Berapa Biaya Desain Interior Kantor?

Diaya Desain Kantor

Berapa biaya rata-rata yang harus Anda keluarkan untuk desain interior kantor? Pertanyaan ini bisa saja muncul ketika Anda baru pertama kali pindah kantor atau ingin melakukan penyegaran kembali ruang kantor yang perusahaan Anda tempati.

Wajar saja, biaya untuk sewa kantor saja sudah cukup menguras pikiran karena harus disesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan kantor, kemudian harus memikirkan biaya untuk dekorasi dan desain kantor lagi. Namun biar bagaimanapun, ketepatan dalam menyusun desain interior kantor tidak hanya berimbas pada estetika semata, melainkan juga pada efisiensi kinerja dan produktivitas karyawan.

Nah untuk menjawab pertanyaan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan desain interior menggunakan jasa profesional, memang tidak bisa dijawab langsung dengan angka. Setidaknya Anda harus tahu beberapa hal dasar terlebih dahulu untuk bisa estimasi harga.

Biaya Desainer Interior Kantor

Seorang desainer interior memulai pekerjaannya dari mendengarkan apa yang klien inginkan. Dari situ, desainer kemudian merepresentasikan ke dalam gambar 2 dimensi. Kemudian bila klien oke, maka akan dilanjutkan dengan membuat bentuk 3 dimensi.

Bagi yang masih bingung mencari acuan dalam menentukan biaya desain interior kantor, Anda bisa menerapkan beberapa cara perhitungan jasa yang cukup mudah. Cara perhitungan ini kebanyakan diterapkan para desainer di Indonesia. Berikut beberapa penjelasannya:

Kerumitan konsep

Untuk konsep interior kantor biasanya lebih rumit dibandingkan konsep ruangan residensial pada umumnya. Kerumitan konsep ini terjadi karena seorang desainer biasanya tidak hanya akan dituntut untuk mengeksplor ide serta konsep baru. Melainkan juga harus memastikan semua hasil rancangannya bisa diimplementasikan dengan teknik tepat.

Hal ini juga mengacu pada proses mendapatkan material dan penggunaannya yang mudah. Semakin rumit konsep, maka biayanya akan semakin tinggi. Hal ini sebanding dengan tenaga dan berbagai hal yang dikeluarkan oleh desainer.

Total luas bangunan yang akan didesain

Secara matematis, mendesain satu ruangan terbilang lebih mahal dibandingkan beberapa ruangan sekaligus. Biasanya seorang desainer memiliki standar charge minimum bagi kliennya. Jika konsep ruangan kantor terbilang luas, maka menggunakan sistem satu ini bisa menjadi pilihan guna menghemat biaya desain.

Tiap desainer memiliki cara perhitungan yang berbeda terkait dengan luas bangunan. Tetapi setidaknya secara umum dibagi menjadi tiga cara menghitung biaya desain interior berdasarkan luas bangunan:

#1. Permeter persegi

Di kota-kota besar seperti Jakarta, rata-rata harga jasa desainer interior yang sudah tersertifikasi berkisar Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 per meter persegi. Perhitungan tersebut mengacu pada luas per meter pesegi total ruangan yang akan didesain.

#2. Per view

Perhitungan per view mengacu pada jumlah view yang diminta. Desainer biasanya menghitung total jumlah ruangan serta view yang hendak didesain. Dalam perhitungan tersebut, semakin banyak view, maka harganya semakin murah. Untuk metode perhitungan ini, range harganya mencapai Rp 300.000 s/d Rp 800.000.

#3. Prosentase

Dalam perhitungan berdasarkan prosentase, tarif dihitung dari prosentase total biaya produksi. Umumnya besaran presentase dihitung kisaran 2 sampai 5% dari total biaya produksi yang sebelumnya telah disepakati.

#4. Hanya menjual jasa desain

Tarif dalam membayar biaya desain interior juga bisa dipatok hanya dari biaya gambar desain saja. Harga tiap desain pun bervariasi tergantung dari tingkat kerumitan interior ruangan yang diinginkan. Semakin rumit desain interior kantor, maka harga per desainnya akan semakin tinggi.

#5. Design and build

Perhitungan berdasarkan design and build berarti klien dapat meminta jasa desain sekaligus pengisian furniture. Hal ini juga mencakup pengecatan plafon, pemasangan lantai, plafon, hingga lighting. Bagi yang menginginkan kepraktisan, konsep design and build bisa menjadi acuan Anda dalam menentukan operasional desain interior sekaligus negosiasi harganya.

Biaya Desain Kantor
Image: carocommunications.com

Cara Kerja Desainer Interior

Tiap desainer mungkin memiliki cara kerja yang berbeda. Tetapi secara umum, kebanyakan desainer bekerja dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama klien akan melakukan brief tentang konsep desain yang diinginkan. Hal ini juga sudah termasuk pengukuran dan survei lokasi.
  2. Kemudian desainer akan mengajukan beberapa penawaran yang sesuai dengan hasil survei dan brief. Jika negosiasi berhasil, maka lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Setelah memberikan uang muka, maka pengerjaan pun akan dimulai sampai batas waktu yang telah disepakati bersama.
  4. Klien berhak mengajukan revisi dengan total revisi maksimal yang telah disepakati sebelumnya. Biasanya total revisi hingga 3x. Jika revisi lebih dari 4x, umumnya akan dikenai tarif tambahan sesuai kesepakatan sebelumnya.
  5. Jika proses desain sudah final, maka akan dibuatkan draft BQ yang berisi rincian biaya material hingga upah pekerja. Keakuratan draft tersebut harus dipertanggungjawabkan sebaik mungkin.
  6. Kemudian proses terakhir adalah pelaksanaan desain dalam bentuk fisik sampai selesai.
(Baca Juga: Ragam Jenis Desain Interior Kantor yang Cocok untuk Ruang Kerja Anda)

Tips Mencari Desainer Interior Kantor

  1. Pertama-tama lihat dan nilai dulu portofolio dari desainer yang akan diajak kerja sama. Portofolio begitu penting karena merupakan gambaran dari pekerjaan sebelumnya yang telah diselesaikannya. Memang tak sepenuhnya menjadi acuan. Namun sangat penting untuk Anda nilai.
  2. Lihat langsung proyek yang pernah dibuat desainer tersebut. Dengan melihat hasil karyanya secara langsung, maka akan merasa lebih puas dan lebih mengenali secara dekat bentuk asli dari desain tersebut. Anda pun bisa menilai bagaimana keakuratan desain serta bentuk realnya.
  3. Jangan berdalih ingin menghemat budget kemudian Anda sembarangan menentukan desainer interior. Jangan mudah tergoda dengan harga murah. Baiknya nilai secara fair bagaimana hasil kerja sebelumnya dengan harga yang dipatoknya. Harga murah tak selamanya menguntungkan. Bisa jadi apa yang ditawarkannya tidak sesuai dengan ekspektasi dan pada akhirnya hanya mengecewakan.

Para desainer interior kantor membantu para pemilik mewujudkan desain interior impiannya. Dalam interior kantor, beberapa aspek harus diperhatikan secara sungguh-sungguh. Mulai dari pemilihan warna cat dinging, furnitur, hingga penentuan cahaya. Dengan begini, Anda tidak akan salah langkah dalam mengeluarkan biaya desain kantor berkat proses-proses di atas.