Keamanan Gedung yang Wajib Anda Pastikan Sebelum Sewa Gedung Perkantoran

Keamanan Gedung

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan akan rasa aman. Baik itu di rumah, di sekolah, di jalan bahkan di tempat kerja sekalipun. Keamanan di gedung perkantoran harus menjadi perhatian utama demi mendapatkan ketenangan saat bekerja. Saat Anda mencari sewa gedung kantor, faktor keamanan gedung juga wajib Anda perhatikan. Berikut komponen utama keamanan gedung perkantoran:

1. Terdapat Pos Keamanan 24 Jam

Keamanan Gedung

(Image: thedigitaldepartment.ie)

Semua orang merasa aman bila aset yang dimilikinya dijaga secara berkesinambungan sehari semalam. Begitupun dengan kantor yang Anda tempati.

Apakah ada petugas keamanan yang berjaga dengan sistem shift? Apakah ada akses meminta pertolongan bila terjadi gawat darurat yang beroperasi selama 24 jam dalam sehari? Atau minimal bila ada tamu yang membuat keributan di ruang kerja Anda, ada keamanan yang siap sedia mengamankan.

Anda wajib cermati hal-hal demikian sebelum memutuskan pilihan sewa kantor. Bagaimanapun semakin baik sistem keamanan yang diterapkan semakin tenang pula Anda bekerja dan meninggalkan aset di kantor.

2. Ketersediaan CCTV

Keamanan Gedung

(Image: bestbrothersgroup.com)

Hampir semua gedung perkantoran saat ini dilengkapi dengan CCTV. Seperti kita ketahui, alat ini berguna untuk memperoleh rekam jejak terhadap suatu kejadian atau masalah. Karena itu keberadaan CCTV sangatlah penting.

Maka ketika Anda hendak sewa gedung terlebih dahulu, coba perhatikan apakah terdapat CCTV atau tidak? Lalu jika terpasang, apakah CCTV terpasang pada titik yang rawan kejahatan? Termasuk juga perhatikan bagaimana kualitas CCTV dan jangkauannya. Anda juga harus tahu bagaimana sistem pengelolaan CCTV yang terpasang.

3. Alarm Kebakaran

Keamanan Gedung

(Image:  cselectrical.org)

Untuk sebuah gedung perkantoran, ketersediaan tombol alarm kebakaran merupakan sebuah keharusan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap petugas keamanan atau karyawan pengelola gedung telah mendapat pelatihan bagaimana cara menggunakannya.

Perlu juga dipastikan bahwa pengelola telah membuat jadwal inspeksi untuk melakukan pengecekan terhadap fungsi kerja tombol alarm kebakaran yang dipasang serta ada penanganan atau perbaikan jika tombol mengalami kerusakan.

4. Komponen yang Diperlukan pada Saat Terjadi Emergency

Keamanan Gedung

(Image: kauffmanco.net)

Ada baiknya, Anda juga memastikan bahwa pengelola gedung menyediakan peralatan P3K, alat pemadam kebakaran, telepon selular saat listrik padam dan alat pengeras suara. Alat-alat standar ini sangat penting keberadaannya saat terjadi kejadian yang mendesak.

Pengelola juga harus memastikan siapa sajakah yang mampu mengoperasikan peralatan tersebut. Perhatikan juga, apakah ada petugas kesehatan yang bertugas menjaga kesehatan dan menggunakan alat-alat P3K.

Komponen-komponen di atas masih dapat dikreasikan kembali dengan kondisi dan situasi yang Anda hadapi di tempat kerja. Cara Anda meneliti lingkungan luar dan dalam kantor memegang peran yang sangat penting untuk bisa menentukan pilihan sewa gedung kantor. Mengingat sistem keamanan termasuk salah satu hal terpenting dalam keberlangsungan aktivitas nantinya.

(Baca Juga: Sewa Kantor di Jakarta Selatan – Pilihan Harga Murah dan Menarik)

5. Pemeriksaan Sebelum Masuk ke dalam Gedung

Keamanan Gedung

(Image: unitedlocksmith.net)

Ketika Anda berkunjung ke gedung perkantoran yang akan Anda sewa, ada baiknya amati bagaimana sistem pemeriksaan saat masuk ke dalam gedung.

Meski terkadang sangat membosankan, terutama saat Anda terburu-buru. Namun, memeriksa setiap pengunjung gedung bisa mencegah tindak kriminal yang mungkin saja membahayakan para karyawan.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan pemeriksaan kendaraan, barang bawaan, hingga kartu identitas perlu dilakukan setiap ada pengunjung yang datang. Semakin ketat tingkat pemeriksaan dilakukan, tetapi harus tetap mengutamakan kenyamanan pengunjung.

6. Akses Lantai Gedung

Keamanan Gedung

(Image: planettery.wordpress.com)

Pada gedung perkantoran biasanya menggunakan lift yang hanya bisa diakses oleh penyewa kantor. kalau penyewa kantor bekerja di lantai 10, maka penyewa tersebut hanya memiliki akses ke lantai tersebut saja. Tetapi terkadang ada gedung perkantoran yang tidak demikian.

Maka Anda harus memastikan apakah semua orang yang menghuni gedung tersebut mempunyai akses ke setiap lantai atau tidak. Apakah ada peraturan yang tertulis yang diatur secara jelas bahwa tidak semua orang bahkan karyawan sekalipun tidak boleh memasuki lantai yang diberi tanda private atau justru sebaliknya.

7. Sistem Pintu dalam Ruangan Kantor

Keamanan Gedung

(Image: controltechinc.com)

Untuk masuk ke ruang kerja pasti harus terlebih dahulu membuka pintu. Begitu sebaliknya, bila ingin meninggalkan ruang kerja, maka harus menutup pintu. Lantas bagaimana pintu seharusnya tertutup?

Banyak karyawan yang terkadang meninggalkan ruangan menutup pintu dengan tidak sempurna. Hal ini lebih baik bila gedung memiliki cara khusus untuk membuka atau menutup pintu. Misalnya menggunakan sebuah akses kartu, sehingga pintu akan otomatis terbuka dan tertutup sendiri.

8. Lahan Parkir

Keamanan Gedung

(Image: parking.impark.com)

Keamanan gedung perkantoran tidak hanya sebatas pada ruang dalam gedung saja. Melainkan juga pada lahan parkir. Itulah mengapa Anda harus perhatikan juga bagaimana lahan parkir dikelola.

Sebagai penyewa, Anda biasanya akan menyewa lahan parkir sekaligus. Maka coba perhatikan berapa sistem kapasitas kendaraan yang diatur oleh pihak gedung. Setidaknya Anda bisa memikirkan kemungkinan parkir penuh dan bagaimana solusi yang diterapkan pengelola bila parkir penuh.

Perhatikan juga apakah ada lahan berbeda antara motor dan mobil. Selain itu juga soal bagaimana sistem pendataan kendaraan dilakukan. Baik pada pengemudi yang membawa kendaraan masuk ataupun keluar.

9. Peraturan Terhadap Tamu Kantor

Keamanan Gedung

(Image: strongproject.com)

Tanyakan juga bagaimana sistem keamanan pada tamu yang datang. Apakah ada aturan yang baku yang telah ditetapkan pihak pengelola gedung ataukah tidak. Apakah ada penahanan kartu identitas selama berada dalam kantor atau tidak bagi seorang tamu. Bahkan pihak pengelola gedung bisa saja menetapkan bahwa setiap tamu dibatasi aksesnya dan ditemani oleh pihak keamanan selama berkunjung.

Apakah gedung kantor Anda menerapkan hal-hal di atas? Komponen di atas setidaknya bisa melahirkan sistem keamanan gedung perkantoran yang baik. Walaupun tetap dapat disesuaikan kembali dengan kondisi dan situasi yang berlaku di tempat kerja.