakan ruko sebagai ruang kantor Anda, tentu tak ada masalah. Cukup tetapkan desain kantor dalam ruko yang pas saja untuk membuatnya terlihat tepat.

Ruko atau rumah toko kerap menjadi alternatif tepat bila ingin berkantor sekaligus tempat pemasaran produk. Selain menghemat ruang, tentu saja juga menghemat biaya operasional. Bahkan tak jarang kita temui di lokasi-lokasi yang strategis, satu ruko terdiri dari beberapa kantor.

Aturan Pembagian Ruang Kantor dalam Ruko

Maka pada kesempatan kali ini, SewaKantorCBD.com akan mengulas beberapa contoh desain kantor dalam ruko yang bisa jadi pilihan. Anda bisa menyatukan kantor pemasaran bersama dengan kantor distribusi, kantor agen produk tertentu, dan lain sebagainya. Yang terpenting tiap-tiap peruntukan ruang sesuai dengan tata letaknya.

Karena itu, sebelum kita lihat beberapa contoh kantor dalam ruko, mari kita pahami terlebih dahulu bagaimana aturan pembagian ruang kantor dalam ruko yang efektif. Jika Anda terbalik dalam membuat tata letak pembagian ruang, bisa saja ruang kantor Anda akan semprawut alias berantakan.

1. Bagian fast moving

Bagian fast moving adalah bagian ruang kantor yang memiliki pergerakan cepat. Beberapa contoh bagian fast moving misalnya ruang pendistribusian barang atau ruang pemasaran produk.

Untuk bagian ini tidak bisa Anda letakkan pada lantai atas. Tentu sangat tepat bila Anda letakkan pada bagian yang mudah dijangkau, misalnya di lantai bagian paling depan yang mudah dimasuki para kolega atau pelanggan.

Bagian ini juga harus Anda tata dengan furniture yang menarik dan rapi. Sebab di ruang inilah Anda akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Anda bisa mendesain tuang ini dengan tampilan display produk-produk yang tertata rapi. Tujuannya agar pelanggan atau tamu yang datang ke tempat kerja Anda, bisa tertarik dengan apa yang ditawarkan. Selain sebagai ruang penyambutan, pemasaran juga bisa menjadu ruang promosi.

Baru setelah Anda sambut pelanggan di ruang ini, Anda bisa arahkan ke ruang yang lebih privat bila ingin bernegosiasi.

2. Bagian keamanan

Khusus untuk Anda yang memiliki kantor di ruko kawasan perindustrian, Anda wajib memiliki ruang keamanan. Ruang ini bisa berupa satu ruangan kecil yang berada di depan gerbang kantor dalam ruko Anda.

Jangan lupa untuk memperhatikan agar desain ruang keamanan tetap mencerminkan kesan perusahaan anda. Berikan pula papan informasi di samping ruang keamanan yang sekiranya mudah di lihat pengunjung agar semua yang berlalu lalang melewati gerbang keamanan bisa mengetahui pengumuman tersebut.

(Baca Juga: Gedung Kantor vs Ruko, Mana Lebih Baik?)

3. Bagian slow moving

Selain bagian fast moving, tentu bila Anda berkantor di ruko pasti Anda membutuhkan bagian atau ruangan slow moving. Bagian inilah yang memiliki pergerakan lambat. Pada bagian ini biasanya hal-hal yang berhubungan dengan operasional kantor dijalankan, misalnya yang berhubungan dengan administrasi kantor.

Ruangan jenis ini bisa Anda tepatkan pada lantai dua atau tiga ruko. Anda bisa membuat sekat atau partisi antar satu ruang dengan ruang lainnya. Pada ruang ini biasanya akan lebih baik bila dibuat dengan desain yang lebih privat. Karena itu, sebelum mendesain ruang, cobalah buat denah yang akan membagi ruang ruko Anda.

Bagi berdasarkan jumlah ruangan yang Anda butuhkan. Baru setelah itu Anda buat sekat untuk memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya. Untuk pilihan warna, tak ada salahnya bila Anda gunakan warna natural saja, atau bisa juga gunakan warna-warna pastel yang cenderung disukai saat ini.

4. Kamar mandi

Berikutnya adalah ruang kamar mandi yang harus ada di tiap-tiap lantai bangunan ruko. Akan sangat tidak efektif bila ruko hanya memiliki kamar mandi pada lantai-lantai tertentu saja. Anda bisa desain kamar mandi dengan desain yang sederhana. Umumnya yang terpenting dari kamar mandi adalah fungsinya, bukan tampilannya. Selain itu, bagian terpenting lainnya yaitu kebersihan agar selalu tetap terjaga.

Jangan lupa untuk menyediakan ruang khusus bagian yang mengurus seluruh kebersihan ruang kantor Anda.

Contoh Desain Kantor di Ruko

Untuk tampilan kantor dalam ruko, Anda bisa memilih beberapa contoh desain kantor dalam ruko di bawah ini.

Buat anda yang suka nuansa hitam putih dengan desain bergaya skandinavian, ini bisa jadi pilihan terbaik. Menggabungkan meja kerja dan kursi dengan warna dominan putih ditambah beberapa foto yang ditata dengan apik. Anda bisa meletakkan foto prestasi perusahaan Anda.
Yang punya ruko dengan ruang lebar, tak ada salahnya mencoba desain kantor dalam ruko di atas. Hanya warna pintu dan meja kerja saja yang dibuat dengan warna mencolok berbeda dengan lainya. Sisanya dibuat dominan putih.
Buat yang suka meletakkan beberapa bahan bacaan di ruang kantor, bisa jadi ini pilihan terbaiknya. Gunakan rak buku sebagai penyekat antar ruangan. selain membuat tampilan segar, juga terlihat berkelas.
Yang suka model kantor kekinian dengan ruang terbuka tanpa partisi dan sekat, bisa juga coba model ruang kantor dalam ruko di atas. Cukup hanya dengan meletakkan beberapa meja dalam satu ruangan besar tanpa sekat. Cocok juga untuk pemilik ruko yang ingin buka ruang kantor bersama.
Buat yang suka dengan gaya minimalis, bisa coba meletakkan meja dan kursi sederhana dalam ruangan. Ini bisa jadi pilihan terbaik terutama untuk yang punya ruang kantor sempit.
Jika kantor dalam ruko Anda harus menampung banyak karyawan, Anda bisa coba desain yang satu ini. Cukup hanya meletakkan meja dan kursi portabel.

Selama Anda belum pindah ke gedung perkantoran, tak ada salahnya menggunakan ruko sebagai kantor. Yang penting pintar-pintarnya saja dalam mendesain kantor dalam ruko.