Cara Sehat Pekerja Kantoran, Cukup 5 Menit Yoga di Meja Kerja Anda

Cara Sehat Pekerja Kantoran

Pekerja kantoran memang identik dengan orang yang minim olahraga. Hampir delapan hingga sepuluh jam tiap hari dihabiskan untuk duduk di depan komputer. Itu masih ditambah dengan perjalanan kerja ke kantor dan bersantai menonton tv di rumah.

Tak cuma mengakibatkan bosan dan penat, kebanyakan duduk nyatanya juga berpotensi mengganggu kesehatan. Apalagi kalau tak diimbangi dengan olahraga. Dan memang nyatanya, tak banyak pekerja kantoran yang meluangkan waktunya untuk olahraga rutin.

5 Menit Yoga di Kursi

Padahal untuk berolahraga bisa dilakukan hanya dalam waktu lima menit saja. Bahkan ada gerakan sederhana yang bisa dilakukan pekerja kantoran di tengah-tengah waktu kerja. Cukup lakukan yoga di meja kerja Anda. Beberapa gerakan dapat dilakukan di kursi, beberapa gerakan lainnya dapat dilakukan secara berdiri.

Adalah guru yoga Deera Dewi yang mengatakan, “ lima menit sudah cukup.” Untuk berapa kali kita lakukan tergantung kebutuhan. Misalnya tiap dua jam kerja kita merasa sudah lelah dan capek, maka “langsung stretching saja,” imbuh Deera.

Yoga bisa dibilang merupakan olahraga yang sangat sederhana. Tetapi meski demikian, yoga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Yoga bisa memperlancar aliran darah, membuat tubuh menjadi nyaman dan segar kembali hingga meregangkan otot yang tegang.

Gerakan Yoga di Meja Kerja 

Untuk melakukan yoga sederhana, kita tak perlu menyiapkan tempat khusus dan waktu khusus. Bagi pekerja kantoran, cukup melakukannya dari area bekerja kapanpun ia membutuhkannya.

Bagi Deera, kalau orang berpikir bahwa yoga itu harus pakai baju khusus dan dilakukan di atas matras, tempat luas, sebenarnya tidak. Yoga bisa dilakukan di area meja kerja.

Gerakan yoga yang bisa dilakukan seperti:

1. Chest opener

Cara Sehat Pekerja Kantoran
Image: prevention.com

Sudah pasti pekerja kantoran pasti menghabiskan banyak waktu di depan layar. Bagian punggung seringkali membungkuk. Kebiasaan ini bisa memicu munculnya sakit punggung.

Anda bisa melakukan gerakan chest opener yaitu kebalikan dari membungkuk. Maksudnya kita bisa menekukkan tubuh kita ke depan. Kalau tubuh terasa kaku, cukup menekuknya sedikit saja.

“Bagian depan dulu direnggangkan, ini kebalikan dari saat membungkuk dimana bagian belakang yang direnggangkan. Jadi ini kebalikanya,” kata Deera.

2. Twisting

Cara Sehat Pekerja Kantoran
Image: diyactive.com

Berikutnya Twisting, yaitu gerakan memutarkan bagian atas tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Twisting cukup ampuh mengatasi masalah pegal-pegal di bagian pinggang dan punggung.

Caranya mulailah dengan menegakkan punggung, lalu bersadar ke depan setelah itu tegak ke posisi semula. Baru putar bagian atas tubuh ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Tingkat putarannya cukup sebisanya saja. kalau kesulitan, bisa dibantu dengan berpegangan dengan leher kursi.

(Baca Juga: 12 Cara Sederhana Tetap Hidup Sehat Meski Seharian Bekerja di Kantor)

3. Angkat satu kaki

Cara Sehat Pekerja Kantoran
Image: uzone.id

Gerakan satu ini dapat Anda lakukan sejenak di lantai kantor. Anda bisa angkat satu kaki dan satu kaki lainnya menopang kaki tersebut. Cara ini bisa mengatasi masalah otot kaki yang kerap terasa pegal karena terlalu banyak duduk.

Selain itu, menurut Deera juga bermanfaat untuk mengatasi masalah otot bagian bawah pinggang agar kembali nyaman dan juga melancarkan aliran oksigen bagian bawah tubuh.

4. Tubuh menekuk sambil duduk

Cara Sehat Pekerja Kantoran
Image: Hello Sehat

Dengan posisi duduk, cobalah untuk menekukkan bagian atas tubuh ke bawah. Kalau Anda mampu, cobalah tekuk tubuh sampai tangan Anda menyentuh lantai. Tetapi kalau terasa sakit dan kaku, Anda cukup menekuk tubuh semampu Anda saja. Ingat, jangan terlalu dipaksakan, jangan sampai Anda justru merasa sakit dan tidak dapat bekerja secara optimal.

5. Forward bend

Cara Sehat Pekerja Kantoran
Image: chicagonow.com

Berikutnya Anda bisa coba berdiri lalu tekuk badan dengan posisi lengan lurus sambil berpegangan pada kursi. Ingat, kaki dan punggung harus lurus dan meregang. Cara ini bermanfaat untuk meregangkan otot harmstring hingga punggung.

Sebenarnya mudah bukan untuk berolahraga? Bahkan kita bisa melakukan yoga di meja kerja. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga dan budayakan setidaknya berolahraga beberapa menit setiap harinya di kantor. Hitung-hitung, sembari meregangkan otot, dapat pula meningkatkan stamina Anda melakukan rutinitas kantor.