Bukan Gedung Bertingkat, Inilah 10 Gedung Kantor Idaman Generasi Millennials

Generasi millennial memiliki perspektif yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Termasuk juga urusan kantor. Tempat yang menjadi rumah kedua bagi para pekerja ini menentukan tingkat produktivitas dan mood booster karyawan. Dari sekian banyak gedung perkantoran di dunia, nyatanya ada beberapa gedung perkantoran yang jadi impian para generasi millennial untuk bisa bekerja di sana.

Gedung-gedung tersebut identik dengan konsep terbuka, luas dan berpenampilan menarik seperti kafe. Konsep seperti ini memang tak hanya memanjakan mata, namun turut menunjang suasana bekerja yang hangat dan santai. Seperti yang kita ketahui, generasi millenial tidak suka suasana bekerja yang kaku dan memiliki ruang gerak terbatas. Memangnya, seperti apa contoh kantor idaman generasi millennial saat ini?

1. Google

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: kurva.co.id)

Gedung kantor yang mempunyai desain paling inspiratif dan terkenal pertama adalah kantor Google. Dapat dikatakan kantor satu ini mempunyai konsep terbaik dan keren di dunia. Kantor pusat Google terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat dan merupakan kantor terbesarnya yang diberi nama Googleplex.

Perusahaan raksasa ini menawarkan konsep open space office dan menyediakan banyak fasilitas bagi karyawannya agar lebih efektif. Selain di California, kantor Google juga berada di Kuala Lumpur yang mengadopsi budaya setempat yang dilengkapi dengan ruang meeting dan cafe yang dirancang dengan nuansa pantai, hutan lengkap dengan dedaunan, dan lain-lain.

 

2. Facebook

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: time.com)

Siapa yang tak kenal dengan jejaring sosial paling besar di dunia ini? Yap, Facebook dikenal memiliki tampilan gedung kantor yang menarik sejak menempati pada tahun 2012 lalu. Gedungnya saja memiliki area teramat luas yaitu 40.000 meter dan bahkan dinobatkan menjadi The Largest Open Floor Plan in the World. Kantor Facebook memiliki 2.800 karyawan yang berada di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Selain luas gedung yang menakjubkan, sisi menarik lainnya berasal dari penggunaan desain pada interior. Area dalam kantornya hanya dibatasi dengan kaca yang membuatnya merasa dekat antara karyawan satu dengan yang lain. Kemudian untuk kantor utamanya berada di lantai 2 dibuat dengan konsep single room dan desain industrial khas ditambah dukungan balok-balok dan permukaan kayu lapis alami. Semuanya tampak sederhana dan tidak mewah.

Sedangkan untuk ruang meeting di desain warna warni yang penuh instalasi seni dan membuatnya terlihat style pop art.

 

3. LEGO

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: usbuy.com)

Sebuah brand mainan raksasa di dunia, yaitu LEGO ternyata menjadi salah satu kantor idaman generasi millennials saat ini. Saking kuatnya brand permainan ini, bahkan LEGO dikenal oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa sekalipun. Sedangkan untuk kantornya sendiri, tak heran jika LEGO mempunyai tampilan kantor yang tak kalah menarik seperti produk mainannya. Kantor LEGO dibangun pada 2014 terletak di Trump Towers di Mecidiyekoy, Istanbul, Turki. Sosok dibalik keunikan desain gedung ini merupakan hasil campur tangan O.S.O Architecture dengan tim Okan Bayik, Ozan Bayik, dan Serhan Bayik.

Hampir setiap sisi ruangan gedung LEGO dihiasi oleh ornament berbentuk LEGO Brick dan sentuhan a la LEGO lainnya. Begitu pertama masuk ke dalam saja, Anda akan disuguhkan oleh hall dengan atap yang didesain berbentuk LEGO Brick, serta LEGO Minifigures pada sisi dinding dan partisi kaca.

Sedangkan untuk warna, perusahaan LEGO mengusung warna merah dan kuning untuk seluruh tempat dan memberikan kesan keselarasan pada desain interior ruangan kantornya. Tak dipungkiri, konsep seperti ini sangat menyatu dengan kecintaan generasi millennial saat ini.

 

4. Red Bull

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: Bloomberg)

Tak harus berada di gedung tinggi atau pencakar langit pada umumnya, gedung kantor Red Bull justru memiliki tampilan yang sangat menarik. Red Bull yang selama ini dikenal sebagai perusahaan minuman energi no. 1 di dunia ini memiliki kantor pusat di New York dengan desain a la modern minimalis. Begitu memasuki kantor ini, Anda akan terpana dengan dominasi warna putih dan tatatan ruang yang futuristik.

Selain itu ruangan kantor yang jadi sponsor utama salah satu tim MotoGP ini juga menggunakan banyak kaca dan memberikan kesan lapang dan warna koridor yang berbeda yang menciptakan kesan elegan.

 

5. Three Rings Design

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: officesnapshots.com)

Pernahkan kalian mendengar perusahaan Three Ring Design? Ini merupakan perusahaan pengembang game online yang terletak di San Fransisco. Beberapa game yang berhasil di kembangkan seperti Spiral Knight & Puzzle Pirates.

Ruangan kantornya mempunyai design yang unik karena menggunakan unsur gear atau mesin. Jika dilihat, dinding-dinding dan furniturnya mempunyai kesan vintage karena banyak lekukan yang rumit berbentuk gear.

 

6. Selgas Cano

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: Forbes)

Selgas Cano merupakan sebuah perusahaan yang terletask di Madrid, Spanyol yang bergerak di bidang desain dan arsitektur. Mengapa kantor ini begitu menarik bagi generasi millennial? Hal ini dikarenakan Selgas Cano menghadirkan suasana yang tak biasa bagi perkantoran pada umumnya. Selgas Cano berada di tengah-tengah alam berisi pepohonan yang justru begitu tenang, sambil dapat menghirup udara segar dan alami.

Selgas Cano mengusung konsep ruang kantor berupa tabung sederhana yang ditempatkan pada jendela besar dan membentang sepanjang seluruh isi tabung. Selain itu, ventilasi udaranya juga terkoneksi langsung dengan hawa sejuk dan sega dari pepohonan rimbun. Suasana seperti ini yang dibutuhkan bagi generasi millennials. Pasalnya, emosi yang sulit dikendalikan saat menghadapi tumpukan pekerjaan dapat terasa sedikit lebih ringat berkat pemandangan yang asri dan suasana sejuk seperti ini. Anda tertarik?

 

7. Gojek

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: Cerita Prasmul)

Kantor paling inspiratif dan terkenal selanjutnya datang dari Indonesia yakni Go-Jek. Kantor Go-Jek kini menjadi kantor paling diminati generasi millennial berkat fasilitas super lengkap dan juga desain interior yang atraktif. Kantor Go-Jek terletak di kawasan Blok M yakni Pasaraya Grande di lantai 6 dan 7. Saat mengawali langkah masuk saja, Anda akan tercengang melihat desain kantornya yang sangat unik dan kreatif dan disambut dengan mural warna-warni serta logo GoJek tepat di seberang lift.

Perusahaan ojek online milik Nadiem Makarim ini juga mempunyai kafetaria yang bisa dibilang mirip dengan kafe-kafe jaman now yang menjadi ciri khas generasi millennial.

 

8. Grab

Kantor Idaman Generasi Millennial

(Image: cquence.com)

Berikutnya adalah kantor Grab. Kantor pusat yang berada di Singapura ini mengedepankan cerminan warisan jutaan pelanggan dan driver mitranya di seluruh Asia Tenggara. Kantor pusat Grab di sini menempati 2 lantai di kompleks Marina One beberapa blok dari hotel Marina Bay Sands dan Marlion. Jika melirik ke sisi desainnya, kantor Grab tak luput memberikan sentuhan-sentuhan yang menarik seperti tren perkantoran saat ini. Hampir seluruh sisi ruang dihiasi oleh paduan warna hijau sebagai warna identik, kemudian ditambahkan lekukan tata ruangan yang unik, sehingga sangat memanjakan mata dan membuat suasana tidak kaku.

 

9. White Mountain

Kantor Idaman Generasi Millennials

(Image: Arch Daily)

White Mountain adalah kantor idaman di dunia. Pasalnya, mungkin Anda tak akan menyangka bahwa sedang berada dalam area perkantoran begitu masuk ke dalam. Tampilan kantor ini lebih mirip seperti lokasi syuting film bergenre Sci-Fi, atau juga sekilas seperti hotel berbintang. White Mountain sukses menghadirkan tampilan yang tak pernah dilihat sebelumnya, namun tetap meghadirkan suasana yang nyaman dan kondusif untuk menjalankan pekerjaan. Lokasi kantor ini berada di Stockholm, Swedia. Tidak hanya menakjubkan, kantor ini juga banyak dijadikan inspirasi gedung kantor lainnya berkat desain, teknologi, dan inovasi yang tak biasa. Konsep seperti ini cocok menjadi kantor idaman generasi millennials, terutama yang berkecimpung di bidang praktisi IT.

 

10. Kantor Zynga

Kantor Idaman Generasi Millennials

(Image: Office Snapshots)

Terakhir, Anda patut melirik tampilan kantor ini. Zynga merupakan sebuah brand yang dulu dikenal sebagai pembuat game di Facebook. Namun bukan berarti kini namanya sudah menghilang, Zynga justru beralih menjadi pembuat game untuk mobile dan dikenal banyak orang berkat desain kantor yang sangat menarik. Banyak pula jenis kegiatan seru yang dihadirkan Zynga, seperti seminar menggambar, seminar hewan piaraan, hingga kegiatan lainnya untuk mempererat hubungan sesama pekerja.

Melihat desain kantor terbaik di atas, rasanya ingin ikut merasakan suasana kantor di dalamnya, ya! Terutama bagi generasi millennial, konsep seperti ini sangat bersahabat dengan kesukaan anak muda yang identik dengan ruang terbuka. Tak dipungkiri, konsep ini juga mencerminkan generasi yang menghargai kebebasan nan maju.

 

(Source: idntimes.com)