Gedung Kantor vs Ruko, Mana Lebih Baik?

Gedung Kantor vs Ruko

Perkembangan industri properti terus melesat. Walau pun terdapat ketidakpastian dan kelesuan permintaan pasar, namun kebutuhan properti bagi perusahaan, penyedia jasa, atau usaha kecil menengah (UKM) cukup signifikan. Pasalnya, para pelaku pasar tersebut membutuhkan ruang layak untuk menjalankan bisnis. Misalnya gedung kantor atau rumah toko (ruko).

Pada akhir 2018 ini, beberapa perusahaan penyedia ruang kantor mencatat jumlah pernyataan minat meningkat. Walaupun belum bisa dipastikan kapan transaksi bakal dilakukan. Menariknya, jumlah pernyataan minat tersebut kebanyakan datang dari para pebisnis yang awalnya menggunakan ruko sebagai ruang kantor.

Perbedaan Gedung Kantor dan Ruko

Untuk gedung perkantoran sendiri, memiliki tiga kategori yang mencerminkan kualitas, luas ruangan, penghuni, dan jumlah lantai. Kategori tersebut antara lain grade A, B, dan C.

Gedung perkantoran grade A biasanya berkualitas tinggi karena menyediakan fasilitas mewah dan berteknologi canggih. Ruangan berukuran besar, memiliki lobi yang bagus, dan biasanya disewa perusahaan-perusahaan multinasional yang sedang melakukan ekspansi bisnis. Serta memiliki jumlah lantai yang banyak.

Gedung perkantoran grade B sebenarnya hampir sama dengan grade A. Namun jumlah lantai lebih sedikit. Sedangkan, gedung perkantoran grade C memiliki jumlah lantai lebih sedikit dan umumnya dipakai instansi pemerintah dan departemen terkait.

Untuk ruko, bangunan ini berdekatan dengan perumahan dan terpadu dengan fasilitas di dalamnya. Ada juga ruko yang dibangun berdekatan dengan sentra bisnis dan gedung perkantoran, tergantung cara pengembang properti melihat peluang bisnis. Dan dari segi biaya sewa, biaya sewa ruko lebih rendah daripada gedung kantor.

Jika melihat keunggulan dan kelebihannya, tentu gedung kantor dan ruko memilikinya. Investasi properti seperti gedung kantor dan ruko memiliki risiko masing-masing.

Keunggulan Gedung Kantor

Gedung vs Ruko
Image: Glaiza Bernaldez – Unsplash

Gedung kantor unggul karena berada di kawasan sentra bisnis dan terintegrasi dengan tempat komersil seperti pusat perbelanjaan, apartemen, hotel, pusat kuliner, bahkan transportasi. Lokasi gedung perkantoran juga berada dekat kondisi jalan protokol, yang memudahkan pekerja ketika mengaksesnya.

Gedung kantor juga terkenal membuat para pekerja fokus. Dalam arti, keseimbangan hidup, hiburan, dan bekerja berdekatan. Gedung kantor termasuk wilayah privat, sehingga semakin menambah fokus para pekerja.

Jika berbicara soal lahan parkir, gedung kantor jelas menang. Gedung perkantoran biasa menyediakan lahan parkir bawah tanah (basement) maupun lahan parkir atas. Kapasitasnya bisa menampung ratusan-ribuan unit kendaraan dengan pembagian ratio yang cukup menguntungkan bagi penyewa.

(Baca Juga: 7 Gedung Perkantoran Top di Jakarta, Inikah Kantor Impian Anda?)

Sedangkan untuk keamanan, gedung kantor sudah tersedia, terintegrasi dan terjamin. Bekerja di gedung perkantoran juga menambah prestis pekerja, karena bisa berkumpul dan berkolaborasi dengan pekerja lain.

Gedung perkantoran juga banyak menjadi lahan bisnis bagi para pengembang properti. Gedung kantor seringkali disewa, bahkan juga menyediakan penyewaan co-working space serta ruang resto dan kafe. Secara nilai investasi, gedung perkantoran lebih mudah dijual dan disewa, disertai dengan pilihan ukuran unit yang fleksibel.

Terakhir, gedung perkantoran menjadi medium untuk membangun citra sebuah perusahaan. Biasanya banyak dihuni perusahaan keuangan dan bank, asuransi, real estate, bahkan kantor pengacara dan konsultan. Saat ini, pebisnis start up juga ada yang membangun citra profesional dengan menyewa gedung perkantoran.

Kelemahan Gedung Kantor

Tidak semua kondisi tanah gedung perkantoran kuat hingga bertahun-tahun. Ada kalanya, tanah di sekitar kantor mengalami penurunan akibat penyedotan air tanah berlebihan hingga puluhan meter. Ini pun juga tidak diimbangi dengan penyediaan lahan hijau.

Terkadang, gedung perkantoran menjadi salah satu sasaran rawan gempa. Sebagai warga yang tinggal di lingkaran sabuk api, kita tidak pernah tahu apakah rancangan gedung tersebut menyertakan desain rangka tahan gempa. Atau setidaknya, pintu darurat yang mudah diakses ketika gempa dan bencana lainnya.

Gedung perkantoran pun sangat volatil, artinya sangat terpengaruh pada kondisi ekonomi. Bila terjadi krisis finansial global, perusahaan merugi, pendapatan menurun, dan tidak sanggup menyewa biaya ruang kantor yang melangit. Sehingga, ruang kantor lebih banyak kosong ketika bisnis melesu, dan itu juga tidak dapat ditempati layaknya rumah atau apartemen.

Menyewa gedung perkantoran juga wajib mengikuti peraturan dari manajemen properti. Hal ini guna menjamin investor ruang kantor jika terjadi hal yang tidak terduga. Memahami peraturan sewa-menyewa pun menjadi lebih rumit karena bergantung pada manajemen properti.

Keunggulan Ruko

Gedung Kantor vs Ruko
Image: devianart.com

Karena berada di kawasan perumahan dengan berbagai fasilitas dan lokasi strategis, permintaan terhadap suplai ruko masih tergolong tinggi. Ruko menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di kawasan non sentra bisnis layaknya gedung perkantoran komersil.

Secara investasi, tingkat pengembalian lebih besar karena luas bangunan ruko lebih besar dibanding luas tanahnya. Dan juga, penyewa ruko akan menikmati laba setelah menyewa di tahun ketiga. Asalkan penyewa ruko baru mendapatkan break even point (titik impas) di tahun kedua.

Kelemahan Ruko

Sama halnya dengan gedung perkantoran, ruko juga volatil terhadap perubahan ekonomi, baik itu krisis nasional atau global. Jika kondisi ekonomi memburuk, justru akan berimbas pada pedagang yang menyewa ruko tersebut.

Gedung perkantoran memang sudah disediakan untuk komersil penuh bagi perusahaan-perusahaan. Sementara ruko sangat bergantung pada lokasi dan nama baik pengembang properti. Pada kondisi tertentu, lokasi yang ramai pun belum tentu mendongkrak laba para penyewa ruko dan pedagang di dalamnya. Oleh karena itu, pilihlah ruko yang berlokasi strategis dan ramai pengunjung.

Jadi, setelah mencari tahu perbandingan gedung kantor vs ruko di atas, kira-kira mana yang lebih baik? Itu semua tergantung kebutuhan dan hasil pengamatan peluang Anda. Semakin banyak riset dan mengamati langsung ke lapangan, Anda bisa menentukannya.