Buat Suasana Baru, 11 Ide Mural Kantor Ini Bisa Jadi Pilihan!

Ide Mural Kantor

Anda sedang ingin merombak kantor untuk menciptakan suasana baru? Nah, melihat tren desain yang digunakan pada perusahaan-perusahaan saat ini, banyak sekali ditemukan ciri khas “hiasan” yang sering diterapkan di perusahaan startup. Biasanya ide mural kantor tersebut bisa berupa tipografi, graffiti, doodle, icon logo perusahaan, kartun animasi, permainan warna, dan lain-lain. Mural dengan jenis ini memang tak bisa dipungkiri dapat menunjang tampilan yang menarik, plus selalu berhasil memanjakan mata para karyawannya.

Namun perlu diperhatikan pula, jangan sampai terlalu excited hingga membuat Anda lupa akan karakteristik perusahaan Anda sendiri. Hingga saat tamu perusahaan datang, mereka justru merasa asing dan tak mengenal perusahaan Anda karena desain ruangan yang tak senada dengan fokus perusahaan. Mari berkreasi dengan bijak!

Apalagi untuk perusahaan yang banyak digandrungi oleh generasi millenials dan pekerja kreatif. Wajib hukumnya jika tampilan kantor juga dapat mendukung semangat sehingga dapat melahirkan ide-ide cemerlang. Untuk itu, SewaKantorCBD mengajak Anda berkreasi dari ide mural kantor yang menarik untuk dijadikan referensi. Mari simak ulasannya.

1. Mural Quotes 

Ide Mural Kantor
Image: etsy.com – Pinterest

Ide mural kantor satu ini sangat sering ditemukan di berbagai jenis perusahaan. Yang membedakan hanya tampilan dan desain mural tersebut. Agar lebih menarik dan dilihat oleh karyawan Anda, hadirkan mural quotes dengan cara seperti membuat ukuran yang besar, dengan style font yang menarik, atau dengan tambahan gambar di sekelilingnya.

Satu poin tambahan lagi, ada baiknya pula untuk membuat quotes yang benar-benar berarti, atau bahkan memakai kata-kata yang jarang ditemukan banyak orang, sehingga para karyawan yang melihat akan terkesima dan kembali semangat bekerja.

2. Mural Doodle

Ide Mural Kantor
Image: mit24h.com – Pinterest

Mural bergaya doodle juga jadi pilihan yang menarik. Lekukan dan karakteristik mural satu ini memang selalu sukses memanjakan mata. Apalagi jika perusahaan Anda bergerak di bidang kreatif, menggunakan style ini tidak ada salahnya. Tambahkan mural ini pada satu atau beberapa dinding area kerja, agar karyawan dapat meringankan pikiran saat sedang lelah bekerja.

3. Mural Ikon Superhero

Ide Mural Kantor
Image: demilked.com

Jika Anda penggemar karakter superhero, bisa juga aplikasikan ini ke dalam ruang kantor Anda. Cara menerapkannya pun bisa sekreatif mungkin. Tahukah Anda bahwa perusahaan ini menggunakan campuran sticky notes hingga akhirnya berbentuk seperti karakter superhero Superman, Captain America, Batman, dan lain-lain. Cara ini bisa Anda ikuti juga tidak ingin menggunakan jasa seniman dan dapat dilakukan oleh setiap karyawan masing-masing. Menarik, ya!

4. Mural Berupa Ikon Perusahaan

Ide Mural Kantor
Image: cozydecoration.com – Pinterest

Bagi perusahaan startup, mengaplikasikan icon-icon yang menggambarkan bidang perusahaan Anda sepertinya cukup penting untuk dilakukan. Langkah ini juga dapat sekaligus mengedukasi karyawan dan tamu perusahaan untuk lebih mengenal fitur-fitur perusahaan. Jangan lupa juga, buat tampilannya semenarik mungkin agar mudah terpancing oleh perhatian. Asal jangan sampai dibuat terlalu memaksakan menarik, kemudian mural tersebut tidak mudah dimengerti.

5. Mural Sketch

Ide Mural Kantor
Image: creativebloq.com – Pinterest

Ide mural kantor bergaya sketch juga banyak ditemukan di beberapa perusahaan saat ini. Jangankan perusahaan, sketch memang menjadi andalan dalam desain restoran, hotel, dan lain-lain. Coba hadirkan model sketch dengan inspirasi sesuai selera Anda atau sesuai karakteristik perusahaan.

Sebagai contoh, di perusahaan Advertising Agency bernama Leo Burnett yang berbasis di Singapore, menerapkan model sketch bergambar founder pada area dinding hingga ke bagian lantai. Tak hanya itu, terdapat juga pajangan berupa pensil besar yang menyambung dengan model sketch ini. Sebagai perusahaan advertising agency yang lekat dengan ide kreatif, tampilan ini menjadi salah satu ide sukses yang ada pada perusahaan Leo Burnett.

6. Mural Menyatu dengan Perkakas Kantor

Ide Mural Kantor
Image: Pinterest

Sederhana namun berkesan. Menambahkan ornamen-ornamen mural pada peralatan kantor di beberapa sudut ruangan bisa jadi hal yang berarti. Sekecil apapun peralatan tersebut, jika diberi ornamen mural pasti akan terlihat berarti dan membuatnya berkesan. Misalnya alat pemadam kebakaran ini, jika ditambahkan mural bergambar seorang astronot dibelakangnya jadi terlihat sangat unik dan mencuri perhatian. Tertarik?

(Baca Juga: Ragam Jenis Desain Interior Kantor yang Cocok untuk Ruang Kerja Anda)

7. Mural Tipografi

Ide Mural Kantor
Image: Pinterest

Bedanya dengan tulisan quotes seperti di atas, ide mural kantor satu ini bisa berupa tulisan apapun. Untuk menimbulkan semangat para karyawan tak hanya berupa quotes saja, Anda bisa membuat kata-kata kiasan, nama-nama ruang meeting, atau bahkan tagline perusahaaan Anda.

Ciptakan tampilan yang menarik dengan gaya grafiti atau tulisan neon. Dengan begini, kantor Anda akan terlihat interaktif dan tak membosankan.

8. Mural Ilustrasi

Ide Mural Kantor
Image: avmani.co

Bisa dibilang, mural ilustrasi wajib ada dalam desain kantor Anda. Di sini Anda bisa berkreasi sebanyak mungkin dan menghadirkan dalam bentuk ilustrasi. Sebagai contoh untuk perusahaan di bidang media sosial, Anda dapat menerapkan konsep seperti ini sehingga dapat langsung mendeskripsikan produk perusahaan secara tidak langsung. Hitung-hitung, spot ini juga bisa jadi spot foto para karyawan yang apik. Setuju?

9. Mural Playful

Ide Mural Kantor
Image: frostcollective.com.au – Pinterest

Perlu Anda ketahui, menghadirkan mural di dalam kantor tentunya betujuan untuk membuat kantor terasa ceria. Salah satu ide mural kantor yang cocok Anda terapkan yaitu menghadirkan mural bernuansa playful. Apapun konsep yang Anda terapkan, letakkan mural ini di spot yang biasa dilalui oleh setiap karyawan. Hal ini bertujuan agar suasana kantor semakin santai dan menyenangkan.

Salah satu ide yang menarik, Anda dapat membuat ilustrasi pendek perjalanan perusahaan dengan permainan warna yang beragam. Selain itu bisa juga hadirkan visi dan misi perusahaan dalam bentuk ilustrasi yang interaktif.

10. Mural Penunjuk Arah

Ide Mural Kantor
Image: picgra.com

Untuk memberikan kesan yang semakin menarik di dalam kantor, coba tampilkan mural yang berfungsi sebagai penunjuk arah. Terutama jika Anda memiliki area kantor yang luas dan terbagi menjadi beberapa area seperti kantor startup pada umumnya, hal ini jadi solusi tepat untuk mengarahkan tamu dengan tampilan mural yang menarik. Ciptakan mural sekreatif mungkin namun tetap harus mudah dipahami.

11. Mural Game Klasik

Ide Mural Kantor
Image: viendorglass.com

Mural bernuansa klasik sepertinya akan jadi hal menarik yang ada di ruang kantor Anda. Untuk itu, Anda dapat berkreasi menghadirkan gambar apapun yang mengingatkan kita pada hal-hal yang sering kita temukan pada jaman dulu. Misalnya dengan ide mural bergambar game Super Mario ini. Jadi ingat, kan, era di mana game ini sangat ternama dan dimainkan hampir setiap orang. Di samping itu, hal-hal seperti ini juga akan meningkatkan gairah semangat karyawan dan meringankan pandangan saat bekerja.

Itulah 11 ide mural kantor yang bisa Anda jadikan referensi. Wajar saja saat ingin merombak atau mendesain ulang kantor, ada banyak hal yang jadi pemikiran demi menciptakan suasana baru yang menyenangkan bagi setiap karyawan. Oleh karena itu, jangan sampai salah langkah, terutama pada bagian desain mural seperti ini. Selamat berkreasi!