Cuma di Jepang, Jalan Tol Menembus Lantai Gedung Perkantoran

Jalan Tol Menembus Lantai Gedung Perkantoran

Osaka, satu-satunya kota di Jepang yang memiliki jalan tol yang melintasi sebuah gedung perkantoran. Bahkan belum ada jalan tol lain di dunia yang memiliki akses seperti itu. Namanya juga Jepang, apa yang tak mungkin seolah bisa diubah menjadi kenyataan.

Selama ini kita pasti sering melihat banyak jalan tol berada di bawah tanah sebuah gedung atau setidaknya berada di lantai dasarnya. Namun akses lain daripada yang lain. Jalan tol ini benar-benar membelah tengah-tengah gedung, bahkan melewati tingkat 5, 6 dan 7 gedung tersebut.

Awal Mula Pembangunan

Jalan Tol Menembus Lantai Gedung Perkantoran
Image: Mark Carnaby
Jalan Tol Menembus Lantai Gedung Perkantoran
Image: Wikipedia

Hal ini diawali dengan inisiatif pemerintah daerah Osaka yang ingin melakukan pengembangan ulang di perkotaan tersebut pada tahun 1983 silam. Dikarenakan banyaknya protes dari para pemilik tanah yang harus merelakan tanahnya diambil alih pemerintah, maka pemerintah daerah menetapkan adanya sebuah peraturan yang memungkinkan adanya status kepemilikan tanah di satu buah titik oleh dua pemilik yang berbeda.

Konon kabarnya sang pemilik bangunan adalah seorang pengusaha arang kayu yang telah mewarisi tanah dan bisnis nenek moyangnya sejak tahun 1893. Setelah melewati negoisasi yang alot dan lama (selama 5 tahun), diambilah sebuah keputusan dimana jalan tol yang direncanakan oleh Pemerintah tetap berjalan, akan tetapi gedung sang pegusaha pun tetap berdiri.

Maka pada tahun 1989 jadilah jalan tol Hanshin Expressway ini melintas gedung perkantoran di tengah kota Osaka. Pemerintah Jepang memang terkenal dengan segala gaya dan inovasinya yang berada selangkah lebih maju. Dengan tidak mengorbankan keberadaan gedung yang memang sudah dibangun jauh sebelum direncanakannya jalan tol yang ternyata memang diperlukan melewati akses tersebut, maka inilah bukti nyata kepiawaian Jepang dalam menata kota seefisien dan seefektif mungkin.

Jika kita mau melewatinya, kita bisa memasuki jalan pada jalur Ikeda dari arah timur yang menuju ke Umeda. Di pintu keluar jalan tol inilah kita bisa merasakah sensasi berada di tengah terowongan yang mana itulah adalah perbatasan dari dinding gedung tersebut. Jadi semacam terowongan di dalam terowongan.

(Baca Juga: Pasona Group, Gedung Kantor Unik Yang Bisa Berkebun Sekaligus Bercocok Tanam)

Ada di Gedung Gate Tower Building

Jalan Tol Menembus Lantai Gedung Perkantoran
Image: onlyinnihon.wordpress.com

Gedung yang dulu bernama Gate Tower Building ini telah berganti nama menjadi TKP Garden City Umeda Osaka setelah kepemilikan gedung diambil alih oleh TKP.

Melihat dari foto-fotonya kita akan berdecak kagum melihat keanehan yang ada disini.Tidak pernah terbayangkan akan adanya sebuah ide membuat jalan tol yang melewati sebuah gedung dimana keduanya dapat beroperasi dengan lancar tidak ada gangguan sama sekali.

Kehidupan dalam gedung tetap berjalan sebagaimana seharusnya, begitupun dengan kendaraan yang melewati jalan tol tersebut, tidak mendapat hambatan apapun.

Ini adalah sebuah konsep apik dan terorganisasi dengan baik atas kerjasama para ahli tata kota, Pemerintah dan arsitek bangun jalan. Melihat desain yang unik ini, kita barangkali bisa berkaca ada baiknya dalam rangka memanfaatkan keterbatasan ruang lingkup kota kita barangkali bisa mencoba untuk membangun hal yang sama di Indonesia?

Manfaat jalan tol semacam ini jelas mengefektifkan tempat terbatas dan sebagai jalan keluar dari kebuntuan jalan menuju arah yang diperlukan. Pola seperti ini bisa menjadi bahan rujukan bukan hanya bagi negara Indonesia saja, namun sebagai referensi dunia internasional yang masih berkutat mengatasi keterbatasan tempat terutama di kota-kota besar yang mau tidak mau jalan tol adalah akses tercepat dalam mengatasi kemacetan kota.

Negara-negara dengan luas terbatas akan sangat terbantu dengan kehadiran jalan tol dengan desain seperti ini. Tapi mungkinkah bila diaplikasikan di Indonesia? Mari kita lihat saja.