Cara Mengatasi Mood Swing di Tempat Kerja

Mood Swing di Tempat Kerja

Kita memang tak pernah tahu suasana hati seseorang. Hati kita sendiri saja kerap kali tak menentu. Mood swing merupakan salah satu contoh istilah populer untuk mewakili suasana hati seseorang yang kerap berubah-ubah.Terkadang di saat suasana hati sedang tenang, bisa saja berubah drastis menjadi bad mood karena mengalami suatu hal. Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti pernah mengalaminya, apalagi saat di tempat kerja.

Tempat kerja bisa dibilang tempat paling strategis untuk munculnya mood swing. Rasa jenuh, bosan di tempat kerja, tekanan deadline, presentasi tak sesuai ekspektasi, berhadapan dengan atasan, penjualan menurun adalah segudang alasan mood swing muncul. Tetapi di tempat kerja, mood swing harus dikelola dengan baik. Bila tidak efeknya bisa sangat fatal.

Cara Mengatasi Mood Swing

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mood swing yang bisa mengganggu pekerjaan:

1. Berdiri dari tempat duduk dan berjalan sejenak

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: businessinsider.com

Jangan memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan saat suasana hatimu sedang tidak baik. Percuma, buang-buang waktu aja. Lebih baik, tinggalkan meja kerjamu sejenak dengan berjalan ke ruangan lain seperti dapur atau halaman untuk sekedar melihat-lihat suasana lain selain sepetak tempat kerjamu.

2. Menyeduh kopi atau teh panas

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: liveyourlifemore.com

Entah Anda coffee mania atau bukan, cobalah membuat secangkir kopi panas atau teh manis. Menurut beberapa penelitian efek positif dari kandungan kopi dan teh adalah sebagai mood booster. Kopi atau teh yang panas setidaknya dapat mengalihkan perhatianmu sejenak dari keruwetan kusutnya pikiran yang lagi tak karuan.

3. Tarik nafas dalam

https://welnis.com.au/wp-content/uploads/2015/05/Welnis-Breathing-For-Stress-Management.jpg
Image: welnis.com.au

Untuk mengoptimalisasi sirkulasi udara di rongga dadamu ada baiknya Anda mencoba latihan pernapasan perut. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik, kemudian keluarkan perlahan lewat mulut.

Jurus ini berguna agar perputaran oksigen dan karbondioksida dalam tubuh berlangsung dengan sempurna. Semakin dalam Anda menarik napas atau semakin banyak oksigen yang dihirup, semakin banyak karbondioksida yang Anda keluarkan.

(Baca Juga: 12 Cara Sederhana Tetap Hidup Sehat Meski Seharian Bekerja di Kantor)

4. Ngemil

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: officepantry.co.uk

Banyak yang bilang saat sedang mood swing di tempat kerja, cobalah untuk menikmati cemilan sehat seperti oatmeal, kacang almond, cokelat atau roti gandum. Namun jika tidak tersedia makanan tersebut, Anda dapat mencoba makanan kesukaan lain yang dapat membangkitkan kembali mood Anda.

Jangan sampai saat Anda memaksakan cemilan sehat namun tidak Anda sukai, justru akan membuat suasana hati semakin buruk dan tidak karuan. Bisa dibilang, makanan juga jadi penentu yang sangat utama dalam mempengaruhi suasana hati dan pikiran seseorang. Jadi, berhati-hati pula dalam memilih makanan Anda.

5. Curhat

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: todby.com

Ingin curhat mendalam ataupun cerita sedikit, yang jelas hal ini juga patut Anda terapkan saat mengalami mood swing di tempat kerja. Untuk mencurahkan isi hati Anda, tak harus selalu ke orang-orang, dapat juga curahkan melalui tulisan di kertas atau notebook Anda.Hal ini dapat jadi andalan jika Anda sedang tak ingin banyak berbicara kepada orang lain.

Selain itu, dapat pula di tempat yang aman dan kedap suara, seperti di kamar mandi. Dengan mengeluarkan perasaan negatif yang Anda punya saat ini, Anda akan sedikit terobati karena beban sudah dikeluarkan setidaknya walau belum menemukan solusinya.

6. Angkat telepon, bicara sama orang yang jauh di sana

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: govloop.com

Biasanya kita merasa kesal atau marah pada orang-orang di sekeliling kita. Baik itu di rumah, di kantor atau di lingkungan masyarakat tempat kita tinggal. Untuk mendapatkan pelipur lara, sebaiknya cari orang yang tidak ada hubungannya dengan persoalan yang sedang Anda alami.

Kemungkinan besar dia akan melihat kasusmu secara objektif jadi solusi yang dia tawarkanpun seharusnya akan sebijaksana dan senetral mungkin.

7. Dengarkan musik

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: dreamstime.com

Walaupun jika Anda bukan penyuka musik, tapi ada baiknya Anda mencoba terapi ini. Kata orang (para penggiat musik), dengan mendengarkan musik, mood swing kita akan berubah menjadi lebih santai dan nyaman. Hal ini wajib diterapkan di kala pikiran sedang mumet.

Namun perlu diperhatikan pula, jangan sampai musik yang Anda dengar malah menjadi masalah baru di tempat kerja. Coba gunakan headset atau earphone biar nggak mengganggu rekan kerja di ruangan yang sama.

8. Temukan akar masalah

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: waterfordwhispersnews.com

Untuk bisa mengobati suatu penyakit, seorang dokter harus tahu dulu diagnosa penyakit tersebut. Sama dengan masalahmu. Untuk bisa mengatasi dan mencari solusi dari masalahmu, cari tahu dulu duduk persoalannya.

Kalau masalahnya berasal dari rekan kerja, ada baiknya Anda bicarakan dengan pihak Human Resource untuk bisa mendamaikan persoalan yang Anda hadapi. Namun kalau masalahnya berasal dari keluarga atau tetangga, artinya tidak ada jalan lain. Be professional at work, lalu selepas jam kerja baru selesaikan masalah Andasegera.

9. Ngobrol sama kolega kerja

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: businessinsider.com

Ada baiknya pula Anda sempatkan diri untuk bersosialisasi dengan rekan kerja. Tapi ingat pula untuk tidak terlalu berlama-lama atau lupa waktu, karena itu akan mengurangi jam produktifitas Anda. Akan lebih baik bercengkrama atau bersantai saat jam istirahat. Cari topik yang menarik seperti makanan murah, gebetan atau mantan, sekali-kali dapat juga membicarakan trend artis yang sedang viral.

10. Cuti

Mood Swing di Tempat Kerja
Image: govexec.com

Kalau Anda sering terserang mood swing berlarut-larut, itu artinya sudah waktunya Anda mengambil jurus terjitu, yakni cuti.

Tidak perlu adu argumentasi lagi, itu artinya Anda sudah overwhelm dengan beban kerja. Badan dan pikiran Anda butuh istirahat agar bisa segar kembali untuk bertarung menghadapi persoalan berikutnya. Jangan sampai permasalahan yang Anda hadapi semakin menumpuk, ditambah dengan keadaan pikiran yang kacau. Hal ini justru akan semakin memperburuk keadaan.

Nah itulah 10 cara mengatasi mood swing di tempat kerja yang kerap mengganggu konsentrasi. Setiap orang tentunya memiliki cara tersendiri untuk menghadapi perubahan mood dalam dirinya. Intinya, usahakan untuk mencari hal-hal yang ringan atau menyenangkan di saat terjadi hal-hal buruk yang akan merubah suasana hati Anda.