Manfaat Sarapan Pagi Secara Teratur Sebelum Berangkat Kerja

Manfaat Sarapan Pagi

Di dunia ini ada banyak tipe pekerja, ada yang biasa saja, ada yang santai-santai saja dan ada pula yang gila kerja atau workaholic. Apapun tipe Anda, sebelum berangkat kerja sempatkanlah untuk sarapan demi mengisi tenaga sebelum beraktivitas. Manfaat sarapan pagi secara teratur pun memiliki banyak manfaat. Karena itu para ahli kesehatan sangat menganjurkan siapapun sebelum beraktivitas untuk sarapan pagi terlebih dahulu.

Sebab setelah semalam tubuh bekerja mencerna makanan, maka pada pagi hari tubuh kehilangan bahan bakar. Tubuh membutuhkan bahan bakar untuk beraktivitas. Karena itu, akan ada bahaya bila tidak sarapan pagi terlebih dahulu sebelum bekerja.

Manfaat Sarapan Pagi Secara Teratur

Manfaat Sarapan Pagi
Image: glassdoor.com

Bila diperinci, berikut beberapa manfaat sarapan pagi secara teratur sebelum Anda berangkat ke kantor.

1. Metabolisme Lebih Baik

Pada pagi hari, tubuh dalam keadaan lelah setelah bekerja semalaman. Dengan sarapan yang Anda makan, Anda memberikan sinyal kepada tubuh bahwa pagi Anda telah dimulai. Dengan begitu, otomatis tubuh akan dalam keadaan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Selain itu metabolisme tubuh juga terjaga karena ada asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mencegah Makan Berlebihan

Salah besar bila Anda tidak sarapan pagi karena sedang diet. Sebab manfaat sarapan pagi secara teratur malah mencegah Anda makan berlebihan. Umumnya jika Anda tidak sarapan, justru nantinya hasrat untuk mengkonsumsi banyak makanan lebih tinggi pada siang hari.

Karena rasa lapar yang berlebih, Anda mungkin akan memesan dan mengkonsumsi makanan yang lebih dari ukuran normal pada saat makan siang. Atau bisa jadi malah Anda lampiaskan rasa lapar dengan ngemil yang amat sangat mungkin menambah berat badan Anda.

3. Memberikan nutrisi dasar untuk tubuh

Sarapan pagi juga berarti memenuhi jumlah vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Jika Anda melewatkan satu kali sarapan, berarti tubuh akan kehilangan sebagian nutrisi penting yang seharusnya dipenuhi pada saat sarapan. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, meskipun pada awal tidak terlihat namun berpengaruh pada kesehatan Anda di masa yang akan datang.

4. Mencegah energi terkuras pertengahan hari

Sarapan pagi juga sangat dibutuhkan oleh otak untuk bekerja dan berkonsentrasi. Jika Anda memulai hari  tanpa sarapan terlebih dahulu, maka otak Anda juga akan kesulitan berkonsentrasi karena kurangnya energi. Hal ini akan menyebabkan energi Anda terkuras ketika siang hari.

Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk menjalani aktivitas dalam sehari di kantor karena telah terkuras untuk kerja otak Anda. Oleh karena itu manfaat sarapan pagi secara teratur akan sangat membantu Anda berkonsentrasi serta menjaga energi untuk beraktifitas seharian.

5. Semangat dalam menjalani aktifitas

Seperti dijelaskan sebelumnya, dengan sarapan pagi konsentrasi Anda akan lebih baik. Tentu saja hal itu juga berdampak pada semangat yang tinggi pada diri Anda. Karena fokus yang tinggi, Anda juga akan dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan baik dan bersemangat. Pekerjaan yang dilakukan semangat tentu akan memberikan suatu hasil yang memuaskan pula, bukan?

6. Suasana hati lebih baik

Dengan konsentrasi yang baik, fokus yang sempurna dan semangat yang tinggi, maka suasana hati kita juga menjadi lebih baik dan tidak mudah marah. Hal ini juga disebabkan oleh kadar gula darah lebih stabil, sehingga berpengaruh terhadap emosi kita.

7. Daya Ingat yang lebih baik

Nutrisi yang terpenuhi dengan sarapan akan meningkatkan daya ingat seseorang. Beberapa Studi menemukan bahwa orang yang rutin melakukan sarapan memiliki daya ingat yang jauh lebih baik dari pada orang yang memulai hari tanpa sarapan. Hal ini juga dipengaruhi konsentrasi otak yang tinggi ketika kita sarapan secara teratur.

(Baca Juga: 10 Kegiatan Sebelum Berangkat ke Kantor yang Biasa Dilakukan Orang Sukses)

8. Menghilangkan pikiran negatif

Dengan sarapan, perut Anda tidak akan merasa lapar pada pagi hari hingga waktu makan siang. Tetapi jika tidak sarapan pagi, maka rasa lapar itu akan ada sejak pagi hari yang juga menyebabkan pusing atau sakit kepala. Selain itu menurunnya kadar gula dalam darah juga menyebabkan Anda lebih mudah emosi dan semakin merasa lapar.

Hal ini akan menyebabkan Anda terus – terusan berpikiran negatif. Pikiran – pikiran negatif ini akan berpengaruh terhadap emosi yang tidak stabil sehingga hari Anda juga terasa sangat buruk dan menyiksa.

9. Meminimalisir masalah kesehatan

Beberapa studi menunjukkan bahwa melewatkan waktu sarapan dalam jangka panjang menyebabkan masalah – masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu juga ditemukan bahwa orang yang tidak sarapan dengan teratur memiliki masalah dengan kolesterol darah dan insulin. Oleh karena itu, dengan sarapan secara teratus Anda juga menjaga kesehatan tubuh.

10. Mengatur kadar gula dalam darah

Seperti yang kita telah bahas sebelumnya bahwa manfaat sarapan pagi secara teratur membantu tubuh memulai aktivitas dengan lebih baik. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, khususnya makanan mengandung karbohidrat, vitamin serta protein akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Seseorang yang makan cukup karbohidrat saat sarapan, tidak akan merasa lapar serta kadar gula dalam darahnya akan seimbang sehingga tidak mudah emosi. Selain itu, dengan kadar gula yang seimbang juga menghindarkan tubuh dari resiko terkena diabetes.

Itulah beberapa manfaat sarapan pagi secara teratur sebelum bekerja. Jangan lupa untuk pilih konsumsi makanan yang sehat saat sarapan pagi Anda. Bagaimana Anda memulai hari biasanya berpengaruh dengan apa yang akan terjadi seharian. Maka, ada baiknya untuk memulai hari dengan sesuatu yang baik agar pikiran tetap segar dan semangat.