Demi Alamat Kantor Komersil, Perhatikan 10 Tips Memilih Virtual Office di Jakarta

Sedang mencari virtual office di Jakarta? Ya, Virtual office adalah sebuah kantor dimana tenant (penyewa) hanya memiliki alamat saja, sedang ruangan secara fisik tidak berada pada gedung perkantoran yang disewa tersebut. Jadi hanya alamat saja. Biasanya Virtual Office banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha yang tidak membutuhkan kantor melainkan hanya sebuah alamat saja.

Di Jakarta, Virtual Office kini mulai ramai diperbincangkan terutama oleh para perusahaan rintisan. Pasalnya dengan virtual office, para pengusaha bisa memilih dimana alamat kantor tertulis sekaligus juga bisa menghemat pengeluaran dibanding harus sewa kantor atau ruko. Untuk bisa memilih virtual office yang tepat butuh beberapa pertimbangan.

Tips Memilih Virtual Office Jakarta

Menjamurnya keberadaan virtual office di Jakarta lengkap dengan berbagai paket dan layanan, tentu membuat siapa saja bingung menentukan mana yang tepat. Harus ada pertimbangan matang yang perlu diperhatikan dalam memilih virtual office di Jakarta. Berikut 10 tips memilih virtual office di Jakarta yang bisa anda terapkan:

1. Pilih Lokasi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pexels.com)

Memastikan alamat kantor Anda berada di zonasi komersial itu wajib hukumnya. Tetapi ada yang lebih wajib lagi, yakni memilih lokasi yang tepat dan sesuai kebutuhan. Anda harus paham soal zonasi Jakarta. Misalnya perusahaan Anda berbentuk PT, maka Anda harus menyesuaikan alamat virtual office sesuai dengan Akta Pendirian PT.

Perhatikan pasal 1 akta tersebut yang biasanya menyebutkan lokasi perusahaan Anda. Misalnya berkedudukan di Jakarta selatan, maka Anda harus memilih lokasi virtual office yang beralamat di Jakarta Selatan. Ini yang kadang-kadang tidak diperhatikan oleh para pengusaha.

2. Lihat Fasilitas Yang Ditawarkan

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pixabay.com)

Ada banyak virtual office di Jakarta dan tiap virtual office punya fasilitas yang berbeda-beda. Akan tetapi, umumnya satu virtual office dengan lainnya menawarkan fasilitas yang tak jauh berbeda. Diantaranya meeting room, high speed internet, resepsionis, layanan call forward, proyektor, loker, free coffee, tea & mineral water, free parking dan lain-lain.

Perhatikan faslitas yang ditawarkan tersebut. Perbedaan jenis layanan yang diberikan akan mengakibatkan perbedaan harga yang ditawarkan. Pilihlah virtual office yang punya fasilitas sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Jenis Layanan Yang Ditawarkan

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pixabay.com)

Setelah melihat fasilitasnya, selanjutnya Anda harus perhatikan layanan yang ditawarkan. Pastikan Anda telah memperhatikan secara detail layanan yang diberikan oleh penyedia virtual office yang Anda target. Biasanya penyedia layanan virtual office juga menawarkan ruangan kantor (office space) agar Anda dan tim Anda bisa bekerja maksimal atau menawarkan co-working space yang lebih fleksibel.

Layanan tersebut tentu saja dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga bahwa penyedia virtual office mempunyai kemampuan dan kapasitas yang mampu menunjang bisnis. Misal tersedianya layanan printing on demand dan layanan pengiriman surat via go-send, dan lainnya kalau semisal Anda memutuskan untuk sewa ruang kantor juga.

4. Perbandingkan Harga yang Kompetitif

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pexels.com)

Sebelum Anda benar-benar menjatuhkan pilihan virtual office, pastikan Anda telah melakukan perbandingan harga beberapa virtual office di lokasi lain yang masih berada dalam satu kawasan.

Tentunya, dengan banyaknya pilihan virtual office di Jakarta akan lebih memudahkan Anda dalam mencari yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget. Kalau bisa dapatkan virtual office di zona komersial dengan harga murah, kenapa tidak?

5. Pilih Harga Yang Sesuai Budget

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pexels.com)

Di Jakarta, Anda akan menemukan beragam pilihan virtual office yang bagus dan menarik. Masing-masing pun menawarkan harga yang berbeda, ada yang harga sewa virtual office berkisar 2 jutaan saja dan ada pula yang sampai dengan belasan juta rupiah. Harga sewa virtual office ini sangat tergantung dengan jenis paket dan layanan yang ditawarkan. Makin lengkap layanannya, makin mahal pula harga yang harus Anda bayar. Jadi, Anda harus pintar-pintar memilih fasilitas mana yang Anda butuhkan dan mana yang tidak demi menekan harga.

Selain itu pemilihan lokasi virtual office jakarta juga menentukan tingkat harga yang ditawarkan, semakin strategis lokasinya harganya akan semakin tinggi. Misalnya saja yang berada di kawasan komersial, tentu berbeda dengan kawasan perumahan. Bahkan harga sewa virtual office Jakarta Selatan sudah pasti lebih mahal bila dibandingkan dengan harga sewa virtual office Jakarta Timur.

6. Cari Tahu Apakah Rutin Menyelenggarakan Event Bisnis?

Tips Memilih Virtual Office

(Image: olyvia.co)

Tips berikutnya adalah soal ketersediaan penyelenggaran event bisnis. Idealnya penyedia virtual office harus punya kemampuan dan kapasitas untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Idealnya memang ini dilakukan oleh virtual office dengan member yang cukup banyak dan beragam. Walaupun tidak menutup kemungkinan yang lainnya.

Sampai saat ini, telah banyak penyedia virtual office yang mengadakan event bagi para membernya. Jenis event yang diadakan beragam, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Selain itu tema yang diambil juga beragam. Tetapi tidak jauh-jauh dari apa yang dibutuhkan oleh anggota virtual officenya. Misalnya event pembuatan website untuk pemula, belajar digital marketing, pelaporan pajak perusahaan bagi pemula, dan lainnya yang biasanya masih ada kaitanya dengan bisnis.

7. Ada Atau Tidaknya Security Deposit

Tips Memilih Virtual Office

(Image: areatexas.com)

Di Jakarta, terdapat beberapa penyedia virtual office yang meminta security deposit sebagai jaminan. Kisaran nilainya antara 10-20% dari tolal pembayaran. Namun apakah Anda sudah paham apa itu security deposit? Security deposit adalah biaya tambahan dalam sewa virtual office (sifatnya ditahan dan dapat dikembalikan ketika masa sewa berakhir).

Biasanya digunakan sebagai jaminan kerusakan atau kehilangan, dll. Security deposit lazimnya dikenakan terhadap sewa ruangan. Misal selama masa sewa kantor Anda memecahkan jendela kantor atau merusak kursi kantor, maka atas kerusakan tersebut dipotong dari security deposit.

8. Apakah Menyediakan Layanan Legalitas?

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pexels.com)

Tips memilih virtual office lainnya adalah mengenai layanan legalitas. Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan virtual office adalah sebagai alamat legalitas bisnis Anda. Tapi apakah bisnis Anda telah memiliki entitas usaha? Apabila belum, tentu saja Anda lebih baik memiliki entitas usaha karena lebih menguntungkan dari sisi perpajakan.

Lebih baik menggunakan entitas badan daripada menggunakan entitas pribadi dalam berbisnis. Apabila Anda tidak sempat dan tidak mau ambil pusing dalam pengurusan legalitas, Anda dapat meminta kepada penyedia layanan virtual office untuk mengurus pendirian entitas badan, baik itu PT atau CV.

9. Pelajari Syarat dan Ketentuan Penyewaan

Tips Memilih Virtual Office

(Image: Pexels.com)

Setiap virtual office pasti memiliki peraturannya masing-masing. Agar tidak ada kendala di kemudian hari, pastikan Anda telah menelaah dan memperhatikan syarat dan ketentuan yang akan disepakati bersama. Tak ada salahnya Anda belajar mengenai istilah dan bahasa yang digunakan dalam ketentuan sewa menyewa virtual office. Kalau Anda butuhkan, Anda bisa konsultasi dengan pihak yang tahu aturan hukum untuk membantu Anda.

10. Bisa PKP atau Tidak?

Tips Memilih Virtual Office

Yang terakhir dan sangat perlu Anda perhatikan adalah bisa PKP atau tidak. Bahwa sampai dengan awal 2018 ada beberapa Kantor Pajak yang tidak memberikan PKP terhadap permohonan PKP dari pengguna virtual office. Setiap permohonan PKP tersebut langsung di tolak dan tidak sampai dengan dilakukannya survey PKP.

Nah, itu dia 10 tips memilih virtual office di Jakarta. Sudah bisa menentukan pilihan Anda? Semoga sedikit tips diatas dapat membantu pencarian virtual office yang sesuai kebutuhan. (Source: medium.com)