Bekerja di Gedung Kantor dapat Terkena Penyakit Sick Building Syndrome?

Anda pernah mendengar penyakit Sick Building Syndrome? Penyakit yang biasa disebut SBS ini merupakan kondisi di mana suatu penghuni ruangan/bangunan kantor mengalami rasa tidak enak badan dan tidak nyaman selama berada dalam ruangan tersebut. Kemudian tak lama setelah Anda ke luar area gedung, kondisi badan kembali bugar dan bertenaga bahkan pikiran terasa lebih jernih. Sehingga perlu diketahui juga bahwa bekerja di gedung perkantoran dapat memicu sindrom seperti ini.

Anda tak perlu khawatir, penyakit ini memang kerap dialami oleh para pekerja ibu kota yang kerap menghabiskan setengah hari lebih banyak dalam ruangan kantor. Tentu saja hal ini didasari oleh faktor banyaknya waktu yang dihabiskan dalam sebuah gedung saat Anda bekerja. Apalagi jika Anda merupakan tipe pekerja dengan jam lembur yang tinggi dan tak berkesudahan, penyakit ini dapat terjangkit dengan mudah.

Beberapa ahli kesehatan sendiri banyak yang membenarkan adanya sindrom SBS dengan melihat tradisi bekerja di ibu kota saat ini. Namun ada juga ahli lain yang menganggap hal ini hanya sekedar stigma. Apapun itu, yang jelas Anda tetap wajib waspada karena banyak sekali penyakit yang dapat timbul dari aktivitas kerja kita. Mari ketahui dulu gejala Sick Building Syndrome agar dapat Anda antisipasi dengan mudah.

1. Sakit Kepala atau Pusing

Penyakit Sick Building Syndrome

(Image: Web MD Health Services)

Kondisi ini menjadi sangat umum terjadi saat berada dalam ruangan gedung. Beda halnya dengan sakit kepala  akibat tumpukan kerjaan di kantor, sindrom ini lebih kepada sakit kepala yang terjadi secara alami saat memasuki gedung kantor.

 

2. Iritasi Ringan

Penyakit Sick Building Syndrome

(Image: eyesafe.ca)

Jika Anda sering merasa iritasi pada bagian tubuh, bisa jadi Anda terkena penyakit SBS ini. Umumnya iritasi terjadi pada bagian mata, hidung, tenggorokan, dan kulit. Tahukah Anda bahwa hal ini disebabkan oleh faktor udara dalam ruangan tersebut. Buruknya ventilasi udara menyebabkan ruangan semakin lembab dan debu, sehingga semakin memicu gejala SBS semakin kuat.

 

3. Mual

Penyakit Sick Building Syndrome

(Image: floridaphysicalmedicine)

Sering merasa mual juga dapat menjadi indikasi terkena Sick Building Syndrome. Biasanya gejala ini akan muncul secara tiba-tiba meskipun saat sedang tidak sakit sekalipun. Anda perlu menenangkan pikiran sejenak pikiran saat merasa seperti ini, agar rasa mual tidak semakin bertambah dan parah.

 

4. Sesak Nafas dan Asma

Penyakit Sick Building Syndrome

(Image: europeanandafricancentre)

Waspada juga terhadap sesak nafas atau bahkan asma jika Anda berada di kantor. Mau terjadi di mana pun, kondisi ini memang cukup mereportkan. Oleh karena itu Anda perlu waspada terhadapp gejala ini. Terutama jika Anda kerap merasakan ini saat hanya berada di dalam ruangan kantor saja. Ada baiknya untuk menghirup udara segar sejenak sambil menenangkan pikiran jika terjadi hal seperti ini.

 

5. Alergi

Penyakit Sick Building Sydrome

(Image: entnyc)

Jika Anda tiba-tiba merasa alergi sesuatu, meski sebelumnya tak pernah ada riwayat alergi, bisa jadi hal ini merupakan gejala SBS. Alergi di sini bisa berupa banyak hal, alergi terhadap debu, alergi mengonsumsi beberapa jenis makanan, dan lain-lain. Terlalu lama waktu yang Anda habiskan di dalam ruangan gedung menjadi faktor utama munculnya alergi ini. Jadi, tak ada salahnya untuk mengantisipasi dari sekarang.

 

Langkah Mengantisipasi

Tak perlu khawatir berlebih, hal ini memang umum dialami oleh para pekerja di gedung perkantoran Jakarta. Sehingga ada banyak cara untuk dapat mengantisipasi hal seperti ini, meskipun tidak ada sejenis obat untuk penyakit seperti ini. Mari simak langkah mudah ini:

  • Jangan lupa untuk menargetkan waktu yang tepat antara bekerja dan istirahat. Anda wajib setidaknya istirahat rutin 10 menit sekali dari layar komputer.
  • Waktu tidur yang cukup
  • Mengonsumsi makanan sehat dan rutin olahraga agar tubuh tetap fit dan tak mudah dijangkit oleh penyakit.
  • Mengatur alur kerja yang baik sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik tanpa harus sering lembur.
  • Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sejenak ke luar area gedung untuk menghirup udara segar, biasanya dapat dilakukan saat makan siang ataupun meeting di luar.

Pada intinya bekerja secara overtime memang dapat memicu beragam penyakit, oleh karena itu kita tetap perlu menjaga daya tahan tubuh dengan melakukan segala rutinitas dengan baik. Mari jaga kesehatan sedari sekarang!

(Source: Viva.co.id)