Indonesia Raih 3 Gelar Gedung Terbaik di Ajang Asia Property Awards 2018

Gedung Terbaik Asia Property Award 2018

Di dunia properti, Indonesia mendapat kado manis yang luar biasa membanggakan tepat sehari sebelum peringatan Hari Pahlawan kemarin. Tepat pada Jumat (9/11/2018) malam, Indonesia berhasil dianugerahi tiga gelar juara sekaligus di ajang Asia Property Award 2018.

Ketiga gelar juara tersebut adalah The Best Office Architectural, The Best Hotel Architectural Design, dan The Best Township Development. Adalah dua pengembang properti Indonesia, Gamaland dan Sinarmas Land yang mempersembahkanya.

Mengalahkan Developer Kenamaan Asia

Dalam ajang bergengsi tersebut, Gamaland tampil memukau dengan menyabet dua gelar suara sekaligus, yaitu Best Office Architectural Design untuk properti Gama Tower, dan The Best Hotel Architectural Design untuk The Westin Jakarta.

Dalam perjalananannya meraih gelar juara, Gama Tower berhasil mengalahkan empat pesaing dari empat negara berbeda yaitu Centrium Tower dari Singapura, Alpha Town dari Vietnam, Olympic Vanke Centre dari China, dan The Podium Tower dari Filipina.

Gedung Terbaik di Asia Property Awards 2018
Image: tww.com

Sementara itu, karya Gamaland The Westin Jakarta mampu mengalahkan Twin Lakes Hotel dari Filipina dan Mandarin Colombo dari Sri Lanka hingga mendapat gelar sebagai yang terbaik.

Sinarmas Land lebih berbangga lagi karena berhasil menyabet gelar juara pada kategori The Best Township Development. Dalam perjalanannya menjadi juara, Sinarmas Land mengalahkan Iloilo Business Park, Megaworld Corporation  dari Filipina dan Taman Seri Ausin by UMLand dari Malaysia.

(Baca Juga: 7 Gedung Perkantoran yang Pernah Meraih Ajang Indonesia Property Awards)

Menjadi Bukti Pengakuan Asia Pada Indonesia

Penganugerahan penghargaan diselenggarakan pada Jumat malam, tanggal 9 November 2018 di Athenee Hotel, Bangkok. Dalam penganugerahan penghargaan tersebut, Dhony Rahajoe, selaku Managing Director President Office Sinarmas Land mengungkapkan kebanggaannya.

“Sempat tegang. Kami kan tidak tahu bakal menang atau tidak. Jurinya juga tidak pernah berinteraksi dengan kami. Pencapaian ini merupakan recognition, pengakuan Asia untuk properti Indonesia”, ungkap Dhony.

Dhony juga mengungkapkan bahwa gelar juara tersebut dapat membangun citra properti Indonesia sehingga Indonesia dapat diperhitungkan sebagai pasar properti di Asia.

Menanggapi prestasi yang telah ditorehkan oleh Gamaland, Jonathan selaku Chief Operating Officer dari Gamaland juga menuturkan bahwa prestasi yang telah diraih di bidang properti pasti berpengaruh signifikan terhadap arah pengembangan properti Indonesia pada masa yang akan datang.

Gedung Terbaik Asia Property Award 2018
Image: Instagram.com/thewestinjakarta

Jonathan juga mengungkapkan “Kami akan berlomba-lomba memberikan yang terbaik. Meskipun awalnya kami tidak menyangka. Karena lawannya raksasa semua, terutama dari Singapura dan Vietnam.”

Berbeda dengan Jonathan, Arun Kumar selaku General Manager dari The Westin Jakarta seolah kehilangan kata menanggapi kemenangan yang telah diraih dengan berulang kali mengatakan “fantastic”. Ia menyatakan kegembiraannya dengan terus mengatakan kata “fantastic” tersebut yang ditujukan untuk kolaborasi dan komitmen yang apik antara pengembang, arsitek, desainer, dan operator.

“Luar biasa. Terima kasih untuk semua pihak yang telah berupaya keras menghadirkan hotel pada bangunan tertinggi di Indonesia dengan panorama menawan kota Jakarta. The tallest, the highest, and the best city view.” Ujar Arun.

Tak heran jika The Westin bisa menyabet gelar juara karena memang The Westin merupakan satu hotel yang berkompeten di Jakarta. Saat ini, The Westin memiliki tingkat hunian tertinggi di Ibu Kota Jakarta dalam matriks Revenue per Available Room (RevPar) dengan okupansi 60%.

Sementara itu, dari pihak juri yang diwakili oleh Doddy A Tjahjadi sebagai anggota dewan juri pada grand final Asia Property Award 2018 menyatakan bahwa tiga gelar juara yang berhasil disabet oleh Indonesia merupakan satu pembuktian kredibilitas dari Indonesia.

“Ini jelas pertaruhan nama baik, dan juga membuktikan bahwa pengembang Indonesia sangat kredibel. Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar properti yang berpengaruh di Asia.” Ungkap Doddy.

Dalam kompetisi Asia Property Award 2018 tersebut, Indonesia tidak hanya menyertakan Gamaland dan Sinarmas Land sebagai peserta. Ada enam developer lain selaku perwakilan Indonesia di ajang bergengsi tersebut, yaitu Intiland Development, Belaputera Intiland, Agung Sedayu, Triniti Land, Permadani Khatulistiwa Nusantara, dan Generasi Indojaya. (Source: Kompas.com)