Bisa Ditiru Kreatifnya 3 Gedung Ini, dari Gudang Disulap Jadi Kantor

Gudang Disulap Jadi Kantor

Kreativitas dituntut dimiliki setiap keadaan di era perkembangan zaman, termasuk dalam hal membangun kantor. Minimnya lahan serta mahalnya harga sewa gedung perkantoran menuntut para pengusaha pintar-pintar membangun kantor.

Tak ayal, kreativitas pun dituntut agar tercipta sebuah gedung kantor yang murah namun juga efisien agar pekerjaan kantor dapat dikerjakan secara lancar. Memanfaatkan segala ruang yang tersedia bisa jadi cara cerdas yang bisa dilakukan. Termasuk gudang disulap jadi kantor seperti yang dilakukan oleh beberapa gedung perkantoran berikut ini.

1. The Est 64 Project

Gudang Disulap Jadi Kantor
Image: Designboom
Gudang Disulap Jadi Kantor
Image: MSN.com

The Est 64 Project adalah gudang disulap jadi kantor yang terlihat sangat menarik. Bangunan tersebut berada di Bangkok, Thailand. Menariknya, gudang yang telah beroperasi lebih dari 40 tahun itu, tetap terlihat kokoh dan begitu menampilkan sisi-sisi kreatif desainernya. Bagaimana desain yang mereka buat?

The Est 64 Project memiliki luas yang terbilang sangat luas. Luasnya lebih dari 100 meter persegi, dengan dua lantai dan mezanine. Nah pada area Mezanine inilah menyulapnya menjadi ruang kerja setinggi 2.5 meter. Desain interiornya dirancang khusus agar bisa menjadi tempat kerja bagi departemen administrasi dan akuntansi.

Pada bagian lantai pertama, The Est 64 Project juga disulap agar bisa menjadi ruang kerja sekaligus menyatu dengan area resepsionis. Hasilnya desainer meletakkan satu partisi di tengah yang membagi lantai bawah menjadi dua bagian.

Tak cuma mezanine, pengelola gedung juga memanfaatkan teras gudang sebagai ruang untuk bersantai dan ruang serbaguna. Teras tersebut dinilai sangat efektif karena mendapat paparan langsung dari sinar matahari melalui ventilasi. Adanya ventilasi juga membuat gedung menjadi sehat dikarenakan pencahayaan yang cukup dari sinar matahari.

Hal ini juga menghemat penggunaan listrik dari kantor, karena kantor bisa menghemat penggunaan lampu. Selain itu, fasad bangunan tersebut didesain dengan sedikit transparan, yang mana menimbulkan efek luas dalam ruangan serta area kerja yang sedikit terlihat dari luar.

Kesan efisien begitu terlihat dalam bangunan tersebut, dimana desain bangunan dibuat sedemikian rupa sehingga memaksimalkan ruang yang dapat disewakan. Selain itu, desain bangunan juga menciptakan kesan munculnya gagasan keseimbangan di dalam kehidupan kerja.

Sebagai fasilitas gedung, The Est 64 Project dilengkapi dengan 9 tempat parkir berbeda. Menariknya 6 dari 9 tempat parkir yang tersedia bisa juga dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan.

2. Gedung Ansarada di Chicago, Amerika Serikat

Gudang Disulap Jadi Kantor
Image: ricgallery.com
Gudang Disulap Jadi Kantor
Image: Pinterest

The Est 64 Project didesain oleh biro arsitek Australia, Those Aarchitects. Selain mendesain The Est 64 Project, mereka juga berhasil menyulap gudang di Amerika menjadi sebuah kantor yang keren dan modern.

Kantor tersebut merupakan salah satu kantor korporasi layanan jasa keuangan cabang dari Ansarada, yang berada di Chicago, Amerika Serikat. Ansarada sendiri adalah kantor korporasi layanan jasa keuangan yang berdiri di Sydney, Australia, pada tahun 2005. Cabang-cabang yang lain dari korporasi tersebut berada di New York, Amerika Serikat, dan London.

Tidak seperti gedung tua di Amerika Serikat yang lain, gudang tersebut tidak termasuk dalam situs dilindungi, sehingga biro arsitek asal Australia tersebut bisa bebas mendesain ulang gudang tersebut.

Biro arsitek tersebut memasukkan elemen baru ke dalam bangunan yang memiliki luas 880 meter persegi dan beradai di lantai lima tersebut, salah satunya dinding dari oakwood yang dicat hitam serta diberi ribuan luang. Dinding tersebut dimaksudkan agar menjadi dinding multifungsi dan bisa digunakan untuk apa saja.

Ruang kantor tersebut menerapkan desain ruangan terbuka tanpa sekat pada satu bagian, dan tertutup pada bagian sebelahnya. Selain itu, ruang kerja dalam kantor tersebut juga terbilang kedap suara, sehingga sangat kondusif untuk melakukan kegiatan kantor. Selain ruang kerja yang terbilang kedap suara, kantor tersebut memiliki ruang privat.

Ruang privat tersebut tak lain adalah ruang dengan dinding kayu oakwood bercat hitam yang mana ruangan privat tersebut dijadikan sebagai tempat membaca serta ruang pertemuan. Selain itu, kantor tersebut memiliki ruang bersantai dan tempat pertemuan informal yang berada di dekat dapur dengan pemandangan kota Chicago.

(Baca Juga: 7 Gedung dengan Gaya Arsitektur yang Unik di Jakarta)

3. Gudang tua di London, Inggris

Gudang Disulap Jadi Kantor
Image: Pinterest

Selain kedua kantor di atas, terdapat pula satu gudang disulap jadi kantor. Tangan-tangan kreatif tersebut datang dari Sadie Snelson, pemiliki biro arsitek Sadie Snelson Architects, yang berkantor di London, Inggris.

Dengan pengalaman di dunia arsitek selama lebih dari 15 tahun, Snelson berhasil menyulap salah satu gudang tua di London Timur menjadi sebuah tempat tinggal sekaligus kantor bagi seorang fotografer profesional.

Sebelum direnovasi, gudang ini tidak memiliki ventilasi serta hampir seluruh bagiannya rusak. Agar bangunan tersebut menjadi menarik serta kembali berfungsi dengan baik, Snelson menambahkan beberapa jendela, menghilangkan dinding pembatas, hingga mengganti seluruh lantai.

Lantai tersebut diganti dengan lantai kayu, dengan maksud agar mendapatkan kesan nyaman pada hunian. Namun Snelson tetap mempertahankan beberapa bagian lain seperti tiang baja serta dinding sekeliling bangunan.

Hasil renovasi dari tangan Snelson begitu elegan dengan pemilihan warna serta material yang tepat. Kesan rumah yang nyaman seketika dapat tercipta, namun juga terdapat sentuhan elegan dari perpaduan warna hitam, cokelat, serta putih yang bersatu padu.

Namun begitu, Snelson sengaja membiarkan tiang baja terlihat jelas karena Snelson ingin meninggalkan kesan bahwa dulunya rumah tersebut adalah sebuah gudang disulap jadi kantor.

Memang di luar negeri, khususnya di negar-negara Barat, gudang disulap jadi kantor adalah hal yang biasa. Jika ditilik lebih dalam, sebenarnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang efisien karena lebih menghemat biaya dalam pembuatan sebuah bangunan kantor. Bagaimana? Tertarik mencoba?