Hal yang Sebaiknya Anda Perhatikan Saat Mendesain Meja Kerja Minimalis

Meja Kerja Minimalis

Konsep minimalis memang sangat sesuai diterapkan di zaman yang berdinamika serba cepat seperti sekarang ini, termasuk menerapkannya pada meja kerja. Meja kerja minimalis mengusung tema yang simple sehingga cocok digunakan untuk bekerja. Kesederhanaan dari konsep ini dinilai mampu meningkatkan produktivitas dan menekan stress akibat dari tekanan pekerjaan.

Stress akibat hectic dalam pekerjaan bisa saja terjadi di tengah sibuknya pekerjaan yang melanda. Stress akan makin bertambah dengan hal-hal yang kecil sekalipun, termasuk dalam  pemilihan meja kerja yang salah. Meja kerja yang tidak sesuai selera dan terkesan heboh akan membuat seseorang yang jadi stress makin bertambah stress.

Mengapa Harus Meja Kerja Minimalis?

Tak ada sebuah ide muncul tanpa alasan. Termasuk mendobrak konsep yang sebelumnya ada. Meja kerja minimalis pun demikian, hadir sebagai solusi atas kondisi sebelumnya. Ada sejumlah keuntungan ketika Anda menerapkan konsep meja seperti ini, diantaranya:

1. Praktis

Meja kerja minimalis mengusung fungsi kepraktisan yang membuat pemiliknya menjadi merasa nyaman karena terkesan tidak berlebihan.

2. Terkesan rapi

Karena bentuknya yang minimalis dan mengusung fungsi praktis, maka kesan rapi otomatis terasa ketika melihatnya. Kesan rapi yang ditimbulkan dari meja kerja ini akan menyulut kembali semangat kerja. Hal ini disebabkan jika orang melihat meja kerja yang berantakan dan terkesan riweuh maka akan menimbulkan kesan tidak semangat hingga cenderung membuat seseorang menjadi gampang emosi.

3. Tidak memakan banyak tempat

Dengan bentuk yang minimalis, tentu meja kerja Anda tidak akan memakan banyak tempat. Hal ini akan menguntungkan jika ruangan yang dipakai tidak terlalu luas.

4. Mudah ditata dan ganti gaya

Bagi orang yang cepat merasa bosan, konsep minimalis merupakan pilihan yang sesuai. Dengan bentuknya yang sederhana dan minimalis, tentu tidak sulit untuk menata dan mendesain kembali bentuk dari meja kerja sendiri. Pemilik bisa mengatur kembali tatanan meja kerja sehingga mudah ganti gaya dan nuansa.

5. Simple

Kesan sederhana tidak akan lepas dari meja kerja minimalis ini. Hal ini disebabkan karena bentuknya yang minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat. Kesan rapi juga akan ditimbulkan oleh meja kerja tersebut.

6. Murah

Di pasaran sendiri, harga dari konsep meja seperti ini tergolong murah, yaitu berkisar 500 ribu hingga 2 juta rupiah.

7. Bisa desain sendiri sesuai keinginan

Ini merupakan kelebihan yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Tidak afdol rasanya jika seseorang mempunyai barang namun tidak bisa mengekspresikan dan menyuntikkan karakter dirinya pada barang tersebut. Anda dapat mendesain sendiri meja kerjanya, sehingga bisa mengekspresikan diri sesuai dengan karakternya

8. Banyak modelnya

Tidak usah khawatir dengan model yang ditawarkan oleh meja kerja minimalis. Ada banyak sekali ragam model meja kerja jenis ini yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Anda hanya perlu memilih sesuai selera dan kebutuhan.

(Baca Juga: 5 Langkah Cepat Menghias Meja Kerja Hanya dalam Hitungan Menit)

Bagaimana Cara Memilih Meja Kerja Minimalis?

Dalam memilih meja kerja minimalis, tentu banyak hal-hal yang menjadi pertimbangan. Berikut ini tips memilih keperluan yang wajib Anda ketahui.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan kerja

Penyesuaian dalam hal ini adalah mencakup luas dari meja yang akan dibeli, serta fitur-fitur lain yang ada pada meja kerja. Jika pekerjaan membutuhkan untuk mendesain gambar seperti arsitek, tentu membutuhkan meja kerja minimalis yang lebih luas dari yang hanya sekedar pekerja yang bekerja mengolah data.

2. Perhatikan luas ruangan

Besarnya meja kerja harus disesuaikan pula dengan luas ruangan kerja. Jangan sampai meja kerja memakan banyak tempat sehinga tidak efisien.

3. Memilih meja kerja yang nyaman

Kenyamanan merupakan hal yang penting dalam pemilihan meja kerja minimalis. Meja kerja yang tidak nyaman akan menyebabkan pemiliknya tidak betah dan malah mengurangi produktivitas dalam bekerja. Meja kerja yang dipilih harus disesuaikan tingginya dengan pemilik meja sehingga meja nyaman dipakai.

4. Memilih material meja

Banyak sekali material yang bisa dipilih untuk meja kerja minimalis, dapat terbuat dari bahan kayu, aluminium, hingga kaca.

Tips Mendesain Meja Kerja Minimalis

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendesain meja kerja minimalis. Hal ini dikarenakan pengaruh yang cukup kuat akan produktivitas karyawan saat bekerja. Selain itu, desain merupakan simbol kepemilikan karena pemilik cenderung mendesain meja kerja dengan karakter yang ia miliki. Berikut ini tips mendesain meja kerja minimalis yang dapat diterapkan.

1. Desain yang simple

Desain yang simple akan menimbulkan kesan elegan dalam meja kerja. Pemilik sebaiknya menghindari desain yang terlalu ramai karena hal ini akan memberikan kesan yang penuh pada ruangan kerja.

2. Letakkan foto keluarga

Foto keluarga akan memberikan suntikan semangat di saat sedang tidak semangat bekerja. Hal ini disebabkan karena alasan sebagian besar orang bekerja adalah untuk keluarga.

3. Letakkan jam pada meja kerja

Pilihlah jam yang minimalis, namun tetap dengan tampilan yang menarik. Dengan begitu, pemilik akan mendapat dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi estetika dan fungsi penunjuk waktu.

4. Letakkan quotes inspiratif

Quotes inspiratif akan membuat pikiran menjadi positif dan semangat kerja menjadi tumbuh. Pilihlah quotes yang singkat dengan desain yang sesuai selera untuk diletakkan di meja kerja.

Contoh Meja Kerja Minimalis

SewaKantorCBD coba memberikan sejumlah contoh melansir dari calonarsitek.com yang bisa Anda tiru. Berikut beberapa diantaranya:

Terlihat hanya ada dua buah tumpukan bahan untuk menyusun meja kerja. Warna yang menyusunya juga sangat minimalis, hanya dua warna saja: hitam dan putih, dimana putih mendominasi.
Bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin meletakkan beberapa barang di bawah meja kerja. Misalnya saja untuk meletakkan buku atau bahan bacaan lainya.
Untuk yang ini terlihat begitu minimalis, saking minimalisnya meja kerja tersebut terlihat kosong.
Desain meja kerja minimalis dari kayu ini pernah sangat populer beberapa tahun yang lalu. Sampai sekarang tetap bisa jadi pilihan Anda.
Kalau Snda ingin menerapkan lukisan dekat dengan meja kerja minimalis, seperti ini cara yang bisa Anda tiru.

Pilihan meja kerja minimalis selain bisa Anda terapkan di kantor, juga sangat cocok Anda terapan bila Anda bekerja di rumah.