Google Beli Gedung Kantor Baru Senilai 14,4 Triliun

Google Beli Gedung Kantor Baru

Sebagai salah satu raksasa teknologi di dunia, Google memiliki nilai kekayaan yang amat sangat fantastis. Tak sulit mengeluarkan uang triliunan untuk beli gedung baru. Yang teranyar, Google beli gedung kantor baru. Uang senilai USD 1 miliar atau setara Rp 14,4 triliun lebih digelontorkan demi mendapatkan area dekat markas mereka.

Yang Google beli adalah area perkantoran (office park) yang dekat dengan markas Google di Mountain View, California. Sebenarnya, sebelum memutuskan beli area perkantoran tersebut, Google telah terlebih dulu menyewa gedung perkantoran tersebut. Hanya saja, jika ada peluang, mereka lebih suka membeli ketimbang menyewa.

CFO Google Ruth Porat menegaskan bahwa “Kami lebih suka memiliki ketimbang menyewa, tentu bila kami melihat peluang yang bagus,” sebagaimana dilansir sewakantorcbd.com dari liputan6.com.

Terbukti dalam dua tahun terakhir saja, Google tercatat mengeluarkan uang USD 2,8 miliar (Rp 40,5 triliun) untuk membeli real estate yang ada di daerah Silicon Valley, tepatnya ada di Mountain View, Sunnyvale, dan San Jose.

Pada awal bulan ini saja, Google harus mengeluarkan USD 110 juta (Rp 1,5 triliun) untuk menebus lahan seluas 10,5 acre (20,9 hektare) yang berlokasi di San Jose. Walaupun tercatat, transaksi tersebut masih harus menunggu keputusan Dewan Kota San Jose pada bulan desember ini.

Hampir semua pembelian yang dilakukan Google lokasinya berdekatan dengan gedung kantor baru Google di Big Apple, yang juga berdekatan dengan 111 Eight Avenue, salah satu gedung tertinggi di New York.

Kantor Google di Berbagai Belahan Dunia

Selain di daerah Silicon Valley, perusahaan start-up terbesar di dunia ini memiliki banyak gedung perkantoran keren yang tersebar berbagai belahan dunia. Termasuk juga di Indonesia.

Di kantor yang kerap disamakan dengan taman hiburan yang jutaan kali lebih indah itu, Google berhasil mendesain kantornya dengan desain yang tidak hanya artistik, melainkan juga mampu membuat betah karyawannya. Rata-rata gedungnya menerapkan konsep one-stop working space, di mana tak hanya bisa jadi tempat kerja, tetapi juga bisa jadi ruang rekreasi, ruang bermain dan kafetarian.

Biar lebih dekat dengan beberapa gedung Google di dunia, berikut beberapa keunikan yang ada di tiap-tiap gedung Google.

1. Google New York

Google Beli Gedung Kantor Baru
Image: mypost.com

Ruangnya didesain mirip seperti ruangan di apartemen modern. Terlihat minimalis lengkap dengan area bermain, hiburan dan tentu saja ruang rapat. Uniknya, di sini para karyawan bebas mengajak anjing mereka bermain di dalam kantor.

2. Google Amsterdam

Google Beli Gedung Kantor Baru
Image: agent.media

Gedung Google yang ada di Amsterdam didesain oleh studio lokal D/DOCK dengan gaya yang terinspirasi dari sejarah serta budaya Belanda. Hasilnya panel-panelnya didesain layaknya stroopwafel, khas Belanda. Menariknya, mini van yang sudah ada sejak tahun 1960-an bisa disulap atau dialih fungsikan menjadi ruang pertemuan yang apik. Keren!

3. Google Dublin, Irlandia

Google Beli Gedung Kantor Baru
Image: broadsheet.ie

Google Dublin membawa konsep bangunan gedung perkantoran green office yang ramah lingkungan. Ada karpet hijau yang menghiasi hamparan ruang kerja, nampak seperti rumput dan banyak tanaman di dalamnya.

4. Google Tel Aviv, Israel

Google Beli Gedung Kantor Baru
Image: From The Grapevine

Seperti gedung-gedung kantor Google lainnya yang tak terlalu tinggi, Google Tel Aviv hanya dibangun setinggi delapan lantai saja. Tetapi uniknya, di dalam Google Tel Aviv ada seluncuran tabung yang menghubungkan antar lantai. Dari situ, bisa pula melihat pemandangan laut Mediterania. Indah sekali..

5. Google Indonesia

Google Beli Gedung Kantor Baru
Image: Qerja

Untuk yang satu ini sepertinya menarik kalau berkunjung secara langsung saja. toh lokasinya ada di Jakarta. Di sana, anda akan menikmati kantor dengan ornamen batik pada ruang lobi. Nama-namanya begitu unik. Anda bisa temukan ruang Gudang Rezeki, Gelora Asmara hingga Pangkalan Ojek.

Melihat keunikan kantor Google di tiap negara dan kesuksesan yang diraih perusahaan teknologi raksasa dunia ini diharap dapat menjadi pedoman setiap perusahaan untuk menghadirkan tampilan ruang kantor yang menarik, demi menjadi idaman setiap karyawan.