Gedung Perkantoran Sekitar Senayan akan Jadi Lahan Parkir Asian Games 2018

Tak terasa setelah empat tahun berlalu, ajang pertandingan olahraga terkemuka se-Asia sudah akan terselenggara dalam hitungan beberapa minggu. Sebuah kehormatan bahwa yang terpilih menjadi tuan rumah kali ini adalah Indonesia. Dengan begitu, segala hal hingga ke bagian terkecil pun harus dipikirkan secara matang oleh Pemerintah demi kelancaran acara nanti. Asian Games kali ini akan diselenggarakan pada 18 Agustus 2018 di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Untuk Jakarta sendiri akan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai stadion olahraga andalan Indonesia yang kerap dijadikan sebagai arena pertandingan olahraga tingkat internasional.

Lahan Parkir Asian Games 2018
Tampilan Stadion Gelora Bung Karno dari atas

(Image: sindonews)

Penuhnya penonton dengan euphoria yang semakin kuat tentu sudah terpikirkan oleh pemerintah. Lahan parkir stadion diperkirakan tidak akan cukup menampung kendaraan dari banyaknya penonton nanti. Oleh karena itu, PemProv khusus mengerahkan beberapa rencana yang akan bermanfaat bagi arus lalu lintas dan tingkat kendaraan, sehingga tidak akan terlihat semrawut nantinya.

Dari segi lahan parkir misalnya, Pemprov telah meminta beberapa perkantoran sekitar Gelora Bung Karno untuk bersedia menyedikan lahan parkir khusus di dalam gedungnya. Dalam radius dua kilometer dari GBK tentunya masih sangat mudah dijangkau oleh pengunjung yang membawa kendaraan. Di samping itu Pemprov juga menyiapkan shuttle bus untuk para penonton. Bus ini diperkirakan berjumlah 1.500 bus yang terintegrasi dengan TransJakarta.

Saat ini telah terdata beberapa jenis gedung yang dipercaya menjadi kantong parkir selama acara, yaitu 10 lahan pakir di gedung pemerintahan, 18 di pusat perbelanjaan, 49 di gedung perkantoran, 4 di hall, 1 di kompleks olahraga, dan dua lahan parkir di universitas. PemProv juga menyampaikan beberapa gedung tersebut diantaranya Ratu Plaza, FX, gedung Menpora, TVRI, Menara BNI, Wisma Bumiputera, Prudential Tower, dan Blok M Plaza. Kemudian untuk menandakan parkir khusus Asian Games telah diberi tanda official parking khusus dari INASGO, serta diberi beberapa papan informasi yang diletakkan di area parkir. Bahkan menariknya lagi, akan ada informasi parkir yang dapat dengan mudah diakses oleh para pengunjung via online.

Lahan Parkir Asian Games 2018
Stadion Utama Gelora Bung Karno yang berada di pusat jantung kota.

(Image: hindustantimes.com)

Faktor lain yang dicanangkan PemProv adalah menerapkan penambahan durasi ganjil-genap untuk menghindari terjadinya kemacetan luar biasa di pusat jantung kota tersebut. Pihak DisHub sendiri optimis bahwa dengan aturan ini, tingkat kemacetan akan berkurang hingga 30%.

Melihat berbagai hal yang dipersiapkan pemerintah secara matang sebagai tuan rumah, diharapkan ajang pertandingan olahraga terkemuka se-Asia nanti dapat berjalan dengan lancar, sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia pula. Untuk itu pengunjung yang datang nanti juga wajib turut berpartisipasi dalam melancarkan acara. Mari dukung terus Indonesia!