Ini Dia Jadwal Operasional MRT yang Telah Ditetapkan PT MRT Jakarta

Jadwal Operasional MRT

Semakin hari perkembangan mass rapid transit (MRT) semakin pesat saja. Bahkan pembangunannya kini telah mencapai 95,97% dan akan rampung dalam waktu dekat ini. Jika melihat jalur yang sudah tertata rapi, terowongan, hingga melihat wujud kereta tersebut seakan membuat masyarakat semakin tidak sabar untuk menantikan keberlangsungan transportasi paling diandalkan di beberapa negara ini.

Apalagi beberapa uji coba sistem kereta telah dilakukan secara bertahap demi menguji kelancaran operasional nanti. Uji coba sistem ini lebih berfokus pada pengecekan fungsi elemen dan sistem pada saat MRT berjalan. Sedangkan uji coba operasional MRT juga akan dilakukan secara penuh pada 15 Februari 2019 mendatang.

Namun Anda tak perlu khawatir, saat ini jadwal keberangkatan MRT telah ditentukan dan diinfokan kepada masyarakat, yaitu beroperasi pada pertengahan Maret 2019. Warga Jakarta masih harus bersabar sedikit lagi demi segala proses operasional dapat berjalan dengan lancar dan teratur.

“Pertengahan Februari 2019, kami uji coba operasi secara penuh atau full trial run. Seolah-olah kereta sudah beroperasi seperti normal, tetapi belum bisa menaikkan penumpang,” ujar William P Sabandar selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta.

Jadwal Operasional MRT

(Image: Kompas.com)

Nantinya, kereta MRT akan dijadwalkan mulai berangkat pada pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB pada setiap hari. Kemudian jadwal kereta tersebut akan aktif berangkat setiap lima menit sekali pada jam sibuk (pukul 05.00 – 06.00 WIB) dan setiap 10 menit di luar jam sibuk (pukul 16.00 – 19.00 WIB).

Dengan begini, diharapkan agar masyarakat dapat benar-benar mengandalkan jenis transportasi ini tanpa perlu khawatir soal kapasitas MRT dikarenakan jadwal yang terus berjalan pada jam-jam penting. Di samping itu pihak MRT juga menjamin bahwa jadwal akan selalu tepat waktu dikarenakan memiliki perlintasan sendiri tak seperti kereta lainnya yang menggunakan satu jalur bersama.

Mari berharap pula saat kereta MRT telah beroperasi di Jakarta nanti, warga Jakarta juga dapat menggunakannya dengan baik dan teratur. Terutama bagi para karyawan ibu kota yang sangat mengandalkan transportasi ini, semoga keteraturan dan kebersihan tetap dapat dilaksanakan nantinya. Hanya perlu menunggu sedikit waktu lagi hingga kita dapat mengakses berbagai tempat tujuan dengan efektif dan efisien. Kita harapkan pula dengan adanya jenis transportasi ini kemacetan Jakarta akan semakin berkurang dan membuat kondisi jalanan ibu kota semakin kondusif.

 

(Source: Kompas.com)